Contoh Lembar Observasi Acara Pembelajaran (Okp)
Contoh Lembar Observasi Kegiatan Pembelajaran (OKP) - Halo sobatku tercinta dan terkasih :) assekk, postinganku yang ini sobat biasanya dicari oleh mereka yang sedang PPL (Prkatek Pengalaman Lapangan) tapi ada juga yang untuk kebutuhan observasi untuk mengetahui acara pembelajaran, maybe untuk keperluan penelitian, yah whatever lah sobat apa tujuannya yang penting harapanku agar postinganku ini bisa bermanfaat buat sobat Shantycr7 sekalian,,oce.,oce hehehe
Oya ini juga merupakan laporan lanjutan loh dari postinganku sebelumnya yang Contoh Laporan Observasi Fisik dan Suasana Sekolah
Anyway, ini Lembar Observasi PBM waktu saya PPL tahun kemudian sobat so, buat sobat yang lagi PPL n butuh informasi ini,wah niscaya anda sangat beruntung yah,,hhoho, well, let's straight to the point !!
Oya ini juga merupakan laporan lanjutan loh dari postinganku sebelumnya yang Contoh Laporan Observasi Fisik dan Suasana Sekolah
Anyway, ini Lembar Observasi PBM waktu saya PPL tahun kemudian sobat so, buat sobat yang lagi PPL n butuh informasi ini,wah niscaya anda sangat beruntung yah,,hhoho, well, let's straight to the point !!
Lampiran 2
LEMBAR OBSERVASI KEGIATAN PEMBELAJARAN (OKP)
Nama Mahasiswa : Susi Susanti Tindaon
NIM : 709141223
Jurusan/Bid. Studi : Pend. Ekonomi/ Pend. Akuntansi
Sekolah Latihan : SMP/SMA Immanuel Kabanjahe
Kelas : VII & IX Sekolah Menengah Pertama Immanuel Kabanjahe
Mata Pelajaran : Ekonomi
Hari/Tanggal : Kamis/ 18 September 2012
Amati Guru Pamong Saudara pada waktu melakukan Proses Belajar Mengajar (PBM). Pusatkan perhatian pada sikap Guru Pamong Saudara dan tuliskanlah pada kawasan yang tersedia di bawah ini.
A. Pendahuluan.
1. Jenis bangunan yang mengelilingi sekolah :
ü Bangunaan sekolah ini terletak cukup jauh dari jalan raya dan bangunan yang ada disekeliling sekolah ini ialah rumah penduduk dan ladang penduduk
2. Guru membuka pelajaran dengan cara :
ü Memberi salam pembuka pada siswa
ü Mengabsen j
ü Memberi motivasi sebagai penguatan bagi siswa
ü Mengingatkan kembali pelajaran yang sudah berlalu yang bekerjasama dengan pelajaran yang akan dipelajari sekarang
3. Apakah cara membuka pelajaran tersebut sesuai dengan materi yang akan disajikan, berikan alasan ?
ü Sesuia, dimana guru tersebut memperlihatkan motovasi yang sanggup mendorong semangat siswa untuk belajar, guru juga memperlihatkan motivasi yang bekerjasama eksklusif dengan kehidupan sehari-hari
4. Berapa menit tahap pendahuluan ini berlangsung ?
ü Tahap pendahuluan berlangsung selama 10 menit
5. Bagaimana perhatian siswa terhadap guru ?
ü Perhatian siswa fokus pada materi yang diajarkan guru hal ini terlihat dari verbal dan kemampuan mereka dalam mengikuti pelajaran
B. Penyajian.
1. Bagaimana cara guru menyajikan materi pokok pelajaran ?
ü Guru memperlihatkan materi secara terara, pertama guru memperlihatkan materi pembuka sebagai pengenalan materi pembelajaran kemudian guru mulai bertanya pada siswa mengenai materi tersebut. Guru juga menandakan materi dengan situasi yang sangat nyaman, dimana guru menjelaskan dengan selingan humor sehingga siswa tampak bersemagat untuk belajar. Metode yang digunakan guru tidak terlepas dari metode ceramah namun tersa tidak membosankan
2. Selama pelajaran berlangsung berapa kali guru bertanya pada siswa ?
ü Berkali-kali (lebih dari 4 kali)
3. Berapa orang siswa yang mendapat kesempatan menjawab pertanyaan guru ?
ü Semua siswa mendapat kesempatan, bahkan guru mencoba untuk memperlihatkan kesempatan menjawab pada anak yang kurang mengerti atau yang sedikit pasif untuk meningkatkan semangat berguru mereka.
4. Selama pelajaran berlangsung apakah ada :
- Siswa yang mengajukan pertanyaan ?
ü Ada siswa yang mengajukan pertanyaan
- Bagaimana guru menilai hasil berguru siswa ?
ü Dengan keaktifannya selama belajar, kiprah atau pertanyaan, dan keesopanannya
- Siswa yang mengganggu kelas, bila ya, bagaimana cara guru mengatasinya ?
ü Ada, biasanya siswa yang menggangiu kelas berlaku menyerupai tidur diwaktu pelajaran berlangsung atau ribut sewaktu guru menjelaskan, juga mengganggu teman yang duduk didekatnya. Untuk menghadapi hal tersebut pertama guru akan menanyakan apa yang menyebabkan beliau menyerupai itu, sesudah itu guru akan memperlihatkan nasihat terhadap siswa tersebut dan bila tidak ada perubahan selang beberapa waktu biasanya guru akan mengeluarkan siswa tersebut
- Secara umum, bagaimana perhatian siswa terhadap pelajaran yang disajikan guru ?
ü Siswa fokus pada materi yang diajarkan guru, sebab guru sanggup membawakan pelajaran dengan baik dan sederhanasehingga lebih gampang dimengerti oleh siswa
5. Berapa usang pelajaran ini berlangsung ?
ü Pelajaran berlangsung selama 80 menit
C. Penutup.
1. Apa yang dilakukan guru untuk mengakhiri pelajaran?
ü Guru menyimpulkan pembeajaran dan memperlihatkan motivasi epilog serta kiprah rumah
2. Bagaimana cara guru menilai hasil berguru siswa?
ü Dengan keaktifan sisiwa dalam proses pembelajaran, kiprah dan tingkahlaku siswa tersebut
3. Apa yang dilakukan guru sebelum mengakhiri pelajaran untuk pindah kepelajaran lain atau istirahat?
ü Guru menutup pembelajaran dengan rangkuman pembelajaran tersebut, dan memperlihatkan nasihat supaya siswa tetap berguru dirumah. Jangan keluar-keluar tunggu guru berikutnya yang akan masuk
4. Berapa menit pecahan epilog ini berlangsung?
ü Bagian epilog ini berlangsung
5. Tulislah kesan umum anda terhadap acara berguru mengajar yang anda amati?
ü Sangat menarik apa lagi melihat cara mengajar guru pamong tersebut, guru ini bisa menyesuaikan pelajaran dengan suasana siswa sehingga siswa tampak antusias dan bersemangat untuk belajar
Sumber http://shantycr7.blogspot.com
0 Response to "Contoh Lembar Observasi Acara Pembelajaran (Okp)"
Posting Komentar