iklan

Tetapi Dan Namun

Perbedaan Penggunaan Kata Tetapi dan Namun


oleh: Andi Dwi Handoko
Dalam kehidupan sehari-hari, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui letak perbedaan penggunaan kata “tetapi” dan “namun”. Banyak yang menganggap kedua kata tersebut sama dan tidak ada perbedaan dalam penggunaannya. Padahal, secara hukum kebahasaan, penggunaan kata “tetapi” dan “namun” memiliki perbedaan. Misalnya, ada kalimat “Jusuf Kalla siap menjadi calon presiden dalam Pemilu 2014, tetapi belum menerima sumbangan dari partai”. Coba bandingkan dengan kalimat “Jusuf Kalla siap menjadi calon presiden dalam Pemilu 2014, namun belum menerima sumbangan dari partai”. Substansi kedua kalimat itu sama. Akan tetapi, secara kebahasaan, salah satu kalimat di atas ada yang salah.


 

Fungsi Namun dan Tetapi

Manakah kalimat yang benar? Pada dasarnya, kata “tetapi” dan “namun” memiliki fungsi yang sama, yakni sebagai kata hubung yang menyatakan pertentangan. Perbedaannya terletak pada fungsi secara gramatikal. Kata “tetapi” dipakai untuk menyatakan korelasi kontradiksi intrakalimat atau di dalam kalimat. Sementara itu, kata “namun” dipakai untuk menyatakan korelasi kontradiksi antarkalimat. Oleh alasannya ialah itu, penggunaan kata “namun” harus di awal kalimat dan dilarang berada di tengah kalimat. Sebaliknya, penggunaan kata “tetapi” dilarang berada di awal kalimat dan harus berada di tengah kalimat atau di antara klausa.


Contoh Penulisan Namun dan Tetapi

Jadi, penulisan yang benar ialah “Jusuf Kalla siap menjadi calon presiden dalam Pemilu 2014, tetapi belum menerima sumbangan dari partai”. Kalimat kedua juga sanggup dibenarkan, tetapi harus dijadikan menjadi dua kalimat, yakni “Jusuf Kalla siap menjadi calon presiden dalam Pemilu 2014. Namun, Jusuf Kalla belum menerima sumbangan dari partai”.


Perbedaan penggunaan kata “tetapi” dan “namun” tidak akan begitu terlihat dalam percakapan. Namun, di dalam bahasa tulis, kesalahan penggunaan kata-kata tersebut akan terlihat sangat mencolok. Dengan memahami perbedaan ini, diperlukan masyarakat sanggup memakai kata “tetapi” dan “namun” secara tepat, terutama dikala menerapkannya di dalam dunia tulis-menulis.

Artikel ini pernah dimuat di Solopos, Kamis, 14 Juni 2012

  Selain perbedaan Tetapi dan Namun, Baca juga artikel kebahasaan lainnya:

- Manakah yang benar Ustadz atau Ustaz
- Standarisasi atau Standardisasi 
- Berpetualang atau Bertualang
- Mencontek atau Menyontek 
- Tolak Ukura atau Tolok Ukur
- Permukiman atau Pemukiman

Sumber http://dapurimajinasi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tetapi Dan Namun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel