iklan

Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Mengalir

Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Mengalir - Pernahkah Anda memakai printer, maka hasil cetakannya kurang tepat lantaran ada satu atau lebih warna yang tidak keluar dari kepala printer? Masih mending jikalau Anda hanya mencetak goresan pena yang hanya membutuhkan tinta hitam saja. 

Bagaimana jikalau Anda mencetak foto atau dokumen yang mempunyai bermacam-macam warna? Wow, niscaya banget banget kan? Alas mah ngeluarin kertas, balasannya tidak ibarat yang diharapkan. Lebih nyelsin lagi kalau dokumen warnanya cukup banyak. Makara tampaknya buang-buang kertas dehh.

Jika Anda pernah mengalami persoalan ibarat yang dijelaskan pada paragraf di atas, kemungkinan besar Anda akan mengalami persoalan yang sering timbul pada tetesan tinta pada printer inkjet, tinta yang tidak keluar atau selang tinta yang diblokir. Masalahnya biasanya disebut sebagai "catch a cold". Loh kok disebut kedinginan?

Soalnya, tinta printer agak cair tapi sedikit kental juga. Di satu sisi, viskositasnya hampir sama dengan cat. Namun, tinta printer masih lebih encer dari cat. 

Nah, cairan kental mempunyai kerentanan terhadap udara yang terjebak dalam cairan. Jika ini terjadi pada tinta printer di selang ke kepala printer, tinta tidak sanggup mengalir melalui selang lantaran jalur tinta terhalang oleh tinta yang terperangkap dalam cairan tinta.

Fenomena printer yang mengalami "pilek" yaitu adanya warna yang bermasalah dan tidak muncul pada hasil cetak. Kemudian dikala dicek, pada selang tinta warna itu bermasalah, ada segmen - segmen di selang yang tidak terisi tinta. Segmen ini yaitu udara yang terjebak dalam selang warna printer. 

Selain itu, printer tidak sanggup dilakukan pencucian lantaran kepala printer tidak mau mengisap tinta yang ada di tabung atau cartridge. Inilah salah satu penyebab seringnya printer macet pada printer inkjet.

Sebagai salah satu perangkat input dan output komputer yang paling sering digunakan, Anda perlu mengetahui cara memperbaiki masalah. Santai, pada kesempatan ini kita akan membahas wacana cara menangani tinta printer yang tidak mengalir. Cara yang kita bahas di bawah ini berlaku untuk semua jenis dan merek printer inkjet yang ada di pasaran. 

Cara menangani tinta printer tidak mengalir tidak sama dengan cara mengatasi tinta printer yang tidak keluar, lantaran tinta printer tidak keluar sanggup disebabkan oleh endapan tinta pada selang ke kepala printer atau bahkan pada printer. kepala printer.

Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Mengalir Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Mengalir
Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Mengalir


Tentu saja, Anda tidak sanggup melaksanakan hal berikut pada aneka macam printer lain ibarat printer laser dan printer dot matrix. Dan tentu saja, cara mengatasinya bukan dengan minum obat untuk menangkap hehehe. Begini caranya:

1. Siapkan suntikan tanpa jarum
Tenanglah, kita tidak akan menyuntik siapa pun hehehe. Injeksi ini mempunyai kegunaan untuk menekan tinta ke dalam tabung, biar tinta mengalir ke dalam tabung dan mengisi segmen kosong yang mengandung udara yang terperangkap di dalamnya.

2. Keluarkan kartrid dari printer
Langkah selanjutnya, buka printer dan lepaskan catridge di dalamnya. Jangan lupa bersihkan cartridge memakai lap kering. Jika Anda tidak ingin lingkungan Anda kotor lantaran tinta, Anda sanggup menambahkan acuan sebagai daerah menaruh cartridge printer.

3. Suntikkan injeksi ke dalam lubang tabung
Setelah kartrid berada di luar dan terpisah dari printer, Anda kini memasukkan suntikan yang sudah disiapkan ke dalam lubang tinta atau kartrij tinta yang bermasalah.

Kemudian tekan tinta di selang dengan memakai suntikan, sehingga udara di dalam injeksi mendorong tinta yang ada di selang untuk masuk ke dalam tabung. Jangan lupa juga memegang selang tinta bermasalah memakai penjepit

Anda juga sanggup menekan tinta dari selang dengan memakai tangan Anda sendiri (ya iyalah, seumur hidup pinjem tangan orang? Wkwkwk). Caranya, tangan Anda memegang ujung selang yang mengarah ke kartrid. Tujuannya biar tinta tidak meluap.

Posisi selang harus berada di dalam cartridge. Oleskan injeksi hingga maksimal lima kali. Kemudian lepaskan tekanan dari suntikan perlahan pada tekanan kelima. Lakukan ini berulang kali hingga tinta menyentuh atau memasuki lubang kartrid.

4. Cabut selang bermasalah
Selain cara ketiga diatas, Anda juga sanggup melaksanakan cara lain, yaitu mengeluarkan kepingan selang bermasalah dari cartridge. Kemudian dikala ditekan memakai suntikan, Anda membiarkan tinta keluar atau mengalir dari selang. 

Nah, untuk cara ini, posisi selang tidak menyatu dengan cartridge. Anda juga harus menyiapkan wadah untuk menahan tinta yang mengalir dari selang. Setelah itu, Anda sanggup meminum tinta yang dituangkan dari wadah kembali ke dalam cartridge.

5. Lakukan Head Cleaning
Bila Anda telah melaksanakan cara ketiga atau keempat, instal ulang kartrid ke dalam printer. Sebelum printer ditutup, gunakan pemfokusan tinta lagi dengan memakai suntikan sekitar satu hingga dua tekanan. Kemudian tutup kembali printer.

Selanjutnya di komputer atau laptop Anda, buka kepingan pengaturan printer. Caranya yaitu dengan menentukan Start Menu, kemudian pilih Control Panel> Devices and Printers. Kemudian, klik kanan pada nama printer Anda dan pilih "Printing Preferences". 

Di jendela yang muncul, klik tab "Maintenance" dan klik Cleaning. Ikuti perintah yang tersisa di layar. Cara melaksanakan pencucian kepala yaitu sama, jadi jikalau Anda melaksanakan pencucian printer HP, cara yang sama ibarat yang telah kami jelaskan sebelumnya di paragraf ini.

Sebaiknya Anda tidak heran jikalau proses pencucian kepala, tinta yang sebelumnya ditekan ke selang bermasalah bahkan mengali lagi ke selang. Ini lantaran proses pencucian kepala memang memerlukan ajaran tinta untuk membersihkan endapan tinta yang kemungkinan melekat pada kepala printer.

6. Uji cetakan di atas kertas
Saat Anda final membersihkan kepala, kini Anda mencoba mencetak satu halaman kertas dari printer Anda. Tujuannya yaitu untuk memberi tahu Anda apakah perbaikan yang Anda lakukan telah berhasil dalam mengatasi persoalan tinta printer tidak mengalir. 

Caranya yaitu dengan menentukan Start Menu, kemudian pilih Control Panel> Devices and Printers. Kemudian, klik kanan pada nama printer Anda dan pilih "Printing Preferences". Di jendela yang muncul, klik tab "Maintenance" dan klik "Print Check Pattern". Tunggu hingga printer final mencetak contoh default untuk percobaan pra-uji printer yang diprogram oleh pabrik printer Anda.

Jika semua warna pada corak dicetak dengan keras, maka itu menandakan printer Anda beroperasi normal lagi. Jika masih belum, ulangi langkah perbaikan yang telah kami berikan di atas sekali lagi. Jika masih tidak bekerja, mungkin itu menandakan Anda harus melaksanakan beberapa cara memperbaiki cartridge printer. Atau Anda membawa printer Anda ke sentra layanan tepercaya atau ke printer terdekat.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin mengalami masalah di mana ketika tabung printer ditekan memakai suntikan, tinta mengalir melalui ruang udara yang ada di dalam selang. Tapi dikala tekanan dilepaskan, tinta kembali lagi atau tidak turun untuk mengisi ruang kosong pada selang. Untuk mengatasinya, coba lakukan pemfokusan ulang.

Begitu banyak gosip yang sanggup kami berikan dikala ini wacana cara menangani tinta printer tidak mengalir, terutama untuk printer inkjet. Semoga gosip yang kami bahas dalam artikel ini sanggup bermanfaat bagi anda yang ingin memperbaiki printer anda, terutama yang mempunyai persoalan tinta printer tidak keluar.

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Mengalir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel