iklan

Penyebab Keyboard Tidak Urut Abjad

Inilah asal seruan kenapa huruf pada keyboard tidak urut abjad!


Di kurun modern ini kau tentunya tidak aneh lagi dengan yang namanya keyboard. Apalagi bagi yang pekerjaan atau hobinya selalu menuntut harus menggunakan komputer atau laptop niscaya tiap hari selalu menggunakan keyboard.

Tapi pernahkah terpikir di benakmu mengapa huruf-huruf pada keyboard dibentuk acak sedemikian rupa? Mengapa tidak dibentuk urut menurut huruf saja? Dikutip dari theguardian.com ternyata ada sejarah yang melatarbelakangi mengapa huruf keyboard dibentuk tidak beraturan.

Keyboard muncul pertama kali masih dalam bentuk mesin ketik pada tahun 1868 yang ditemukan oleh Christopher Latham Sholes. Mesin ketik yang diciptakan pertama kali itu masih sangat sederhana. Masih menggunakan tangkai sehingga ketika ditekan tangkai tersebut akan bergerak dan akan mencetak huruf pada kertas yang sudah disediakan.

Pada dikala itu Christopher menciptakannya masih urut sesuai huruf ABCD dan bukan menyerupai keyboard QWERTY jaman sekarang. Dengan susunan yang sesuai huruf tersebut memang hasil ketikan menjadi lebih cepat dan lebih gampang sebab memang orang sudah hafal letak huruf-huruf sesuai abjad.

Namun di sinilah muncul persoalan baru, mesin ketik yang masih menggunakan tangkai tersebut seringkali macet gara-gara orang sanggup mengetik terlalu cepat sehingga masing-masing tangkai akan saling berhimpitan. Chistopher merasa inovasi tersebut masih membutuhkan perhatian.

Gara-gara persoalan ini balasannya pada tahun 1873 seorang ilmuwan berjulukan E. Remington mencetuskan untuk mengacak huruf keyboard sedemikian rupa sehingga akan memperlambat kinerja mengetik seseorang, dengan tujuan sanggup mencegah kerusakan pada mesin ketik.

Pada dikala itu hanya cara tersebutlah yang sanggup digunakan sebab para ilmuwan belum sanggup menyempurnakan keyboard menyerupai kini ini. Kombinasi huruf QWERTY tersebut dianggap E.Remingkon ialah kombinasi paling sulit dan memang benar cara tersebut sanggup mengurangi tingkat kerusakan mesin ketik pada masa itu.

Ketika komputer ditemukan pun sebenarnyan mengetik cepat dengan menggunakan huruf ABCD tentu bekerjsama bukan persoalan lagi sebab tidak akan membuat keyboard macet. Namun kerena sudah lamanya menggunakan keyboard QWERTY, maka hal ini sudah menjadi kebiasaan sehingga tidak perlu diganti ke huruf ABCD lagi.

Baca Juga :
Cara Install WhatsApp pada PC Windows
Cara Mengubah alamat jaringan mac
Langkah Praktis Menghubungkan Audio Bluetooth Receiver ke HP Android

Sumber http://imronkom.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyebab Keyboard Tidak Urut Abjad"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel