iklan

Ini Beliau 4 Cara Menentukan Bibit Ubi Jalar Yang Baik Dan Unggul


Ubi jalar ialah salah satu tumbuhan yang banyak disukai masyarakat Indonesia dan setidaknya ada 3 jenis ubi jalar yang dibedakan menurut warna menyerupai ubi jalar bewarna putih kecoklatan, ubu jalat bewarna merah dan ubu jalar bewarna ungu. Setiap jenis ubi jalar mempunyai keunggulannya masing-masing dan ada banyak sekali varietas ubi jalar yang terkenal di Indonesia.





Salah satu varietas ubijalar yang sudah terkenal ialah varietas ubi cilembu yang berasal dari salah satu wilayah di kabupaten Sumedang Jawa Barat.





Untuk sanggup menghasilkan ubijalar yang sehat, ada banyak sekali cara yang harus di tempuh dan salah satunya ialah pemilihan bibit yang baik. Berikut ini ialah cara menentukan bibit ubi jalar yang baik:





1. Usia panen optimal





Salah satu indikator penentuan bibit umbi jalar yang baik ialah dengan menentukan umbi yang usia panennya optimal yaitu sekitar 3-8 bulanan dan usia panen optimal biasanya diubahsuaikan dengan varietasnya. Ada banyak sekali jenis pupuk untuk mempercepat pertumbuhan akar dan menciptakan proses panen menjadi lebih cepat.





Pada umumnya masa panen ubi jalar berkisar antara 4-5 bulanan dan hal ini menjadi waktu yang sangat optimal untuk pemilihan bibit.





Bibit yang baik, biasanya akan menghasilkan kondisi buah umbi jalar yang sehat dan ada berbagai jenis pupuk buatan yang memakai materi kimia yang sanggup membantu proses pertumbuhan ubi jalar.





2. Ukuran umbi yang akan dijadikan bibit





Untuk menentukan bibit ubi jalar bukanlah hal yang gampang dilakukan dan ada banyak sekali cara yang sanggup dilakukan dalam proses pemilihan bibit.





Ukuran umbi jalar yang akan dijadikan sebagai pupuk sebaiknya berukuran sedang atau sekitar 200 gram per umbi dan janganlah memakai buah umbi yang terlalu besar ukurannya.





Salah satu tips menjadi petani sukses yang luar biasa di indonesia ialah dengan jeli menentukan bibit tumbuhan dan ubi jalar menjadi salah satu tumbuhan yang laris dipasaran.





Para petani ubi jalar sanggup menghasilkan laba yang besar dari bertani ubi jalar dan ubi jalar selalu laris dipasaran, jadi mempunyai tingkat resiko kerugian yang kecil.










3. Pilihlah bibit yang sehat





Saat menentukan bibit umbi jalar, sebaiknya pilihlah umbi yang mempunyai kondisi sehat dan mempunyai pertumbuhan yang cepat. Salah satu cara biar petani indonesia lebih sejahtera ialah dengan penentuan bibit yang sempurna dan perawatan tumbuhan yang dilakukan secara rutin.





Bibit ubi jalar yang sehat akan menciptakan kondisi tumbuhan yang tahan terhadap banyak sekali kondisi dan akan sanggup bertahan dari banyak sekali serangan hama.





Serangan hama menjadi musuh berat bagi para petani, alasannya ialah bila tidak dimusnahkan dengan baik sangatlah merusak tumbuhan dan ada banyak sekali cara yang sanggup dilakukan untuk pemusnahan hama.










4. Belilah bibit di daerah yang berlisensi





Membeli bibit ubi jalar di toko pertanian sanggup menjadi salah satu solusi yang sempurna untuk mendapat bibit tumbuhan terbaik dan biasanya bibit tumbuhan yang berasal dari toko, telah dikemas secara rapih serata higienis.





Hati-hati ketika memakai pupuk kimia, alasannya ialah ada banyak sekali alasan pupuk kimia sanggup merusak tanah dan pupuk kimia juga sanggup menjadikan pengaruh samping, kalau penggunaannya tidak sesuai dengan aturan. Membeli bibit ubi jalar di daerah yang berlisensi menjadi cara yang tepat, alasannya ialah sanggup memperkecil tingkat penipuan yang sanggup saja terjadi dan pupuk bermerk biasanya telah melalui banyak sekali uji labolatorium.





Demikian ulasan lengkap mengenai cara menentukan bibit ubi jalar yang baik dan semoga artikel ini sanggup bermanfaat bagi para pembacanya.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ini Beliau 4 Cara Menentukan Bibit Ubi Jalar Yang Baik Dan Unggul"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel