iklan

Tugas Dan Tanggung Jawab Direktur Jaringan

Peranan Administrator dalam Jaringan Komputer

Seorang direktur sistem, direktur sistem, atau sysadmin, ialah orang bekerja untuk menjaga dan mengoperasikan sistem komputer dan / atau jaringan. Administrator sistem mungkin menjadi anggota dari sebuah teknologi warta (TI) atau Elektronik dan Komunikasi jurusan Teknik.

tanggung jawab Seorang direktur sistem mungkin mencakup:
* Menganalisis sistem log dan mengidentifikasi potensi problem dengan sistem komputer.
* Memperkenalkan dan mengintegrasikan teknologi gres ke dalam lingkungan sentra data  yang ada.
* Melakukan audit rutin sistem dan perangkat lunak.
* Melakukan backup.
* Menerapkan pembaruan sistem operasi, patch, dan perubahan konfigurasi.
* Instalasi dan konfigurasi hardware dan software baru.
* Menambah, menghapus, atau memperbarui warta akun pengguna, reset password, dll
* Menjawab pertanyaan teknis.
* Tanggung jawab untuk keamanan.
* Tanggung jawab untuk mendokumentasikan konfigurasi sistem.
* Mengatasi problem dilaporkan.
* Sistem kinerja tuning.
* Memastikan bahwa infrastruktur jaringan dan berjalan.
Dalam organisasi yang lebih besar, beberapa kiprah yang tercantum di atas sanggup dibagi antara direktur sistem yang berbeda atau anggota kelompok organisasi yang berbeda. Sebagai contoh, seorang individu yang khusus (s) sanggup menerapkan semua upgrade sistem, Quality Assurance (QA) tim sanggup melaksanakan pengujian dan validasi, dan satu atau penulis yang lebih teknis mungkin bertanggung jawab untuk semua dokumentasi teknis yang ditulis untuk sebuah perusahaan.
Dalam organisasi yang lebih kecil, direktur sistem juga sanggup melaksanakan sejumlah kiprah lain yang terkait dengan bidang lain:

* Dukungan teknis
* Database direktur (DBA)
* Administrator Jaringan / analis / spesialis
* Aplikasi analis
* Keamanan administrator
* Programmer


Pada pada dasarnya direktur network bertugas mengelola serta menjaga seluruh sumber daya pada sistem jaringan semoga kinerja jaringan lebih efektif dan efisien dilihat dari fungsi, struktur dan keamanan jaringan itu sendiri.

Sebelum berbicara kiprah dan tanggung jawab berikut beberapa hal umum yang harus di kuasai seorang network direktur ;

Pengetahuan dasar wacana komputer teori maupun praktek, hal ini sangat penting sebab mustahil menjadi seorang direktur jaringan komputer namun bagaimana kerja sistem komputer sendiri tidak dikuasai dengan baik.

Pengetahuan wacana banyak sekali perangkat keras jaringan komputer ibarat ; repeater, hub, switch, router, antena, kabel dan banyak sekali perangkat pendukung lainnya, pemahaman meliputi cara kerja, pemasangan dan konfigurasi.

Pemahaman wacana routing teori maupun konfigurasi harus di kuasai dengan baik semoga bisa membangun jaringan dengan baik hal ini sangat dibutuhkan terutama jikalau komputer ataupun sub organisasi perusahaan sangat banyak.

Pengetahuan wacana sistem keamanan komputer terutama jaringannya ( network security ) akan sangat membantu dan menawarkan nilai lebih.

Selain kemampuan teori maupun praktek yang harus dikuasai dengan baik hal lain ialah mempunyai adab profesional, tanpa adab dan perilaku seorang profesional yang baik maka semua kemampuan teori maupun praktek yang dikuasai tidak akan berarti banyak.


Fungsi dan Tugas Network Administrator

Ada beberapa fungsi dan kerja administrator, namun secara garis besar sanggup dinyatakan dari irisan antara network, hardware, dan application.

Tugas dari  direktur jaringan adalah:

Security management: menitik beratkan kerja meliputi problem network direktur keamanan meliputi hal-hal berikut:

Firewall ialah sistem atau perangkat yang mengizinkan kemudian lintas jaringan yang dianggap kondusif untuk melaluinya dan mencegah lalulintas jaringan yang dianggap kondusif untuk melaluinya dan mencegah lalulintas yang dianggap tidak aman.

Username: username akan dipakai sebagai warta log in password control: yaitu pengendalian pasword yang dimiliki oleh sebuah sistem.

Resource access: network admin bisa melaksanakan pembatasan penggunaan sumber daya sesuai dengan hak saluran yang diberikan.


Sumber http://imronkom.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tugas Dan Tanggung Jawab Direktur Jaringan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel