iklan

√ Rpp Kls 2 Sd Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan    :  SDN BOJONG 03
Kelas / Semester       : 2/1
Alokasi Waktu           : 1 Hari

A.     Kompetensi Inti (KI)
1        Menerima dan menjalankan anutan agama yang dianutnya
       2    Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
            diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
       3   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
     dijumpainya di rumah dan di sekolah
4   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terperinci dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
B.Indonesia
Kompetensi Dasar
3.5 Mengenal teks seruan maaf ihwal sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan sahabat dalam bahasa Indonesia mulut dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks seruan maaf ihwal sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan sahabat secara sanggup bangun diatas kaki sendiri bahasa Indonesia mulut dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk membantu penyajian.

Indikator
3.5.4 Menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.5.3 Menemukan kiprah seruan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.

PJOK
Kompetensi Dasar
3.2 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.2 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.

Indikator
3.2.1 Mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotordalam bentuk permainan sederhana.
4.2.1 Melakukan gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam bentuk permainan sederhana.

PPKn
Kompetensi Dasar
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan bermacam-macam sahabat di lingkungan rumah dan sekolah.

            Indikator
3.3.3 Mennjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
4.3.3 Menceritakan kolaborasi dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter.
Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan mengamati gambar ihwal banyak sekali gerakan acara jasmani, siswa sanggup mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam bentuk permainan sederhana dengan teliti.
2.    Dengan “Permainan Sutradara”, siswa sanggup melaksanakan gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dengan percaya diri.
3.    Dengan membaca teks percakapan, siswa sanggup menemukan kiprah seruan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
4.    Dengan membaca teks percakapan dan tanya jawab, siswa sanggup menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan percaya diri.
5.    Dengan tanya jawab dan penugasan, siswa sanggup menyebutkan cara menjaga sikap kerukunan dalam keberagaman dengan bahasa yang santun.
6.    Dengan penugasan dan diskusi, siswa sanggup menceritakan kolaborasi dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter dengan percaya diri.
7.    Dengan menjawab pertanyaan, siswa sanggup menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan percaya diri.

C.      Materi Pembelajaran

Melakukan variasi banyak sekali gerakan acara jasmani.
Menemukan kiprah seruan maaf terhadap sikap hidup rukun.
Menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
Menyebutkan cara menjaga sikap kerukunan dalam keberagaman.
Menceritakan kolaborasi dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter.
                 

D.Metode dan Pendekatan Pembelajaran
1.      Metode                 :Penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab.
2.      Pendekatan           :saintifik ( mengamati, menanya mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan

            E. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
        Gambar sikap hidup rukun dan tidak rukun.
        Teks lagu Peramah dan Sopan.
             
Sumber berguru : Buku tematik terpadu kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan kebudayaan. 
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.Mengkondisikan siswa ke dalam situasi pembelajaran aktif dan kreatif
2. Mengadakan apersepsi dengan mengajak semua siswa berdoa berdasarkan agama dan kepercayaan masing-masing dan komunikasi ihwal kehadiran siswa
3. Tanya jawab ihwal gambar kegiatan dikelas
4. Menginformasikan gambar Beni menyusun rumah kartu dengan Tiur.
10 Menit
Kegiatan Inti
1.  Mengamati:
-Siswa mengamati gambar banyak sekali gerakan acara jasmani berupa gerakan nonlokomotor berupa gerakan jalan di tempat, mengayunkan kaki, memutar lengan, menarik dan mendorong, meliukan tubuh menyerupai pohon ditiup angin, dan belalai gajah dengan teliti (mengamati).
-Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati. (mengomunikasikan).
-Siswa menjelaskan setiap gerakan yang ada pada gambar yang diamati (mengomunikasikan).
-Siswa memeragakan setiap gerakan berdasarkan gambar  
melalui “Permainan Sutradara” dengan teliti (mencoba).
2.  Bermain Peran :
-Siswa bermain kiprah dengan memeragakan teks percakapan ihwal seruan maaf (mencoba).
-Siswa memperlihatkan kiprah seruan maaf dari teks percakapan yang telah diperagakan (mengomunikasikan).

3. Menanya :
-Siswa dibimbing menciptakan kartu tanya jawab dari karton. Kartu tersebut akan dipakai untuk menulis pertanyaan dan tanggapan siswa dari kegiatan menanya yang akan dilakukan (mencoba).
-Siswa menuliskan pertanyaan kepada sahabat ihwal perbedaan pendapat pada kartu yang telah dibuat. (mengomunikasikan).
-Siswa saling menukarkan kartu pertanyaan yang telah ditulis.
-Siswa menulis tanggapan dari pertanyaan yang terdapat pada kartu (mengomunikasikan).
-Siswa menuliskan penyelesaian perbedaan pendapat dalam keluarga dari kegiatan bertanya yang telah dilakukan (menalar).
-Siswa menyimpulkan teks percakapan bermain kiprah dengan menjawab beberapa pertanyaan (mengkomunikasikan).

PENGAYAAN
-Siswa mempraktekkan banyak sekali gerakan acara jasmani, seperti: saling mendorong, saling menarik, memutar badan, mengayun kaki, dan lain-lain.
-Siswa ditugaskan menulis rujukan kalimat ucapan seruan maaf kepada anggota keluarga di rumah dengan bahasa yang santun.




-Siswa menyebutkan sifat/karakter anggota keluarganya di rumah.
150 Menit
Penutup
1.Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan/rangkuman hasil berguru selama sehari
2. Bertanya jawab ihwal materi yang telah dipelajari ( untuk mengetahui ketercapaian materi)
3.Melakukan evaluasi hasil belajar
4.. Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran).
a. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb).
b. Segera menawarkan nasihat, apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang tepat dalam berdo’a, biar besok kalau berdo’a lebih disempurnakan.
15 Menit

G. Penilaian
1. Teknik penilaian
     a. Penilaian sikap : Percaya diri, teliti, dan santun.
     b. Penilaian pengetahuan : Daftar periksa dan skor
     c. Penilaian Keterampilan : Unjuk kerja gerakn bermain
2. Bentuk Intrumen Penilaian
a. Penilaian sikap
No
Nama siswa
                 Perubahan Tingkah laku
Percaya Diri
         Teliti
   Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Rudi












2
Dini












3
Santi












4
Nuni













b. Penilaian pengetahuan
. Penilaian: Penskoran


1.    Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
.               Menjawab pertanyaan dari teks percakapan bermain kiprah

Jumlah Soal: 5 Soal
Skor maksimal: 100

Skor setiap jawaban: 20
Kunci Jawaban
1.     Udin dan Mutiara.
2.     Udin.
3.     Mutiara.
4.     Karena telah berbicara keras kepada kakak.
5.     Saling mengalah.

c. evaluasi keterampilan
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Mempersiapkan alat/Bahan




2
Kreatifitas




3
Kebersihan




4
Kerapihan







   Mengetahui                                                                         Pameungpeuk, 20 Juni 2014
Kepala SDN BOJONG 03                                                       Guru Kelas 2

TAYAT, S.Pd.SD                                                                     YANTI SUSANTI, S.Pd.
NIP.195905071979122006

Sumber http://rofi-mustawan.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Rpp Kls 2 Sd Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel