iklan

Pengertian Dan Fungsi Function Pada Matlab

Fungsi Function pada MATLAB yaitu sebuah jadwal MATLAB yang ditulis dan disimpan dalam bentuk function file, dan atau sanggup dipakai secara eksklusif (built-in function). Seperti tutorial Fungsi Dasar Matematika Pada MATLAB kita sudah mengenal beberapa built-in function serta cara menggunakannya. Sama halnya dengan fungsi (function) pada matematika, MATLAB memakai mendasar f(x), yang sanggup mengasosiasikan setiap nilai numerik pada variable x. Function juga didefinisikan sebagai y=f(x) dalam ilmu matematika. Pengguna sanggup menciptakan function yang disebut dengan User Defined Function.

Baca Tutorial Selanjutnya: Cara Membuat Function Pada MATLAB dan Contoh Programnya

Apa itu User Defined Function?

User Defined Function yaitu function yang ditulis oleh pengguna dan disimpan dalam bentuk function file serta sanggup dipakai menyerupai built-in function. User Defined Function sanggup berisi formula matematika yang sederhana maupun formula yang rumit, serta dilengkapi dengan operasi logical atau perulangan. Berikut sistematika function pada MATLAB.

Fungsi Function pada MATLAB yaitu sebuah jadwal MATLAB yang ditulis dan disimpan dalam b Pengertian dan Fungsi Function Pada MATLAB
Sistematika Function Pada Pemrograman MATLAB
  • Input data sanggup berupa skalar, vektor maupun matriks
  • Function File program yang berisi formula matematika yang sanggup memproses input data
  • Output data merupakan nilai hasil dari function file, sanggup berupa skalar, vektor maupun matriks.

Suatu contoh, misalkan akan dibentuk function yang sanggup merubah satuan jam menjadi menit. Input yang dilakukan yaitu berupa scalar x, lalu akan diproses oleh function file dengan formula f(x)=x × 60. Sehingga output yang dihasilkan berupa konversi jam ke menit berupa scalar y.

User Defined Function biasanya dipakai dalam projects jadwal skala besar atau jadwal yang akan dipakai oleh orang banyak. Sehingga jadwal yang dibentuk harus mudah dalam penggunaannya. Penulisan function pada MATLAB hampir sama dengan bahasa BASIC, PASCAL, C, FOTRAN. Sebelum menciptakan function, minimal harus memahami mengenai tutorial dasar MATLAB, Array/Matriks, administrasi Data dan Pemrograman Dasar yang sanggup dilihat pada situs ini.

Baca juga tutorial lainnya: Daftar Isi Tutorial MATLAB


Sekian artikel Pengertian dan Fungsi Function Pada MATLAB. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai Fans Page Advernesia. Terima kasih…


Sumber https://www.advernesia.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Dan Fungsi Function Pada Matlab"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel