iklan

√ Tips Cara Menentukan Jurusan Kuliah Di Perguruan Tinggi Tinggi




style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-7930840207405626"
data-ad-slot="5411244982"
data-ad-format="link"
data-full-width-responsive="true">



Artikel ini saya buat ketika teringat sepupu saya ngobrol wacana kuliahnya di Teknik Industri ITB. Kata ia ga nyangka banget kuliah di teknik industri banyak mata kuliah yang beragam. Dimulai dari berguru Fisika, Permesinan, bahkan ekonomi dan akuntansi yang ga kepikiran banget waktu milih jurusan. Ada lagi dongeng temen saya yang masuk jurusan Teknik Kimia yang ia kira banyak berguru kimia tapi toh jadinya banyak berguru fisika. Kalau saya sendiri sih, lulusan UPI Pendidikan Kimia niscaya ga jauh sama pelajaran kimia Sekolah Menengan Atas yang itungannya seru lebih simple di banding fisika..hehe. Eh ternyata yang dipelajari kebanyakan teori-teori kimia yang saya kurang minat waktu berguru kimia di SMA.




style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-7930840207405626"
data-ad-slot="8126346735">



Pemilihan jurusan memang penting banget ketika kau menjalani kuliah atau ketika kau keluar kuliah nanti. Kalau sesuai sama minat sama talenta kita, tentunya menjalaninya fun banget, ga ada beban. Coba kita bayangkan, calon mahasiswa yang suka banget bikin gambar trus masuk jurusan seni atau design yang kerjaannya bikin gambar, gimana ga nyaman bila kerjaannya nanti sama kayak hobinya. Coba deh bila kau punya minat sama talenta di jurusan  A trus kau maksain milih ke jurusan B yang ga kau banget. Kebayang kuliah nanti ga bakal enjoy trus kerjanya juga bakal jadi beban, alasannya ga sesuai sama minat dan talenta kamu. Supaya pemilihan jurusannya sempurna banget, saya coba ngasih masukan barangkali ngena,,hehe


1. Tanya-tanya ke orang yang lebih tau dari kamu. Bisa saudara yang udah kerja atau abang kelas yang udah kuliah di jurusan yang kau incer. Kenapa? alasannya mereka bakal tau jurusan yang kau pilih makhluk apa..hehe. Intinya mereka bakal tau apa saja yang dipelajarinya,skill apa yang harus dimiliki sama variasi kerjaannya di seputar apa saja.


2. Jadi yang terbaik di jurusanmu, bila prinsip hidup saya,  Jadilah raja di negeri kecil daripada menjadi rakyat di negara yang besar. Pilih jurusan dimana ketika kau kuliah di sana, kau yang paling jago. Kenapa? asumsinya kita bakal kerja sesuai jurusan. Maka ketika kita bersaing sama temen2 kuliah kita buat nyari kerja. Kalau kau yang paling jago, ya tentu peluang kau sanggup kerjaan itu lebih besar. Dibanding bersaing dengan orang-orang yang lebih pinter di banding kamu. Cari bidang yang kau bisa di andalkan, bila belum ketemu talenta kita, banyak kok kini tes uji talenta atau disebut Tallent mapping. Disana kita bakal tau kerjaan apa yang cocok buat kita.




style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-7930840207405626"
data-ad-slot="8126346735">



3. Pilih jurusan yang ga beda jauh sama saudara-saudara kamu. Meskipun kayaknya ga ada tantangan tapi tips yang ketiga ini ialah cara kondusif bila kau mau masuk ke jurusan yang bukan talenta kamu. Kenapa? Soalnya dunia kerja kini yang dituntut ialah skill bila kau kurang skill nya cara kondusif masuk kerja ya lewat kenalan kamu. Kaprikornus pada dasarnya bila mau kerja pertama harus punya skill, nilai bagus, prestasi mentereng atau bila ga siap, kau mesti punya kenalan supaya masuk ke dunia kerja. Itulah kenyataannya.


4. Banyak yang bilang kuliah itu buat mematang kebijaksanaan saja, atau kuliah mau dimana pun sama saja. Mungkin saya yang termasuk kurang oke dengan pemikiran tersebut. Memang banyak orang yang berhasil tapi bukan dari pekerjaan yang sesuai dengan jurusannya waktu kuliah. Saya pikir mereka termasuk orang yang salah milih jurusan waktu kuliah. Akibatnya, mereka kurang bisa bersaing di bidang jurusannya dan mencoba ke bidang lain yang diminatinya sesuai talenta yang dimiliki hingga jadinya berhasil.  Bagusnya bila mau jadi pengusaha, kau masuk jurusan ekonomi atau seputar bisnis. Sehingga ilmu yang kau pelajari jadi ga sia-sia.




style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-7930840207405626"
data-ad-slot="8126346735">



Intinya, jangan sia-siakan waktu kuliah dengan bekerja nanti tidak sesuai dengan bidang jurusanmu. Memang banyak orang yang berhasil tidak sesuai jurusannya, tapi lebih manis bila berhasil di bidang yang kau pelajari. Ga sia-sia deh ilmu yang diperoleh. Selamat mencari jurusan yang sempurna buat kamu..dan ketika kau menentukan jurusan, cintai ilmu yang dipelajari supaya kau semangat menghadapi dunia kerja, Ganbatte!!.


BINGUNG ADA YANG BELUM JELAS?


ADA YANG MAU DITANYAKAN?


MASUK KESINI : TEMPAT NANYA


UNTUK BERTANYA DAN BERBAGI ILMU BERSAMA





style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-7930840207405626"
data-ad-slot="5411244982"
data-ad-format="link"
data-full-width-responsive="true">




Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Tips Cara Menentukan Jurusan Kuliah Di Perguruan Tinggi Tinggi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel