iklan

Standarisasi Atau Standardisasi

oleh: Andi Dwi Handoko
Kosakata dalam bahasa Indonesia tidak semuanya murni dari bahasa Indonesia. Kebanyakan justru berasal dari bahasa aneh yang diserap menjadi bahasa Indonesia dengan aturan-aturan tertentu. Penyerapan bahasa aneh menjadi bahasa Indonesia mempunyai kegunaan untuk memperkaya kosakata dan membentuk kosakata gres yang sebelumnya tidak ada dalam bahasa Indonesia. Contoh kata-kata serapan di antaranya globalisasi (globalization), nasional (national), solusi (solution), dan lain-lain.
Contoh kata serapan lain yang sudah baku ialah legalisasi. Wahyu Haning L. dalam goresan pena Legalisir atau legalisasi yang dimuat Solopos (8/9) menyatakan kata legalisasi berasal dari kata legal yang diberi imbuhan –isasi. Menurut analisis saya, pendapat ini salah alasannya ialah kata legalisasi ialah kata dasar dan bukan kata turunan dari legal. Buktinya, dalam KBBI kata legalisasi menjadi sebuah lema (kata dasar) tersendiri dan terpisah dari kata legal. Kata pengakuan adalah serapan dari kata legalization.
Ada juga sebuah kata serapan yang salah, tetapi sering dipakai oleh masyarakat, yakni kata standarisasi. Banyak yang menganggap jikalau standarisasi  adalah bentuk baku yang merupakan adonan dari kata standar dan –isasi. Ternyata kata standarisasi ialah kata yang tidak baku. Kata yang baku ialah standardisasi yang merupakan serapan dari kata standardization.
Jadi, kata standardisasi bukan berasal dari kata standard + -isasi, tetapi merupakan sebuah kata dasar hasil serapan dari bahasa asing. Kata standardisasi mempunyai arti “penyesuaian bentuk (ukuran atau kualitas) dengan pedoman/standar yang telah ditetapkan”. Contoh penggunaan kata standardisasi yang  benar ialah “Pihak penerbit sedang melaksanakan standardisasi buku bahan asuh yang akan dipasok ke sekolah-sekolah”.

Dimuat Solopos, Kamis, 15 September 2011

Sumber http://dapurimajinasi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Standarisasi Atau Standardisasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel