iklan

Cara Mengatasi Grogi Didepan Umum


Hal yang satu ini memang sangat mengganggu dan seringkali menciptakan kita merasa aib hingga berhari-hari setelahnya. Grogi seringkali tiba pada orang yang tidak biasa berbicara di depan umum atau orang yang jarang berbicara di depan orang ramai, contohnya berbicara di depan kawan-kawan sepermainan. Namun grogi juga tidak hanya menyerang orang yang tidak biasa berkomunikasi di depan umum. Grogi juga bisa menyerang seseorang yang sudah terbiasa berbicara kepada khalayak ramai. Biasanya faktor yang menjadikan seseorang yang biasa berbicara di depan umum mengalami grogi ialah sebab ia merasa ada yang kurang pada dirinya.Efek dari rasa grogi ini bermacam-macam. Ada yang menjadi lupa dengan apa yang ingin beliau sampaikan, kalau sudah begini akan terlihat sekali seseorang tersebut tampak salah tingkah dan termangu beberapa saat, kemudian terlihat bingung, pembicaraan yang ia sampaikan pun menjadi tidak terarah. Hal-hal ibarat ini tentu bisa menciptakan seseorang syok untuk berbicara di depan umum. Nah, ini ancaman kalau sudah merasa trauma. Rasa grogi ketika berbicara di depan umum, bisa menghambat kita ketika akan mempresentasikan sesuatu. Oleh sebab itu, kita perlu mngatasi rasa grogi ini semoga kita lebih santai dalam presentasi atau memberikan sesuatu di depan umum. Sehingga apa yang akan kita maksud sanggup kita sampaikan dengan baik kepada orang lain.

1. Persiapan
Jangan lupa untuk mempersiapkan diri sebelum kalian presentasi atau berbicara di depan umum. Misalnya dengan presentasi sendiri di kamar. Presentasikan seluruh bahan yang akan kalian sampaikan semoga ketika kalian presentasi yang bergotong-royong pembicaraan menjadi lebih terarah.
2. Tenang
Siapkansegala sesuatu yang diperlukan untuk presentasi beberapa dikala sebelum kalian presentasi. Sisakan sedikit waktu selanjutnya semoga kalian bisa berkonsentrasi pada bahan yang akan kalian sampaikan. Sebelum kalian memulai presentasi buat diri kalian setenang mungkin. Jangan memikirkan hal-hal lainnya lagi dan buat diri kalian senyaman mungkin.
3. Percaya Diri
Kalian harus percaya diri ketika akan berbicara atau presentasi di depan umum. Hal ini sangat penting, sebab akan mengganggu kalian selama presentasi. Jangan lagi memikirkan bahwa kalian masih kurang rapi, kurang tampan atau kurang bagus dan lain sebagainya. Audience tidak akan memperdulikan penampilan kalian kalau kalian bisa memberikan sesuatu dengan baik dan menarik. Namun, kalian tetap harus mempersiapkan penampilan terbaik kalian sebelumnya.
4. Ubah Persepsi
Ubahlah persepsi kalian perihal diri kalian sendiri. Terkadang kita seringkali mendoktrin diri sendiri dengan merasa bahwa kita kurang pandai dan tidak cukup mampu. Hal tersebut harus di buang jauh-jauh. Buat diri kalian yakin bahwa kalian mempunyai kemampuan yang cukup. Jangan terlalu parno, walaupun kalian sedang berbicara kepada orang yang lebih tinggi pengetahuannya. Sampaikan saja apapun yang ingin kalian sampaikan. Terkadang kita merasa kurang yakin untuk memberikan sesuatu sebab takut salah, itu persepsi yang tidak baik.
5. Tersenyum
Jangan lupa untuk tersenyum selama kalian berbicara di depan umum, sebab hal itu sanggup membantu kalian mengurangi rasa grogi atau gugup selama presentasi dan menciptakan kalian lebih santai
6. Gestur Tubuh
Gestur tubuh menjadi evaluasi tersendiri ketika kalian berbicara di depan umum. Gestur ini bisa berupa gerakan tangan atau badan, serta berpindah tempat. Menggerakkan tubuh kalian ketika presentasi sanggup menciptakan kalian jauh lebih nyaman dan sanggup membawa kalian menikmati bahan yang kalian sampaikan. Gerakan-gerakan ini juga sanggup menyalurkan rasa grogi kalian semoga cepat hilang.
7. Lupakan Persepsi Orang Lain
Setiap orang akan mempunyai persepsi yang berbeda-beda terhadap diri kita. Jangan terlalu perdulikan perihal persepsi orang lain terhadap diri kalian tersebut. Yakinlah dengan kemampuan kalian. Kalian tidak akan pernah bisa mengikuti persepsi orang lain terhadap diri kalian.
8. Positif Thinking
Ketika kalian akan berbicara di depan umum, usahakan semoga selalu kasatmata thingking. Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi. Misalnya saja jadwal kalian mundur beberapa menit atau ada hambatan tertentu. Tempatkan diri kalian untuk selalu damai menghadapi apapun yang terjadi yang di luar harapan kalian. Jika kalian tidak bisa mengusai diri, kalian bisa merusak konsentrasi kalian sendiri

9. Ambil sedikit Waktu
Ketika kalian akan naik ke Podium atau mengambil daerah untuk presentasi, ambik sedikit waktu ketika kalian berjalan menuju podium. Atur nafas kalian dan buat diri kalian damai dan se-relax mungkin sebelum hingga podium atau posisi presentasi.
10. Biasakan Diri
Salah satu latihan yang sanggup kalian lakukan untuk mengurangi rasa grogi pada diri kalian ialah dengan membiasakan diri. Jika kalian sedang berkumpul dengan teman-teman, sering-seringlah kalian menjadi si Pembicara bukan hanya Pendengar. Atau biasakan memberi pendapat atau bertanya ketika kalian mengikuti seminar atau pertemuan. Dengan begitu kalian akan terbiasa memberikan sesuatu di depan umum.



Sumber http://bloggoedu.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Grogi Didepan Umum"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel