iklan

Cara Menciptakan Kabel Straight Dan Cross Pada Jaringan Lan

Cara Membuat Kabel Straight dan Cross pada Jaringan LAN

Cara Membuat Kabel Straight dan Cross pada Jaringan LAN Cara Membuat Kabel Straight dan Cross pada Jaringan LAN
Kabel Jaringan merupakan perangkat pokok dalam membangun sebuah jaringan LAN (Local Area Network), begitu pula dengan cara settingnya juga berbeda, sepakat eksklusif saja kali ini tatar_adi akan menjelaskan mengenai Cara menciptakan Kabel Straight dan cross Pada Jaringan LAN Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) merupakan salah satu media transmisi yang paling banyak digunakan untuk menciptakan sebuah jaringan LAN (Local Area Network),
Dalam jaringan LAN (local Area Network)atau yang umumnya memakai Ethernet dikenal 2 jenis kabel jaringan yakni STRAIGHT dan CROSS , dimana keduanya mempunyai fungsi konektifitas yang berbeda dalam jaringan. Kabel STRAIGHT umumya digunakan untuk mengghubungakan koneksi dari Port pada Switch / Hub , dan kabel CROSS biasa digunakan untuk koneksi point to point (pear to pear istilah waktu aku sekolah dulu)antar 2 komputer yang di hubungkan lewat ethernet Card.

Ada dua jenis settingan kabel jaringan yakni jenis straight dan cross untuk membedakan kabel CROSS dan STRAIGHT yakni dengan melihat susunan warna pin pada konektor RG 45 yang terdiri dari 8 warna yang berbeda. aku akan jelaskan cara penyusunan warna yang paling umum digunakan untuk terminasi kabel Straight dan Cross ( Sttemen-temenr International ) . 8 warna yang biasanya digunakan yakni Orange (O), Putih Orange (PO), Biru (B), Putih Biru (PB), Hijau (H), Putih Hijau (PH), Coklat (C), Putih Coklat (PC) .

1. Kabel STRAIGHT
Kabel straight biasanya beberapa orang menerapkan cara twin side yakni menyamakan susunan antara kedua ujung konektor tanpa memperhatikan susunan warna yang dipakai.

yang kita gunakan disini yakni susunan warna berdasarkan sttemen-temenrt international, kenapa aku bilang sttemen-temenrt international, sebab dalam kurikulum dasar yang diterapkan cisco academy sttemen-temenrt ini niscaya digunakan dan sebagai basic know legde untuk seorang teknisi jaringan atau engineer urutannya ini mutlak dipahami untuk lebuh terang nya jenis-jenis kabel lihat gambar di bawah ini:
Cara Membuat Kabel Straight dan Cross pada Jaringan LAN Cara Membuat Kabel Straight dan Cross pada Jaringan LAN

  • Contoh penggunaan kabel straight yakni sebagai berikut :
  • Menghubungkan antara computer dengan switch
  • Menghubungkan computer denganLAN (local Area Network)pada modem cable/DSL
  • Menghubungkan router denganLAN (local Area Network)pada modem cable/DSL
  • Menghubungkan switch ke router
  • Menghubungkan hub ke router
2. Kabel CROSS
Apabila dalam melaksanakan terminasi pada kabel CROSS temen-temen tidak memakai sttemen-temenr yang ditentukan atau sebab kabel yang temen-temen gunakan hanya mempunyai 1 warna untuk tiap pinya, yang harus temen-temen ingat yakni urutannya. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini:
Cara Membuat Kabel Straight dan Cross pada Jaringan LAN Cara Membuat Kabel Straight dan Cross pada Jaringan LAN

Contoh penggunaan kabel cross over yakni sebagai berikut :

  • Menghubungkan 2 buah komputer secara langsung
  • Menghubungkan 2 buah switch
  • Menghubungkan 2 buah hub
  • Menghubungkan switch dengan hub
  • Menghubungkan komputer dengan router

Dari 8 buah kabel yang ada pada kabel UTP ini (baik pada kabel straight maupun cross over) hanya 4 buah saja yang digunakan untuk mengirim dan mendapatkan data, yakni kabel pada pin no 1,2,3 dan 6.
Baik hingga di sini dulu cara Membuat kabel Straight dan Cross Ovenya biar bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung ke blog tatar_adi



Sumber http://imronkom.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menciptakan Kabel Straight Dan Cross Pada Jaringan Lan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel