iklan

√ Rpp Kls 2 Sd Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4



( RPP )
Satuan Pendidikan    :  SDN BOJONG 03
Kelas / Semester       : 2/1
Tema/Sub Tema/PB : Hidup Rukun  / Hidup Rukun Di Rumah
Alokasi Waktu           : 1 Hari

A.     Kompetensi Inti (KI)
1        Menerima dan menjalankan pedoman agama yang dianutnya
       2    Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
            diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
       3   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
     dijumpainya di rumah dan di sekolah
4   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
B.Indonesia
Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal materi dan alat serta tekniknya dalam menciptakan karya seni rupa
4.3 Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan bermacam-macam media.
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.

Indikator
3.1.1 Mengidentifikasi bahan-bahan dalam menciptakan karya seni rupa.
4.3.1 Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar.
3.2.3 Menunjukkan pola irama bervariasi pada alat musik ritmis.
4.8.1 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.

SBDP
Kompetensi Dasar
3.3 Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.11 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan tubuh dengan mengamati secara eksklusif atau dengan media rekam.



Indikator
3.3.2 Mengelompokkan banyak sekali gerak dengan memperhatikan tempo gerak.
4.11.2 Menirukan gerakan berkebun melalui gerakan kepala, tangan, kaki, dan tubuh berdasarkan pengamatan secara eksklusif atau media yang lain.
PPKn
Kompetensi Dasar
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah. Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan bermacam-macam sahabat di lingkungan rumah dan sekolah

            Indikator
3.3.2 Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi
3.3.3 Menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki
4.3.3 Menceritakan kolaborasi dalam melakukan acara keluarga yang berbeda sifat/ karakter
Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan mengamati beberapa gambar wacana hidup rukun, siswa sanggup mengelompokkan pola sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
2.    Dengan acara diskusi, siswa sanggup menyebutkan kebera-gaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi dengan percaya diri.
3.    Dengan acara diskusi, siswa sanggup menjelaskan kebera-gaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimi-liki dengan bahasa yang santun.
4.    Dengan menjawab pertanyaan, siswa sanggup menceritakan kolaborasi dalam melakukan acara keluarga yang berbeda sifat/karakter dengan bahasa yang santun.
5.    Dengan mengisi kolom pernyataan, siswa sanggup menyim-pulkan isi teks seruan maaf wacana sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga yang telah dibaca dengan teliti.
6.    Dengan menyanyikan lagu “Peramah dan Sopan”, siswa sanggup memperlihatkan pola irama bervariasi pada alat musik ritmis dengan percaya diri.
7.    Dengan bimbingan guru, siswa sanggup memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga memakai alat musik ritmis dengan percaya diri.
8.    Dengan menyanyikan lagu “Peramah dan Sopan”, siswa sanggup menjelaskan keberagaman anggota keluarga berda-sarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan bahasa yang santun.
9.    Dengan bimbingan guru, siswa sanggup menceritakan kolaborasi dalam melakukan acara keluarga yang berbeda sifat/karakter dengan percaya diri.
10.  Dengan tanya jawab, siswa sanggup mengidentifikasi bahan-bahan dalam menciptakan karya seni rupa dengan teliti.
11.  Dengan bimbingan guru, siswa sanggup menggambar imaji-natif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar. dengan percaya diri.

C.      Materi Pembelajaran
                        Mengelompokkan pola sikap hidup rukun.
                        Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi.
                        Menunjukkan pola irama bervariasi pada alat musik ritmis.
                        Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga memakai alat musik ritmis.
                        Menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat.
                 
                         

D.Metode dan Pendekatan Pembelajaran
1.      Metode                  :Penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab.
2. Pendekatan   :saintifik ( mengamati, menanya mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan

            E. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
        Gambar sikap hidup rukun dan tidak rukun.
        Teks lagu Peramah dan Sopan.
             
Sumber berguru : Buku tematik terpadu kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan kebudayaan. 
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.Mengkondisikan siswa ke dalam situasi pembelajaran aktif dan kreatif
2. Mengadakan apersepsi dengan mengajak semua siswa berdoa berdasarkan agama dan kepercayaan masing-masing dan komunikasi wacana kehadiran siswa
3. Tanya jawab wacana gambar acara dikelas
4. Menginformasikan gambar Beni menyusun rumah kartu dengan Tiur.
10 Menit
Kegiatan Inti
1.  Mengamati:
-Siswa mengamati beberapa gambar wacana pola sikap hidup rukun dan tidak rukun yang ada pada buku siswa (mengamati).

-Siswa memperlihatkan gambar yang mencerminkan sikap hidup rukun dan tidak rukun (menalar).

2.  Berdiskusi :
-Siswa berdiskusi menjawab pertanyaan wacana bermacam-macam kegemaran dalam keluarga dengan santun (menalar).
-Siswa menyebutkan keberagaman anggota keluarga ber-dasarkan kegemaran/hobi (mencoba).
-Siswa mengisi kolom pernyataan wacana kegemaran anggota keluarga dengan memberi tanda centang pada pernyataan yang benar berdasarkan siswa (mengomunikasikan).
-Siswa diberi penguatan wacana pentingnya menjaga sikap hidup rukun kemajemukan keluarga (mengomunikasikan).

3. Bernyanyi :
-Siswa menyanyikan lagu “Peramah dan Sopan” dengan percaya diri (mencoba).
-Siswa memperlihatkan pola irama bervariasi pada lagu “Peramah dan Sopan” dengan memakai alat musik ritmis di bawah bimbingan guru (mencoba).
-Siswa menuliskan sifat-sifat baik yang ada pada syair lagu “Peramah dan Sopan” (menalar).
-Siswa menjelaskan keberagaman anggota keluarganya berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki (menalar).

4. Bercerita:
-Siswa menceritakan kebersamaan dalam keluarga yang berbeda sifat/karakter dengan percaya diri (mengomuni-kasikan).

5. Berkreasi
-Siswa mengidentifikasi bahan-bahan dalam menciptakan kar-ya seni rupa (menalar).
-Siswa menyebutkan alat dan materi yang akan dipakai dalam menciptakan karya kreasi melekat gambar alat musik (mengomunikasikan).
-Siswa melekat gambar alat musik ritmis yang ada pada koran atau majalah pada kolom yang telah tersedia di buku siswa (mencoba).
-Siswa menghias gambar yang telah ditempel dengan gambar-gambar imajinatif memakai pensil warna atau krayon. (mencoba).

PENGAYAAN
-Siswa ditugaskan menuliskan pola sikap hidup rukun dan tidak rukun.
-Siswa ditugaskan menuliskan sifat-sifat baik yang perlu di-terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
-Siswa ditugaskan menciptakan karya kreasi gambar imajinatif.

150 Menit
Penutup
1.Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan/rangkuman hasil berguru selama sehari
2. Bertanya jawab wacana materi yang telah dipelajari ( untuk mengetahui ketercapaian materi)
3.Melakukan evaluasi hasil belajar
4.. Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri acara pembelajaran).
a. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb).
b. Segera memperlihatkan nasihat, apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang tepat dalam berdo’a, semoga besok kalau berdo’a lebih disempurnakan.
15 Menit

G. Penilaian
1. Teknik penilaian
     a. Penilaian sikap : Percaya diri, teliti, dan santun.
     b. Penilaian pengetahuan : Daftar periksa dan skor
     c. Penilaian Keterampilan : Unjuk kerja gerakn bermain
2. Bentuk Intrumen Penilaian
a. Penilaian sikap
No
Nama siswa
                 Perubahan Tingkah laku
Percaya Diri
         Teliti
   Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Rudi












2
Dini












3
Santi












4
Nuni













b. Penilaian pengetahuan
. Penilaian: Penskoran


a. Menjawab pertanyaan berdasarkan gambar wacana kegemaran
Jumlah Soal: 3 soal
Skor maksimal: 3
Skor setiap jawaban: 1
Kunci Jawaban
1.     Tidak, sebab mainan yang mereka mainkan berbeda.
2.     Disesuaikan dengan balasan siswa.

b. Menuliskan sifat-sifat baik dan jelek yang terdapat pada syair lagu “Peramah dan Sopan”.

Jumlah Soal: 2 soal
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 50
Kunci Jawaban
1.     peramah, sopan, tak pernah bohong, rajin bekerja.
2.     Congkak, sombong.





c. Menjawab pertanyaan wacana keberagaman dalam keluarga.

Jumlah Soal: 3 soal
Skor maksimal: 3
Skor setiap jawaban: 1
Kunci Jawaban
1.     Disesuaikan dengan balasan siswa.
2.     Disesuaikan dengan balasan siswa.
3.     Disesuaikan dengan balasan siswa.

c. evaluasi keterampilan
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Mempersiapkan alat/Bahan




2
Kreatifitas




3
Kebersihan




4
Kerapihan







   Mengetahui                                                                         Pameungpeuk, 20 Juni 2014
Kepala SDN BOJONG 03                                                       Guru Kelas 2

TAYAT, S.Pd.SD                                                                     YANTI SUSANTI, S.Pd.
NIP.195905071979122006

Sumber http://rofi-mustawan.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Rpp Kls 2 Sd Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel