iklan

Kelebihan Dan Kekurangan Microsoft Sql Server

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft SQL Server - Bagi anda yang sudah familiar dan juga bersahabat dengan sistem DBMS alias sistem administrasi basis data, maka Anda juga harus sudah terbiasa dengan salah satu perangkat lunak raksasa teknologi besutan di dunia, yaitu Microsoft.

Ya, Microsoft SQL yaitu salah satu produk unggulan Microsoft dari database alias administrasi basis data, di mana ia memakai Transact SQL sebagai kueri utamanya.

SQL sendiri merupakan abreviasi dari Structures Query Language, yaitu jenis bahasa komputer atau query yang dipakai untuk mengakses data yang ada dan juga tersimbpan dalam basis data database alias.

Saat ini, hampir semua sistem administrasi database atau DBMS sudah memakai bahasa SQL untuk membantu berkorelasi dan juga mengimplementasikan dari pengolahan dan juga pengelolaan database.

Baca juga: Pengertian Database Menurut Para Ahli
Macam Macam Database
Komponen Database
Fungsi Database

Sejarah SQL
SQL sendiri dipicu oleh sebuah gagasan dari seorang peneliti IBM pada database atau database, yang membahas sebuah gagasan wacana pembuatan databse relasional, yang dibentuk menjadi artikel ilmiah di tahun 1970an.

Pada akhirnya, sistem ini karenanya dikembangkan oleh IBM dengan nama Sequel, yang kemudian bermetamorfosis SQL, dipakai hingga kini dan dikembangkan oleh banyak sekali vendor DBMS di dunia, salah satunya yaitu Microsoft SQL.

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft SQL Server Kelebihan dan Kekurangan Microsoft SQL Server
Kelebihan dan Kekurangan Microsoft SQL Server


Kelebihan Microsoft SQL Server

Saat ini SQL server telah dikembangkan dan juga dilunurkan lebih dari 7 generasi, yang sangat gampang dignakan terutama pada komputer dengan sistem operasi windows, baik 32 dan 64 bit.

Seperti kebanyakan vendor dan juga software dari DBMS, Microsft SQL Server mempunyai beberapa kelebihan. Berikut yaitu beberapa laba dari Microsoft SQL Server:

a. Bekerja sangat baik pada sistem operasi Windows
Keunggulan Microsoft SQL Server yang pertama tentu saja sanggup bekerja dengan baik pada semua sistem operasi windows, mulai dari Windows Xp, VIsta, Seven, dan juga 8 versi yang berbeda.

Ini tentu saja alasannya yaitu Microsoft SQL Server juga merupakan perangkat lunak DBMS yang dibentuk dan dikembangkan oleh Microsoft sendiri, oleh alasannya yaitu itu Microsoft SQL Server sangat anggun dan juga cocok bila dipakai dan juga diterapkan pada sistem operasi windows.

b. Mendukung banyak software database
Server Microsoft SQL juga mempunyai kelebihan lain, yang mendukung banyak perangkat lunak database. Hal ini tentu akan membantu mempermudah pekerjaan anda sebagai programmer untuk mengolah database.

Anda sanggup memakai perangkat lunak basis data apa pun yang Anda inginkan dan gunakan, tanpa khawatir tidak kompatibel dengan perangkat lunak Microsoft SQL Server.

c. Dapat menciptakan data clustering
Microsoft SQL juga mempunyai kelebihan lain yang cukup baik, yang sanggup membantu menciptakan kreasi data clustering.

Clustering data ini yaitu salah satu hal yang sanggup membantu mempermudah pekerjaan database atau administrasi database, sehingga data - data yang akan diolah memakai software Microsoft SQL Server akan lebih gampang diimplementasikan, alasannya yaitu sanggup dibagi menjadi beberapa cluster cluster.

d. Pengendalian database terpusat
Pengendalian database atau database memakai software Microsoft SQL Server juga akan terpusat.

Ini berarti bahwa database akan dikelola dengan baik dan juga dikelola secara terpusat, sehingga mustahil miskomunikasi alasannya yaitu kesalahan dalam memproses dan mengimplementasikan database.

Dengan hanya memakai satu komputer untuk melaksanakan pengolahan database, maka setiap kesalahan sanggup diminamilisir.

f. Praktis dipakai oleh client dan juga user
Server Microsoft SQL juga meurpakan salah satu perangkat lunak DBMS yang sangat gampang dipakai oleh pengguna.

Pengguna sanggup melaksanakan pengolahan databse dengan gampang dikala dibantu dengan software ini. Fitur lengkap dengan tombol sederhana sanggup mempermudah penggunaan Microsoft SQL Server ini.

g. Ini mempunyai fitur pemulihan dan juga mengembalikan data
Keunggulan lain dari Microsoft SQL Server yaitu sanggup melaksanakan recovery dan juga restore data. Jika ada beberapa data dari database atau database Anda yang mengalami kerusakan, maka Anda sanggup melaksanakan proses recovery dan juga mengembalikan data memakai software Microsoft SQL Server.

Hal ini pada karenanya sanggup membantu memecahkan dilema kehilangan data atau mengalami kerusakan yang salah dari pengelolaan data yang dipaksakan oleh pengguna.

h. Sandi administrasi anggun dan aman
Keamanan Server Microsoft SQL di ijuga sangat bagus. Hal ini akan mempengaruhi keamanan keamanan database dan server. Menggunakan password yang akan sulit di h4ck, Microsoft SQL Server akan membantu data dalam database Anda menjadi lebih kondusif dari tangan yang tidak bertanggung jawab.

i. Bisa dipakai di banyak sekali kalangan
Tidak hanya penggunaan satu perusahaan saja, Microsoft SQL Server juga sanggup dipakai oleh banyak sekali kalangan. Sekolah, perguruan tinggi tinggi dan universitas, warung internet, dan banyak lainnya yang sanggup memakai Microsoft SQL Servers.

Bagi anda yang akan membangun sebuah toko online, maka Microsoft SQL Server yaitu salah satu software administrasi database yang sangat pas untuk anda gunakan dalam membantu membangun sistem toko online anda sendiri.

j. Bisa backup data
Keuntungan terakhir dari Microsoft SQL Server yaitu untuk backup data. Data yang diimplementasikan ke dalam sebuah sistem melalui perangkat lunak Microsoft SQL Server sanggup dicadangkan, sehingga sanggup dipakai kembali bila akan menerapkan sistem yang sama atau serupa, dan juga untuk menjaga semoga gangguan sistem sanggup dikembalikan kembali berkat fitur backup data ini.

k. Kekuatan Microsoft di Bidang Perangkat Lunak
Tak sanggup dipungkiri memakai produk Microsoft menciptakan kedamaian tersendiri bagi para penggunanya. Bagaimana tidak, kalau Anda memakai Microsoft SQL Server, Anda telah dimanjakan dengan OS windows, bahasa pemrograman. Net yaitu kawan setia database ini.

Dibalik kelebihan Microsoft SQL Server juga tersimpan beberapa kekurangan yang tidak sanggup ditutupi dan akan terasa.


Kekurangan Microsoft SQL Server

Selain beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Microsoft SQL, ternyata ada juga beberapa kekurangan yang dimiliki oleh SQL Server. Berikut yaitu beberapa kekurangan dari Microsoft SQL Server:

a. Harga beli cukup tinggi
Harga jual produk perangkat lunak Microsoft kemungkinan akan tinggi dan mahal bila dibandingkan dengan perangkat lunak lain degnan. Ini memang salah satu hal yang masuk akal, alasannya yaitu Microsoft SQL Server yaitu salah satu perangkat lunak paling besar lengan berkuasa di bidang DBMS.

b. Tidak multi OS, hanya sanggup dipakai pada sistem operasi buatan Microsoft
Kelemahan lain dari perangkat lunak Microsoft SQL Server berikutnya yaitu bahwa hal itu hanya identik dengan sistem operasi Windows saja.

Bagi anda yang memakai sistem operasi Mac atau Linux dan Ubuntu, maka Anda hanya sanggup menggigit jari, alasannya yaitu Microsoft SQL Server tidak mendukung multi-OS.

c. Sulit dipakai dalam bahasa pemrograman lainnya
Server SQL populer dengan bahasa pemrograman j4va .net. Jika Anda memakai bahasa pemrograman lain maka Anda harus siap repot alasannya yaitu tidak cocok. Selain itu, DBMS ini juga membutuhkan fungsionalitas CPU yang cukup besar.

d. Tidak cocok untuk database berskala besar
Tidak sebagus kinerja Oracle, kalau dipakai pada sistem berskala besar, database kinerja hilang dibandingkan dengan Oracle. Makara kalau Anda menjalankan sistem berskala besar, kemungkinannya kurang sesuai.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan perangkat lunak Microsoft SQL Server yang dibentuk oleh Microsoft Corporation dalam membantu mengimplementasikan database.

Terimakasih sudah berkunjung... Sampai jumpa di artikel selanjutnya :D
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kelebihan Dan Kekurangan Microsoft Sql Server"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel