iklan

Cara Menciptakan Tanaman Hidroponik Sederhana Tipsnya Ada Disini

Cara menciptakan tumbuhan hidroponik sederhana – Di periode modern ibarat kini ini, untuk mendapat sayuran segar tanpa pestisida sudah tergolong sulit didapat. Apabila menginginkan sayuran yang bebas pestisida, mungkin Anda harus menanamnya sendiri dirumah. Namun bila Anda ialah seseorang yang tidak mempunyai lahan yang cukup luas untuk menanam sayur ibarat didaerah perumahan, perkotaan dan sebagainya. Bagaimana solusinya? Terdapat beberapa cara untuk sanggup menanam sayuran segar tanpa memakai lahan yang luas salah satunya ialah dengan bercocok tanam memakai hidroponik.


Cara menciptakan tumbuhan hidroponik sederhana  Cara Membuat Tanaman Hidroponik Sederhana Tipsnya Ada Disini
Cara Membuat Tanaman Hidroponik Sederhana-Dengan media jerigen bekas

Hidroponik merupakan sistem bercocok tanam tanpa memakai tanah sebagai media tanamnya. Dengan memakai teknik cara menanam hidroponik ini Anda sanggup menanam sayuran segar tanpa membutuhkan lahan yang yang luas. Selain itu juga cara menanam hidroponik sanggup disusun bertingkat, oleh alasannya ialah itu hidroponik merupakan solusi yang sempurna bagi Anda yang ingin mendapat sayuran segar bebas pertisida dengan cara menanamnya sendiri. Hidroponik sudah ada semenjak beberapa tahun lalu, namun sistem ini kini gres mulai terkenal kembali seiring makin padatnya pemukiman dan minimnya lahan untuk bercocok tanam. Cara menciptakan tumbuhan hidroponik sederhana kami akan bahas pada artikel kali ini. 


Hidroponik memakai media larutan nutrisi dengan ditambahkan media pembantu untuk perakaran berupa rockwool, pasir, cocopeat, kerikil, arang sekam dan sebagainya. Cara menciptakan tumbuhan hidroponik sederhana sanggup Anda lakukan sebagai pengisi waktu senggang. Bertanam dengan hidroponik sanggup digunakan untuk menciptakan Anda rileks dan sejenak melepaskan rutinitas yang membosankan. Bagi Anda yang gres belajar/pemula sebaiknya Anda mencoba cara menciptakan tumbuhan hidroponik sederhana terlebih dahulu.


Pembuatan sistem hidroponik sederhana hanya memerlukan beberapa materi dan sanggup dibeli ditoko peralatan ataupun memanfaatkan barang-barang bekas. Bahan-bahan yang diperlukan diantaranya yaitu botol plastik, jerigen, gelas plastik, kain sumbu dan bahan-bahan lainnya. Adapun tumbuhan yang terkenal di tanam dengan sistem hidroponik yaitu tumbuhan sayuran hijau. Misal, kangkung, sawi, bayam, selada, seledri, dan sebagainya. Tanaman sayur pada sistem hidroponik sanggup dijadikan tumbuhan hias dirumah. Makara selain sebagai tumbuhan untuk dikonsumsi, namun juga sanggup berfungsi sebagai tumbuhan hias.


Sebelum mulai cara menanam hidroponik, persiapkan peralatan-peralatan berikut:



  • Botol plastik

  • Gelas plastik

  • Jerigen

  • Kain sumbu, gunakan kain flanel

  • Nutrisi hidroponik

  • Media tanam (rockwool, arang sekam, kerikil, penggalan kerikil bata atau genting, pasir)


Pilih media tanam hidroponik yang sanggup Anda pergunakan, Anda sanggup menentukan satu dari beberapa media tanam yang telah disebutkan diatas. Media tanam yang digunakan sebaiknya dipastikan bahwa media tersebut mempunyai poros sehingga nutrisi dalam air sanggup diserap secara optimal serta sanggup menopang laju pertumbuhan tumbuhan dengan maksimal. Penggunaan larutan nutrisi hidroponik juga wajib diperhatikan, alasannya ialah nutrisi inilah sumber masakan untuk tumbuhan yang di tanam dengan sistem hidroponik.


Tahapan Cara Membuat Tanaman Hidroponik Sederhana


Penyemaian Benih tumbuhan


Sebelum ditanam pada media hidroponik, cara menciptakan tumbuhan hidroponik sederhana ialah bibit harus disemaikan dahulu pada sebuah media tanam. Media tanam untuk penyemaian yang biasanya digunakan dalam hidroponik ialah memakai rockwool.sebab, rockwool terbebas dari basil dan penyakit. Pilihlah bibit yang mempunyai daya tumbuh hingga 80% semoga karenanya perkecambahan sanggup maksimal. Tempatkan potongan rockwool pada sebuah nampan kemudian dilubangi untuk menanam benih kemudian dibasahi dengan air secukupnya dan selanjutnya di tempatkan pada tempat yang gelap hingga berkecambah. Setelah bibit tumbuh, pindahkan bibit tersebut pada media tanam hidroponik.


Menyiapkan media tanam hidroponik


Terdapat banyak sekali jenis media tanam dalam cara menciptakan tumbuhan hidroponik sederhana yang sanggup anda gunakan dalam bertanam dengan hidroponik. Anda sanggup membelinya ditoko-toko pertanian ataupun membuatnya sendiri. Namun bila Anda masih kesulitan dalam mendapat media tanam hidroponik, Anda sanggup membelinya dengan cara online. Buatlah adonan dari kerikil dan arang sekam atau adonan krikil dan rockwool. Tempatkan media tanam hirdroponik yang sudah dibentuk kemudian ditempatkan pada wadah yang digunakan untuk menanam hidroponik. Anda sanggup memakai botol bekas, maupun pipa paralon atau media lainnya yang ada disekitar Anda.


Pemberian Nutrisi Hidroponik


Pemberian nutrisi hidroponik sangat penting. Seperti yang telah Anda ketahui bahwa hidroponik merupakan cara bertanam tanpa memakai tanah, oleh alasannya ialah itulah Anda harus menawarkan larutan nutrisi hidroponik sesuai kebutuhan tanaman. Nutrisi yang diberikan pada tumbuhan dengan hidroponik ialah nutrisi cair semoga gampang diserap akar tanaman. Cara menawarkan nutrisi sanggup Anda lakukan dengan cara menyiramkan secara manual pada pagi atau sore hari. Jika Anda ingin simpel gunakanlah sumbu untuk kapilaritas larutan nutrisi cair ke akar tanaman.


Cara menciptakan tumbuhan hidroponik sederhana  Cara Membuat Tanaman Hidroponik Sederhana Tipsnya Ada Disini
Cara Membuat Tanaman Hidroponik Sederhana-Sawi hidroponik

Perawatan tumbuhan hidroponik


Cara perawatan pada tumbuhan hidroponik tidak jauh berbeda dengan sistem penaman konvensional. Yang harus anda lakukan yaitu melaksanakan penyiraman setiap pagi atau sore, bersihkan gulma bila ada gulma yang tumbuh. Berikan larutan nutrisi hidroponik secara berkala, alasannya ialah nutrisi akan berkurang dengan cepat seiring pertumbuhan tumbuhan yang cepat juga. Jangan hingga hidroponik terkena hujan alasannya ialah nutrisi akan tercecer keluar.


sumber gambar: caratanam, seputarhidroponik, kebunhidroponik


artikel terkait hidroponik:


Cara Membuat Tanaman Hidroponik Di Rumah


7 Langkah Ampuh Pemasaran Sayuran Hidroponik, Baca Di Sini


Wow, Peluang Usaha Hidroponik Raih Keuntungan 40 juta/Bulan, Klik Di Sini




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menciptakan Tanaman Hidroponik Sederhana Tipsnya Ada Disini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel