iklan

Warung Kopi: Hobi Yang Dijadikan Peluang Bisnis

(Wahyu owner Warunk Masa Baru)


Pernahkan kau berpikir menciptakan hobimu menjadi peluang bisnis? Memang tidak semua hobi sanggup dijadikan bisnis, namun jikalau kau sanggup mencari peluang, kau sanggup menjadikannya sebagai ide menciptakan bisnis.


Misalnya saja, kau menyukai olahraga, jikalau ada niat yang berpengaruh serta didukung modal yang cukup, kau sanggup membuka toko peralatan olahraga, membuka sanggar senam, kawasan gym, membuka lapangan futsal dan lain-lain.


Lain halnya jikalau kau mempunyai hobi memasak, ternyata tak hanya perempuan yang mempunyai hobi memasak lho! Laki-laki juga ada yang memilki keahlian memasak misalnya saja Wahyu, cowok satu ini mempunyai hobi memasak, dan pada tahun 2013 Ia pun membuka bisnis warung kopi sederhana yang kini menjadi semi kafetaria lho! warung kopi ini diberi nama Warunk Masa Baru yang terletak di ruko seberang SMPN 1 Bojonggede, Bogor, Jawa Barat. Bagaimana cara Wahyu membangun bisnis dari hobinya? Berikut dialog SolusiUKM bersama Wahyu di Warung miliknya.


Siapkan niat dan modal


Siapapun niscaya oke jikalau niat dan modal menjadi langka awal untuk membangun sebuah usaha, begitupun dengan Wahyu. Ia menyampaikan siapapun orang yang ingin mempunyai perjuangan pastikan niat dan modalnya tercukupi.


“Niat dan modal itu hal penting, kalau punya modal tetapi nggak ada niat nanti modalnya akan habis begitu saja, begitupun kalau punya niat tapi belum ada modal perjuangan nggak sanggup jalan. Saya dulu memberanikan diri meminjam modal sebesar Rp.15 juta untuk menyewa kawasan dan belanja kebutuhan warkop.  Setelah itu Saya jalankan sendiri buka dari jam 13.00 siang – 06.00 pagi untuk mengejar sasaran membayar pinjaman. Namun kini sebab sudah terbebas dari proteksi Warunk Masa Baru buka dari jam 15.00 – 03.00 pagi”. Jelasnya.


Hadapi Segala Tantangan


Dalam membangun bisnisnya, Wahyu mengaku tak banyak tantangan yang Ia temukan. Namun pada awal menjalankan bisnisnya hal tersulit yang harus Ia temui yaitu mencari pelanggan.


“Tantangan bersama-sama nggak banyak, tapi waktu awal perjuangan tantangan paling sulit yaitu mencari pelanggan. Karena untuk mendapat pelanggan itu nggak gampang. Kaprikornus Saya berusaha mendekatkan diri kepada pelanggan, jadi mereka merasa nyaman ketika tiba kesini.” Ungkapnya.


Siapkan Menu Andalan


Walaupun temanya warung kopi yang biasanya menyajikan olahan mie, kopi namun Warunk Masa Baru mempunyai sajian andalan yaitu gorengan yang menciptakan Warunk Masa Baru menjadi semi kafetaria menyerupai ketika ini.


“Menu andalan Warunk Masa Baru dari dulu hingga kini yaitu gorengan. Yang membedakan gorengan disini dengan gorengan lainnya yaitu bumbunya yang menciptakan orang ketagihan untuk membeli gorengan disini.” Katanya.


Tidak heran jikalau banyak pelanggan yang tiba hanya untuk menikmati gorengan dengan bumbu kacang yang berbeda dari pada gorengan yang biasa ditemui. Saat saya tiba ke Cafe Warung Masa Baru, betul sekali bumbu kacangnya sangat berbeda dengan bumbu kacang pada umumnya. Dan gorengannya cukup enak untuk dicoba.


Memiliki keberanian


Menurut Wahyu, keberanian diharapkan dalam menjalani sebuah bisnis. Karena dengan adanya keberanian bisnis yang dijalani akan semakin maju.


“Alasan mengapa Saya memberanikan diri menyewa kawasan dari satu ruko menjadi tiga ruko yaitu keberanian. Dengan penghasilan yang Saya kumpulkan, Alhamdulillah Saya sanggup menyebabkan Warunk Masa Baru menjadi lebih besar. Karena Saya juga kasihan melihat pengunjung yang kurang nyaman dengan kawasan Saya waktu itu.” Jelasnya.


Konsisten dan menjaga kualitas


Menurut Wahyu, yang menyebabkan Warunk Masa Baru menjadi sebesar ketika ini yaitu konsisten dan menjaga kualitas, dengan begitu pelanggan akan terus berdatangan bahkan akan mengajak rekan-rekannya ke Warunk Masa Baru.


“Walaupun Warunk Masa Baru tak sekecil dulu, tetapi Saya nggak menghilangkan sajian yang dianggap biasa saja menyerupai gorengan. Karena menyerupai yang diceritakan tadi gorengan yaitu salah satu sajian yang paling laku disini jadi walaupun disini ada spaghetti, kentang goreng, Saya tetap konsisten menjual gorengan. Selain itu menjaga kualitas juga Saya lakukan, menyerupai menjaga materi makanan, menggunakan es kerikil yang higienis, dan menjaga kualitas rasa dari masakan yang Saya buat.” Ungkapnya.



Mengatur keungan dengan baik


Wahyu mengakui bahwa warung kopinya tidak akan sebesar ini jikalau Ia tidak mengatur keuangan dengan baik, sehingga Ia harus teliti dalam mengatur keungannya bisnisnya.


“Kebetulan keuangan Saya juga yang mengatur, jadi untuk pengeluaran belanja, honor pegawai Saya menghitungnya sendiri, harus teliti banget semoga nggak ada kesalahan. Kalau ada kesalahan Warunk Masa Baru tidak akan ada hingga ketika ini.” Tutupnya.


Sebenarnya pebisnis menyerupai Wahyu atau pebisnis lainnya tidak perlu khawatir lagi, sebab ketika ini ada aplikasi untuk mempermudah pekerjaan Kamu dalam mencatat keuangan perjuangan yang Kamu tekuni. Accurate Online merupakan aplikasi yang sanggup dipakai untuk mencatat keuangan usahamu dengan cepat dan akurat.


Kamu hanya perlu menginput transaksi yang telah Kamu lakukan baik itu untuk mencatat modal, pengeluaran, dan pendapatan untuk menghasilkan laporan keuangan yang sempurna untuk bisnis kamu. Dengan Accurate Online Kamu tentunya akan lebih rapih dan terhindar dari kesalahan dalam perhitungan dan praktis dalam membayar pajak. Dengan adanya Accurate Online tentunya memperlihatkan akomodasi dalam proses pembukuan semua perjuangan yang sedang Kamu jalani.



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Warung Kopi: Hobi Yang Dijadikan Peluang Bisnis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel