iklan

Cara Menanam Hidroponik Sederhana Di Rumah Baca Di Sini

Cara menanam hidroponik sederhana di rumah – Awal diperkenalkannya hidroponik yaitu oleh Dr. WF. Gericke di salah satu Universitas California Amerika Serikat. Hingga sekarang perkembangan hidroponik sudah semakin pesat. metode bertanam memakai media air ini telah diminai oleh banyak orang baik dengan tujuan komersil maupun sekedar hobi. Sistem dalam hidroponik sudah bermacam-macam, mulai yang paling gampang sampai tingkat kerumitan yang tinggi.


artikel terkait hidroponik: Cara Membuat Hidroponik Di Rumah Baca Di Sini


Terdapat 6 cara menanam hidroponik sederhana di rumah, diantaranya yaitu sebagai berikut.



  • Wick system : sistem sumbu

  • Drip sistem : sistem irigasi

  • Ebb & flow : sistem pasang surut

  • Nutrient Film technique (NFT)

  • Water culture : sistem rakit apung

  • Aeroponik


Dari 6 cara menanam hidroponik sederhana di rumah tersebut, Anda sanggup mencobanya mulai dari sistem hidroponik yang paling gampang kalau untuk proses belajar. Berikut akan di jelaskan bagaimana cara kerja dari sistem hidroponik wick dan water culture, alasannya yaitu sistem ini merupakan sistem paling gampang dari keenam sistem tersebut.


Wick system


Wick system atau sering disebut dengan sistem sumbu merupakan cara menanam hidroponik sederhana di rumah yang paling sederhana dari beberapa sistem yang ada. Sistem ini diberi nama sistem sumbu lantaran pinjaman asupan nutrisi ke akar flora memakai daya kapilaritas yaitu sumbu. Di dalam sistem sumbu terdapat beberapa media tanam yang sanggup digunakan, diantaranya yaitu kerikil, rockwool, sekam bakar dan media lainnya selain tanah.


Cara menanam hidroponik sederhana di rumah  Cara Menanam Hidroponik Sederhana Di Rumah Baca Di Sini
Sistem sumbu/wick sistem

Hidroponik dengan memakai sistem sumbu ini sangat cocok bagi Anda yang gres berguru cara menanam hidroponik sederhana di rumah. Sistem sanggup digunakan dengan bentuk yang sederhana dan dengan perancangan yang relatif gampang serta mempunyai resiko kegagalaan yang sangat kecil. Hidroponik dengan sistem wick ini tidak membutuhkan bayak ruang oleh alasannya yaitu itu Anda sanggup menanamnya di pekarangan rumah, halaman bahkan dalam rumah.


Beberapa materi yang dibutuhkan untuk cara menanam hidroponik sederhana di rumah contohnya botol bekas atau wadah lainnya yang sanggup Anda temukan disekitar Anda. Prinsip kerja dari sistem ini yaitu dengan menempatkan larutan nutrisi pada potongan botol cuilan bawah dan potongan cuilan atas diberikan sumbu biar sanggup menghantarkan nutrisi ke akar tanaman.


Keunggulan Cara Menanam Hidroponik Sederhana Di Rumah Dengan Sistem Sumbu adalah:



  • Biaya pembuatan instalasi hidroponik ini sangat murah

  • Hidroponik dengan sistem wick sangat gampang digunakan alasannya yaitu mempunyai bentuk yang sangat sederhana dan pembuatannya pun sangat mudah.

  • Frekuensi penambahan larutan nutrisi lebih jarang lantaran memakai media sumbu sebagai penyalur larutan nutrisinya.

  • Anda tidak perlu membayar biaya listrik menyerupai pada sistem hidroponik lainnya.

  • Sangat gampang dipindah-pidahkan sesuai selera


Kekurangan Cara Menanam Hidroponik Sederhana Di Rumah Dengan Sistem Sumbu adalah:



  • Apabila jumlah flora dalam hidroponik jumlahnya banyak maka pengontrolan pH akan sedikit sulit.

  • Sistem sumbu hanya sosok ditanami flora yang tidak memerlukan banyak air. Sebab daya kapilaritas sumbu dalam hidroponik bersifat terbatas.


artikel lainnya: Wow, Peluang Usaha Hidroponik Bisa Mencapai 40 Juta/bulan


Water Culture atau Sistem Rakit Apung


Sistem hidroponik rakit apung merupakan cara menanam hidroponik sederhana di rumah dengan sistem modern yang telah dikembangkan oleh seorang italia yang berjulukan Mussantini pada tahun 1976 dan dikembangkan lagi oleh Jensen di Arizona pada tahun 1980. Hidroponik dengan sistem rakit apung merupakan pengembangan sistem dengan tujuan komersil atau penanaman dalam jumlah banyak dengan skala rumah tangga maupun skala besar.


Bertanam memakai sistem hidroponik sederhana rakit apung memakai pengapung berupa papan gabus atau styrofoam. Lubangi selebar diameter net pot dan kemudian diletakkan di permukaan larutan air bernutrisi. Bertanam memakai sistem rakit apung memakai pengapung berupa papan gabus atau styrofoam. Lubangi selebar diameter net pot dan kemudian diletakkan di permukaan larutan air bernutrisi. Pada sistem ini, Anda yang mempunyai kesibukan yang padat tetap sanggup bertanam dirumah. Sebab sistem ini sanggup bergerak secara mandiri.


Bertanam dengan hidroponik tidak membutuhkan banyak biaya. Bahan yang digunakan pun cukup gampang dicari. Cara kerja sistem hidroponik sederhana rakit apung yaitu flora mengapung bersama dengan styrofoam dipermukaan larutan bernutrisi. Biarkan akar tetap tergenang biar tetap mendapat nutrisi secara terus menerus namun tidak takut kehabisan nutrisi. Sistem ini juga tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas, selain itu juga tidak gampang layu lantaran kekurangan air. Satu hal yang perlu diperhatikan yaitu batas minimal jumlah air bernutrisi dalam kolam harus terpenuhi.


Cara menanam hidroponik sederhana di rumah  Cara Menanam Hidroponik Sederhana Di Rumah Baca Di Sini
Hidroponik sistem rakit apung

Kelebihan Cara Menanam Hidroponik Sederhana Di Rumah Dengan Sistem Rakit Apung Adalah:



  • biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan sistem ini relatif murah

  • bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan sisten ini gampang didapat

  • perawatan hidroponik sistem rakit apung cukup mudah

  • tidak tergantung pada kestabilan arus air maupun listrik sehingga lebih ekonomis biaya pengeluarannya.

  • Lebih ekonomis nutrisi dan air.


Kekurangan Cara Menanam Hidroponik Sederhana Di Rumah Dengan Sistem Rakit Apung Adalah:



  • Rakit apung lebih cenderung untuk ditempatkan ditempat yang teduh menyerupai dalam ruangan bukan diluar ruangan.

  • Akar lebih rentan terjadipembusukan, lantaran akar tergenang dalam larutan nutrisi secara terus-menerus.

  • Minim kadar oksigen, meskipun sebagian akar flora yang terendam namun oksigen yang tiba berfungsi membantu proses fotosintesis.


artikel hidroponik terkait: Ini Dia 7 Langkah Ampuh Pemasaran Sayuran Hidroponik


sumber gambar: urbania,puriegarden


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menanam Hidroponik Sederhana Di Rumah Baca Di Sini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel