iklan

Kenapa Tanaman Stek Harus Dipotong Miring?


Bercocok tanam dan budidaya tumbuhan merupakan sebuah hobi dan perjuangan yang cukup menarik dan berpenghasilan tinggi menyerupai dikala mereka melaksanakan cara menanam bunga kertas dengan stek batang, cara stek pohon apel India dan cara stek pohon melinjo.





Selain alasannya yakni hobi dan budidaya, banyak orang bercocok tanam ini alasannya yakni ingin mendapat udara yang sejuk dan juga untuk menenangkan pikiran di sekitar rumah.





Ketika membicarakan urusan tanaman, ada banyak pilihan jenis tumbuhan yang bisa jadi alternatif misalnya menyerupai tumbuhan jenis bunga yang bisa dipakai untuk menghias rumah dan penyejuk. Kalau untuk bisnis, anda bisa menentukan apakah menanam sayur, bunga atau buah-buahan. Kita bisa memperbanyak tanamannya. Tanaman bisa diperbanyak atau berkembang biak dengan cara generatif dan vegetatif.





Untuk cara vegetatif, dibagi menjadi dua yaitu vegetatif alami dan vegetatif buatan.





  • Vegetatif alami mencakup umbi lapis, umbi akar, umbi batang, geragih, tunas, tunas adventif dan akar tinggal.
  • Sedangkan vegetatif buatan yaitu cangkok, okulasi, merunduk, menyambung dan stek.




Setek yakni salah satu dari lima metode vegetatif buatan dengan cara menanam bab badan tumbuhan untuk memperbanyak tanaman. Tujuan penyetekan berkhasiat untuk mengoptimalkan sistem akar di tanaman.





Sedangkan setek di bab bawah berkhasiat untuk menguatkan bab atas. Setek sangat penting di dunia budidaya tumbuhan alasannya yakni metode ini tidak memperlukan keterampilan yang rumit. Yang diharapkan hanyalah teori dasar setek dan kemauan untuk belajar.





Pembiakan dengan cara vegetatif dengan setek bisa memproduksi tumbuhan yang baik dengan bab tumbuhan yang tepat di waktu yang singkat dan cenderung bersifat sama dengan induk. Contoh penggunaan stek yakni untuk memperbanyak tumbuhan singkong.





Salah satu proses stek yakni pemotongan batang dan pada proses ini, pemotongan harus dipotong secara miring. Mungkin dalam hati anda bertanya, kenapa tumbuhan stek harus dipotong miring? Berikut beberapa alasan kenapa tumbuhan stek harus dipotong miring.





1.Kenapa Stek Harus Dipotong Miring: Pertumbuhan Akar yang Lebih Luas





Bagain bawah tumbuhan stek di bab bawah harus dipotong miring biar pertumbuhan akar bisa lebih luas. Karena itulah permukaannya harus lebih luas. Jika pertumbuhan akar lebih luas dan cepat, maka pertumbuhan tumbuhan akan menjadi lebih cepat alasannya yakni akar bisa menjangkau dan menyerap air dan banyak sekali macam nutrisi di dalam tanah.





Sebagai saran, anda bisa memakai beberapa cairan kimia untuk merangsang pertumbuhan akar biar lebih cepat lagi. Contohnya yaitu beta indole asam butirat dan beta indole asam asetat. Dua zat kimia ini dikenal dengan beberapa nama misalnya menyerupai





Rhizopon A
Rhizopon B
Rhizopon C
Rootne.





Dengan kombinasi antara pemotongan miring dan beberapa zat kimia yang bisa mempercepat pertumbuhan tanaman, maka diharapkan pertumbuhan akan lebih cepat.





Tanamannya bisa direndam atau dicelup. Jika pertumbuhan akar lebih cepat, maka kemungkinan juga pertumbuhan tumbuhan itu juga akan lebih cepat.










2. Kenapa Stek Harus Dipotong Miring: Menghindari Pembusukan oleh Air Hujan





Jika poin sebelumnya kita membahas sisi bawah tanaman, maka kita kini membahas sisi atas tumbuhan setek. Beginilah urutan pembusukan.





  • Jika sisi atas tidak dipotong miring atau tetap dibiarkan rata, maka akhirnya air hujan akan menggumpal di sana.
  • Kemudian hal ini mengakibatkan busuknya sisi atas tanaman.
  • Jika sudah busuk, maka beberapa fungsi bab tumbuhan untuk tumbuh akar terganggu.




Karena itulah, sisi atas tumbuhan stek harus dipotong miring untuk menghindari berkumpulnya air hujan di sisi atas. Jika permukaan sisi atas miring, maka air hujan akan lebih gampang mengalir ke bawah daripada sisi atas yang rata.





Sehingga hanya tersisa sedikit air yang ada di bab atas dan itu pun akan segera menguap begitu hujan final , cuaca normal kembali atau alasannya yakni panasnya matahari. Sehingga terhindar dari pembusukan.










3. Kenapa Stek Harus Dipotong Miring: Sebagai Stimulus Bagian Sel yang Rusak





Setiap makhluk hidup
punya kemampuan meregenerasi diri ketika ada bab badan yang rusak. Di sini
termasuk tumbuhan. Pemotongan harus dilakukan dengan miring biar bisa menstimulasi
regenerasi sel atau jaringan yang rusak biar lebih cepat untuk menyembuhkan
diri.





Demikian isu dan balasan dari pertanyaan kenapa tumbuhan stek harus dipotong miring. Kenapa tumbuhan stek harus dipotong miring perlu anda ketahui biar anda mengerti manfaat dari pemotongan miring ke tumbuhan hias atau tumbuhan budidaya anda.





Gunakan gergaji biar ketika anda melaksanakan proses pemotongan, tanamannya tidak hancur atau pecah. Tanamlah tumbuhan stek dengan kedalaman yang optimal biar bisa bangkit kokoh dan akar di bab bawah bisa tetap mencari. Jangan lupa biar selalu merawat, memupuk dan menyiram tumbuhan anda supaya selalu sehat.





Contohnya sepert manfaat pupuk urea untuk tumbuhan bunga biar hasil maksimal, manfaat pupuk NPK untuk tumbuhan bunga dan cara pemakaiannya dan tinggi kalium, berikut manfaat pupuk KCL untuk bunga yang beragam. Jagalah juga dari jamur dan hama tumbuhan menyerupai siput dan ulat dengan tunjangan pestisida.





Anda boleh mencoba cara menciptakan ramuan pestisida nabati untuk mengendalikan hama serangga secara cepat dan alami. Penggunaan pestisida jangan berlebihan alasannya yakni akibat penggunaan pestisida berlebihan bagi tanah bisa merusak.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kenapa Tanaman Stek Harus Dipotong Miring?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel