iklan

Cara Menanam Hidroponik Sederhana Di Pekarangan Ini Wajib Anda Coba

Cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan – Pada tahun-tahun belakangan ini, cara bertanam dengan sistem konvensional ibarat bertanam dengan tanah di pekarangan dan halaman sudah mulai berkurang atau ditinggalkan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya aktifitas dan semakin sempitnya lahan atau tanah pekarangan. Hal inilah yang menciptakan kebanyakan orang yang tinggal di perkotaan mulai beralih bertanam dengan hidroponik. Dibeberapa negara di dunia, hidroponik mulai terkenal untuk dikembangkan bahkan dengan aneka macam inovasi.


artikel terkait hidroponik: Cara Membuat Tanaman Hidroponik Sederhana. Baca Di sini


Meskipun dikatakan mulai populer, cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan masih dinilai sulit bagi sebagian orang. Namun bagi yang mereka yang mengerti cara bertanam hidroponik menilai bahwa bertanam dengan hidroponik mempunyai lebih banyak kelebihan dibandingkan bertanam dengan metode lainnya. Jika Anda bertanam dengan memakai hidroponik, Anda tidak memerlukan peralatan yang biasa dipakai dalam bertanam secara konvensional ibarat cangkul, sabit dan sebagainya.


Cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan  Cara Menanam Hidroponik Sederhana Di Pekarangan Ini Wajib Anda Coba
Hidroponik sederhana dengan botol bekas

Cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan tidak membutuhkan bahan-bahan yang terlalu sulit dicari, kini ini sering dijumpai aneka macam jenis tumbuhan hidroponik yang ditanam memakai instalasi dari barang–barang bekas. Hal ini bertujuan biar bertanam dengan metode hidroponik menjadi lebih ramah lingkungan. Tanaman yang sering ditanam dalam hidroponik secara umum dikuasai yaitu sayuran. Sebab, selain menjadi tumbuhan konsumsi sanggup juga dipakai sebagai tumbuhan hias. Hidroponik juga lebih menghemat pengeluaran dapur pada beberapa materi makanan.


Meskipun bertanam hidroponik terbilang mudah, namun hidroponik tetap membutuhkan alat dan materi yang khusus untuk hidroponik. Alat dan materi tersebut biasanya sanggup diperoleh dengan gampang di toko-toko pertanian disekitar rumah Anda. Adapun cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan membutuhkan berapa persiapan alat dan bahan.


Alat dan materi yang diperlukan dalam cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan yaitu sebagai berikut:



  • Media semai berupa rocwool

  • Benih tumbuhan berupa sayuran hijau misal sawi, kangkung dan sebagainya (untuk pemula)

  • Botol bekas (air mineral)

  • Pupuk (nutrisi hidroponik)


Langkah-langkah dalam menanam hidroponik sederhana:



  • Lakukan penyemaian; siapkan rockwool kemudian dibasahi dengan air selanjutnya diberi benih sayuran. Simpan ditempat yang gelap dan tunggu hingga berkecambah, biasanya memakan waktu 2-3 hari. Selanjutnya pindahkan ditempat yang terperinci namun jangan hingga terkena sinar matahari secara langsung.

  • Mempersiapkan nutrisi tanaman; untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tanaman, berikan pupuk berupa larutan nutrisi hidroponik.


Cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan  Cara Menanam Hidroponik Sederhana Di Pekarangan Ini Wajib Anda Coba
Hidroponik sederhana


  • Pemindahan media tanaman; siapkan botol bekas kemasan air mineral kemudian dipotong menjadi dua penggalan yaitu penggalan atas botol dan penggalan bawah botol. Potongan botol penggalan atas berukuran 1/3 bagian, sedangkan potongan botol penggalan bawah berukurang 2/3 bagian. Masukan larutan nutrisi hidroponik kedalam potongan penggalan bawah, kemudian tutup memakai potongan penggalan atas dengan posisi terbalik. Sebelum potongan penggalan atas ditutupkan berilah kain flanel atau kain jenis lain yang bisa menyerap cairan nutrisi. Kain ini berfungsi sebagai sumbu untuk mengantarkan nutrisi dari botol penggalan bawah ke botol bagaian atas. Setelah ditutupkan, isilah potongan botol penggalan atas dengan media tanam berupa rocwool, cocopeat, atau pun sekam bakar. Media ini berfungsi sebagai perambatan perakaran tumbuhan (pengganti tanah). Setelah instalasi hidroponik ini siap ditanami dan bibit sudah berdaun empat, maka pindahkan bibit tersebut kedalam instalasi hidroponik ini.


artikel lainnya: Cara Membuat Tanaman Hidroponik Di Rumah Baca Di sini



  • Perawatan tumbuhan hingga panen. Jangka waktu pemanan tidak lah selalu sama tiap tanaman, tergantung jenis tumbuhan yang di tanam. Cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan memang diperuntukan bagi Anda yang gres mencar ilmu memakai metode hidroponik. Oleh alasannya yaitu itu gunakan tumbuhan yang mempunyai tingkat daya tumbuh tinggi ibarat tomat dan cabe untuk sayuran buah dan sawi, selada, kangkung, bayam dan sebagainya untuk sayuran daun. Pastikan nutrisi dari botol penggalan bawah terserap hingga keatas biar tumbuhan sanggup tumbuh dengan baik.


Teknik penanaman dengan hidroponik sangat minim pemeliharaan. Perhatikan intensitas sinar matahari serta jumlah air. Tanaman yang ditanam dengan hidroponik sebaiknya ditempatkan pada kawasan yang cukup teduh, alasannya yaitu kalau terlau panas maka penguapan akan menciptakan tumbuhan gampang layu. Selain itu kalau curah hujan tinggi maka tumbuhan menjadi kelebihan air. Keuntungan dari bertanam hidroponik sangat banyak. Selain dari segi finansial, dari segi pemberdayaan lahan juga sangat mendukung. Sebab, hidroponik sanggup di buat secara bertingkat dan pemeliharaannya juga tidak membutuhkan banyak waktu.


Cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan  Cara Menanam Hidroponik Sederhana Di Pekarangan Ini Wajib Anda Coba
Hidroponik untuk lahan terbatas

Cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan sangatlah mudah alasannya yaitu Anda sanggup memanfaatkan barang-barang bekas. Selain itu dengan menyusun botol-botol secara horisontal Anda sanggup merangangkai satu intalasi hodroponik sederhana. Anda juga sanggup menyusun secara vertikal dengan cara menggantungnya dengan memakai tali. Anda sanggup menempatkan instalasi hidroponik ini hingga mengelilingi rumah, namun intensitas pencahayaan atau kebutuhan tumbuhan akan sinar matahari juga harus diperhatikan. Jangan hingga berlebihan, alasannya yaitu sanggup menjadikan kelayuan yang lantaran penguapan yang berlebihan. Usahakan berada ditempat yang sejuk namun tetap menerima sinar matahari dengan baik.


artikel peluang hidroponik: 7 Langkah Ampuh Pemasaran Sayuran Hidroponik


sumber gambar: tipsinspirasi, metrohidroponik,pinterest


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menanam Hidroponik Sederhana Di Pekarangan Ini Wajib Anda Coba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel