iklan

Pengertian Franchise Berdasarkan Para Hebat Franchise Adalah…

Franchise ialah berasal dari bahasa latin Francorum Rex Pengertian Franchise Menurut Para Ahli Franchise Adalah…Franchise ialah berasal dari bahasa latin Francorum Rex, yang artinya “free from servitude” atau dalam bahasa Indonesia “bebas dari ikatan atau kungkungan”. Berdasarkan asal kata tersebut diatas, pengertian franchise sanggup diartikan sebagai kebebasan dalam kepemilikan usaha.


Artinya, para pihak yang mengikat kerjasama franchise berdasarkan suatu kontrak atau perjanjian mempunyai kepemilikan dan mengoperasikan bisnisnya secara berdikari dengan support sistem dari franchisor.


Namun demikian kebebasan dalam pengertian tersebut bukanlah kebebasan mutlak. Hal yang tidak bebas ialah mengenai kepemilikan hak kekayaan intelektual (HKI), menyerupai merek (brand), diam-diam dagang, paten, dan hak cipta. HKI sepenuhnya dikuasai oleh pemiliknya (franchisor), dan hanya “dipinjamkan” kepada pihak lain (franchisee) guna dimanfaatkan secera komersial untuk jangka waktu tertentu. Peminjaman dan pemanfaatan HKI (utamanya merek atau brand) tersebut diukur dan terikat secara hukum, berdasarkan perjanjian lisensi atau perjanjian waralaba.


Sebagai rujukan awal yang mungkin menarik bagi Sahabat PoBis, sanggup dibaca pada artikel Cara Awal Berbisnis Franchise. Dalam goresan pena tersebut terdapat 4 tips dalam menentukan bisnis franchise yang tepat, sangat berkhasiat bagi Anda yang berniat memulai perjuangan dengan membeli franchise. Atau bagi franchisor, silakan baca Cara Jitu Membangun Usaha Franchise Terlaris. Dimana dalam goresan pena tersebut saya kupas 6 cara jitu dalam membangun perjuangan franchise semoga laku anggun mendapatkan kawan franchisee.


Berikut ini pengertian franchise berdasarkan para ahli:


The Committee on Small Business United Congress, mendefinisikan pengertian franchise sebagai berikut:


Franchising is essentially a contractual method for marketing and distributing goods and services of a company (franchisor) through a dedicated or restructed network of distributors (franchisee)


Franchise ialah sebuah metode kontrak untuk pemasaran dan distribusi barang atau jasa dari sebuah perusahaan (franchisor) melalui jaringan khusus dari biro (franchisee).


L.T. Tarbutton (1986) mantan Presiden Asosiasi Franchise International, mendefinisikan pengertian franchise sebagai berikut:


A long-term continuing business relationship wherein for consideration, the franchisor grants to the franchisee a licensed right, subject to agree-upon requirements and restriction, to conduct business utilizing the trade mark and/or service mark of the franchisor and also provides to the franchisee advice and assistance in organizing, merchandising, and managing the business conducted pursuant to the licenses.


Franchise ialah sebuah hubungan bisnis jangka panjang yang berkelanjutan, dimana franchisor menunjukkan kepada franchisee hak berlisensi, tunduk pada kesepakatan (berdasarkan kebutuhan dan pembatasan) untuk melaksanakan bisnis memanfaatkan merek dagang dan atau merek layanan dari franchisor dan juga untuk menunjukkan saran dan pinjaman kepada franchisee dalam mengorganisir, merchandising, dan mengelola bisnis yang dilakukan sesuai dengan lisensi.


R. Justin and R. Judd, mendefinisikan pengertian franchise sebagai berikut:


A business opportunity by which the owner (producer or distributor) of a service or trandemarked product grants exclusive rights to an individual for the local distribution and/or sale of the service or product, and in return receives a payment or royalty and conformance to quality standards.


Franchise ialah sebuah peluang bisnis dimana pemilik (produsen atau distributor) dari layanan atau merek dagang menunjukkan hak langsung kepada individu untuk mendistribusikan dan atau menjual produk atau jasa, dan sebagai imbalannya mendapatkan pembayaran royalti sesuai dengan kualitas standar.


The U.S Departement of Commerce, mendefinisikan pengertian franchise sebagai berikut:


A method of doing business by which a franchisee is granted the right to engage in offering, selling, or distributing goods or services under a marketing format which is designed by the franchisor.


Franchise ialah sebuah metode dalam menjalankan bisnis, dimana franchisee diberikan hak untuk terlibat dalam penawaran, menjual, atau mendistribusikan barang atau jasa di bawah format pemasaran yang dirancang oleh franchisor.


Dalam bahasa Indonesia franchise ialah waralaba, dimana arti kata waralaba ini bergotong-royong berbeda dengan arti kata franchise. Entah mengapa konsep “bebas” dalam pengertian franchise hilang pada kata waralaba. Apa arti waralaba? Pengertian waralaba saya bahas dalam goresan pena terpisah, silakan gunakan akomodasi search untuk mencari waralaba adalah…


Sumber gambar franchise adalah: topfiremedia.com



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Franchise Berdasarkan Para Hebat Franchise Adalah…"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel