iklan

Tips Sederhana Bertanam Cabe Pada Lahan Gambut Baca Disini

Sangat tidaklah gampang untuk mengolah lahan gambut, apalagi untuk budidaya tumbuhan sayuran. Diperlukan keuletan dan teknologi dalam mengelola lahan gambut untuk menjadi lahan yang produktif. Jika Anda sanggup mengolah lahan gambut menjadi produktif bagi tumbuhan sayuran maka itu akan mendatangkan laba yang besar bagi Anda. Bagaimana dengan budidaya tumbuhan cabai? Apakah sanggup tumbuh dengan baik pada lahan gambut? Bertanam cabai sanggup Anda lakukan pada lahan gambut, tentunya dengan beberapa tahap menanam cabai yang harus Anda perhatikan.


Sangat tidaklah gampang untuk mengolah lahan gambut Tips Sederhana Bertanam Cabai Pada Lahan Gambut Baca Disini
Ilustrasi lahan gambut-bertanam cabai

Bertanam cabai pada lahan gambut sanggup menawarkan Anda hasil tumbuhan cabai yang melimpah. Awalnya mungkin Anda akan menyangka bahwa budidaya tumbuhan cabai pada lahan gambut yakni hal yang mustahil, tapi kenyataannya lahan gambut kini sanggup menjadi lahan yang produktif. Jenis cabai yang sanggup Anda budidayakan pada tumbuhan gambut yakni cabai keriting, cabai rawit dan cabai besar.


artikel cabai lainnya: 12 Langkah Cara Menanam Cabai Di Musim Penghujan/Off Season


Berikut beberapa langkah pengolahan lahan gambut menjadi lahan yang produktif untuk bertanam cabai:


Pengolahan Tanah


Kunci utama kesuksesan bertanam cabai pada lahan gambut yakni sistem pengolahan tanah yang baik dan benar, khususnya pada pembuatan bedengan untuk menanam cabai. Bedengan yang baik untuk lahan gambut yakni dengan ukuran lebar sekitar 100 – 120 cm, dengan tinggi 40 cm dan jarak antar bedengan 150 cm. Ukuran tersebut dibentuk dengan mempertimbangkan muka air tanah. Sehingga permukaan bedengan berada diatas muka air tanah. Hal itu sanggup mencegah kerusakan akar alasannya yakni pembusukan.


Dalam pembuatan bedengan untuk bertanam cabai, pada permukaan tanah cuilan atas bedengan tidak perlu melaksanakan pengolahan. Lapisan tanah yang perlu Anda olah yakni cuilan tanah yang berada pada cuilan samping bedengan. Naikkan cuilan tanah tersebut ke atas bedengan sekitar kurang lebih 25 cm.


Setelah bedengan Anda terbentuk, maka tambahkan dolomit atau kapur untuk mengurangi kadar asam pada tanah. Tambahkan dolomit sekitar 5 ton/ha. Setelah sumbangan dolomit, lalu tambahkan pupuk sangkar sapi dengan cara ditabur merata dengan takaran sekitar 30 ton/ha. Gunakan juga mulsa plastik untuk memutus sirkulasi hama yang sering berkembang biak pada tanah. Selain efektif memutus perkembangan hama, mulsa juga efektif untuk menekan pertumbuhan tumbuhan pengganggu/gulma, menjaga suhu tanah, mengurangi penguapan tanah sehingga kelembaban tanah terus terjaga.


Pemupukan


Dalam menawarkan pupuk dasar pada proses bertanam cabai, sebaiknya Anda berikan satu ahad sebelum proses tanam. Pupuk dasar yang sanggup Anda berikan pada budidaya tumbuhan cabai lahan gambut yakni terdiri dari pupuk sangkar kotoran ayam sebanyak 30 ton/ha, pupuk phonska 700kg/ha dan pupuk KCL sebanyak 150 kg/ha. Sedangkan pemupukan susulan sanggup Anda berikan pada dikala tumbuhan berumur 3 mst, 6 mst dan 9 mst ( ahad sehabis tanam ). Berikan masing – masing sekitar sepertiga dari dosis. Pupuk yang Anda berikan pada pemupukan susulan yakni pupuk Urea sebanyak 240 kg/ha. Tambahkan juga pupuk daun secara berkala. Tujuan sumbangan pupuk daun pada proses bertanam cabai yakni untuk meningkatkan pertumbuhan dari tumbuhan cabai Anda.


Pengendalian hama dan penyakit tumbuhan cabai pada lahan gambut sangatlah penting. Untuk mengatasi hama dan penyakit pada tumbuhan cabai, sebaiknya Anda lakukan pengawasan secara bersiklus setiap satu ahad sekali pada budidaya tumbuhan cabai Anda. Tujuan dilakukan pengawasan seminggu sekali yakni semoga Anda sanggup mengenali dan mengidentifikasi jenis serangan atau gejala, jenis penyakit atau hama dan musuh alami yang sanggup Anda gunakan untuk menanggulangi hama dan penyakit yang menyerang tumbuhan cabai Anda.


Dalam melaksanakan pengendalian hama dan penyakit pada tumbuhan cabai, sebaiknya Anda memakai jenis pestisida yang sesuai dengan jenis hama dan penyakit yang menyerang dan tingkat serangan yang telah terjadi pada tumbuhan cabai Anda. Pastikan juga penggunaan pestisida sesuai dengan ambang batas pengendalian. Selain memakai pestisda Anda juga sanggup memakai perangkap kuning untuk menguragi serangan dari hama tumbuhan cabai.


Sangat tidaklah gampang untuk mengolah lahan gambut Tips Sederhana Bertanam Cabai Pada Lahan Gambut Baca Disini
Pengapuran pada lahan untuk mengurangi kemasaman-Bertanam cabai

Demikian beberapa tips bertanam cabai pada lahan gambut. Lakukan perawatan secara bersiklus untuk menghasilkan tumbuhan dengan produktivitas tinggi. Semoga artikel yang kami berikan ini sanggup berkhasiat bagi Anda yang ingin mencoba bertanam cabai di lahan gambut. Selamat menanam cabai Anda. 


artikel terkait cabai: Ini Dia Cara Menanam Cabe Hidroponik Dalam Botol


sumber gambar: jitunews, petanihebat


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Sederhana Bertanam Cabe Pada Lahan Gambut Baca Disini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel