iklan

Peluang Perjuangan Budidaya Lobster Air Tawar Intip Disini Peluangnya

Budidaya lobster air tawar – Lobster umumnya dikenal sebagai makanan bahari yang mempunyai cita rasa yang nikmat dan mempunyai gengsi tersendiri untuk penikmatnya. Walaupun harganya terbilang mahal, tapi para penikmat lobster bisa mengeluarkan biaya yang mahal.


Lobster yang terdapat dipasaran ada 2 jenis, yaitu lobster air tawar dan lobster laut. Walaupun namanya lobster air tawar, namun masih tergolong seafood atau makanan laut. Peminat dari binatang yang satu ini cukup banyak, sangat disayangkan ketika peluang dari jenis bisnis ini tidak dimanfaatkan. Padahal restoran sangat mengincar lobster dengan ajuan harga yang tinggi.


 Lobster umumnya dikenal sebagai makanan bahari yang mempunyai cita rasa yang nikmat dan memi Peluang Usaha Budidaya Lobster Air Tawar Intip Disini Peluangnya
Hasil budidaya lobster air tawar

Mungkin Anda pernah berpikir bila memulai bisnis budidaya lobster air tawar akan membutuhkan modal yang besar. Pikiran tersebut sanggup dikatakan salah besar, alasannya budidaya lobster tidak membutuhkan modal besar. Justru dengan modal kecil, Anda akan mendapat laba yang besar.


artikel terkait udang: Inilah Cara Lengkap Budidaya Udang Windu


Untuk memulai bisnis ini modal dasar yang Anda perlukan yaitu ilmu pengetahuan perihal bisnis ini sendiri. Dikatakan ilmu dasar alasannya Anda tidak perlu mempelajarinya terlalu mendalam. Karena intinya ilmu yang mendalam akan Anda dapatkan dari pengalaman ketika Anda menekuni bisnis ini.


Syarat Hidup dan Media Hidup Budidaya Lobster Air Tawar


Hal utama yang mesti Anda ketahui dari budidaya lobster air tawar yaitu syarat hidup serta media hidupnya. Dengan 2 hal dasar tersebut, Anda sanggup mengatur habitat dari lobster supaya sanggup tumbuh secara optimal. Sehingga Anda bisa mendapat laba yang besar dari lobster yang Anda jual.


Syarat hidup untuk budidaya lobster air tawar yaitu sebagai berikut:



  • Air yang Anda gunakan harus mempunyai kandungan oksigen yang tingkat ppmnya lebih dari 4, sehingga pertumbuhan lobster bisa lebih baik.

  • Lobster air tawar bergotong-royong sanggup hidup pada suhu hambar yang, namun lebih baik Anda atur suhu airnya berkisar antara 25-29 0

  • Sebaiknya tingkat keasaman dari media hidup lobster Anda berkisar antara pH 7-9.

  • Kandungan kapur pada air harus Anda perhitungkan, alasannya hal tersebut kuat terhadap pertumbuhan cangkang lobster Anda. Anda sanggup memperlihatkan kapur dari tingkat sedang sampai tinggi.


Media hidup dari budidaya lobster air tawar diantaranya adalah:



  • Kolam tanah

  • Kolam semen

  • Fiber

  • Akuarium

  • Kolam terpal


Anda sanggup menentukan salah satu dari 5 media hidup di atas, yang terpenting yaitu Anda menyesuaikan dengan modal yang dimiliki ataupun Anda sesuaikan dengan harapan Anda.


Tahap Pembenihan


Tahap ini merupakan tahap penting dan harus sukses. Melakukan tahap pembenihan dalam budidaya lobster air tawar, Anda harus melakukannya dengan sagat teliti.


Inilah langkah-langkah yang sanggup Anda lakukan dalam pembenihan:


Cara Membedakan Jantan dan Betina


Langkah pertama yang sanggup Anda lakukan dalam tahap pembenihan yaitu Anda sanggup membedakan lobster jantan dengan lobster betina. Caranya pun cukup sederhana, Anda sanggup melihat dari fisiknya.


Pada lobster jantan, Anda sanggup melihat warna merah dibagian capit luarnya dan terlihat ada tonjolan kelaminnya. Warna merah pada capitnya memperlihatkan bahwa lobster jantan tersebut sudah siap kawin.


Untuk lobster betina, capitnya tidak terdapat warna kemerahan serta tidak terdapat tonjolan. Lobster betina mempunyai lubang kelamin di bab pangkal kaki bersahabat ekor. Jenis kelaminnya sanggup Anda ketahui ketika lobster sudah berumur 3-4 bulan atau sudah siap kawin.


 Lobster umumnya dikenal sebagai makanan bahari yang mempunyai cita rasa yang nikmat dan memi Peluang Usaha Budidaya Lobster Air Tawar Intip Disini Peluangnya
Indukan lobster unggul

Memilih Indukan Untuk Budidaya Lobster Air Tawar


Jika Anda menentukan bibit yang baik, maka sanggup menghasilkan anakan lobster yang baik juga. Anda sanggup menentukan lobster yang berukuran besar yaitu berukuran lebih dari 10 cm. Umur indukan sudah mencapai 5-6 bulan. Lobster dengan kriteria tersebut bisa menghasilkan anakan dengan jumlah yang banyak.


Tahap Pemijahan Budidaya Lobster Air Tawar


Tahap ini juga tergolong penting dalam budidaya lobster air tawar, dimana tahap ini berkaitan dengan produksi telur serta benih yang akan Anda pelihara. Setelah Anda menemukan indukan yang pas, maka sudah bisa Anda kawinkan dengan diletakkan pada akuarium yang berukuran 100x50x25 cm. Anda juga menambahkan 8 buah pipa yang diameternya 2 inci serta panjangnya 20 cm.


Setelah itu Anda sanggup memasukkan 5 betina serta 3 jantan pada satu akuarium. Proses perkawinan dari lobster Anda akan terjadi ketika sudah terjadi pembuahan secara alami, hal itu dilihat ketika lobster jantan menyimpan sperma pada kaki betina dan betina akan keluarkan indung telur.


Setelah 2 minggu, Anda harus segera memindahkan lobster betina pada bak penetasan, bak tersebut sanggup berukuran 1×2 meter.


 Lobster umumnya dikenal sebagai makanan bahari yang mempunyai cita rasa yang nikmat dan memi Peluang Usaha Budidaya Lobster Air Tawar Intip Disini Peluangnya
Telur lobster pada indukan betina

Tahap Penetasan Telur


Tahap ini harus dilakukan pada bak khusus. Ketika usia anakan sudah mencapai 4 minggu, anakan lobster akan terlihat bentuk tubuhnya. Pada tahap budidaya lobster air tawar ini anakan tersebut akan lepas dari indukan, tapi tidak semua anakan akan lepas dengan sendirinya. Anak lobster yang tidak mau lepas harus Anda bantu untuk dilepas. Jika tidak terlepas, maka anakan akan dimakan oleh induknya sendiri.


artikel ini bersambung ke analisis biaya budidaya lobster air tawar


sumber gambar: faunadanflora




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Peluang Perjuangan Budidaya Lobster Air Tawar Intip Disini Peluangnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel