iklan

Cara Memperbaiki Monitor Lcd Gelap

Cara Memperbaiki Monitor LCD Gelap - Monitor atau layar merupakan salah satu penggalan penting dari komputer yang tidak sanggup diabaikan menyerupai jikalau rusak, meski kerusakan yang dialami oleh perangkat yang satu ini kecil. 

Ini lantaran monitor atau display device, apakah LCD atau tidak, semuanya sangat penting lantaran merupakan penggalan dari perangkat output komputer. Artinya, tanpa monitor kita tidak akan mempunyai perangkat output yang lengkap dan niscaya akan menciptakan kita sulit dalam menjalankan kegiatan di komputer.

Salah satu jenis problem yang mungkin kita alami di layar LCD kita ialah layar yang terlalu gelap bagi kita. Hal ini sanggup menyebalkan lantaran kita akan mengalami kesulitan dalam melihat apa sesungguhnya yang telah diolah oleh komputer yang kita miliki, jadi kita tidak akan sanggup bekerja atau bergerak dengan komputer sesuai dengan yang kita inginkan. 

Itu sebabnya kita harus tahu cara memperbaiki monitor LCD gelap semoga kita sanggup menangani ini. Sama menyerupai kita tahu apa yang menyebabkan monitor berkedip terus-menerus.

Jadi, apa yang sanggup menjadi cara untuk memperbaiki monitor LCD gelap? Apa yang sanggup kita lakukan semoga monitor LCD kita bekerja dengan baik? Tanpa perbaikan lebih lanjut, berikut beberapa cara alternatif yang sanggup dilakukan untuk memperbaiki monitor LCD yang gelap.

 Monitor atau layar merupakan salah satu penggalan penting dari komputer yang tidak sanggup diab Cara Memperbaiki Monitor LCD Gelap
Cara Memperbaiki Monitor LCD Gelap


1. Pelajari jenis monitor LCD
Salah satu hal yang sanggup Anda lakukan untuk memperbaiki monitor LCD dengan aneka macam masalah, termasuk problem layar gelap ini ialah dengan mempelajari jenis monitor LCD yang akan Anda perbaiki. Tentunya ini sudah biasa, terutama jikalau Anda seorang teknisi komputer. 

Tapi bagi anda yang masih belum mempunyai pengetahuan ini, tidak ada salahnya untuk berguru secara detail menyerupai bagaimana cara membongkar, bagaimana cara mencegah tidak tersengat listrik, dan aneka macam hal lain wacana monitor LCD anda. Tentunya kita semua sudah tahu bahwa fungsi monitor LCD pada umumnya tetap sama, meski tipenya berbeda.

2. Periksa kondisi fisik
Sebelum memperbaiki layar LCD atau monitor, tentunya kita perlu tahu terlebih dahulu apa yang menyebabkan layar LCD kita gelap dan tidak sanggup terlihat terperinci atau mempunyai pencahayaan yang cukup. 

Oleh lantaran itu, salah satu hal yang perlu kita lakukan ialah melaksanakan investigasi fisik monitor LCD Anda, mulai dari yang terkecil hingga yang paling rumit dari layar Anda. Dengan melaksanakan ini dengan tepat, ada kemungkinan besar kita sanggup melihat problem layar LCD gelap jikalau masalahnya ada di sisi fisik.

3. Periksa perangkat lunak
Selain mengecek secara fisik, tentunya kita juga perlu mengecek layar LCD dalam hal software yang kita miliki dalam menjalankan layar. Perangkat lunak yang dimaksud mencakup driver kartu grafis, aplikasi setting brightness pada layar komputer, dan aneka macam aplikasi lain yang berkaitan dengan problem pengaturan brightness pada layar LCD. 

Dengan mengecek ini, maka kita sanggup memastikan bahwa ada atau bukan problem software di komputer Anda. Paling tidak Anda harus memastikan penginstalan driver benar, pengaturan sistem operasi sistem Anda bekerja dengan benar, dan tidak ada fitur penghemat daya atau apapun yang akan menciptakan layar memudar di latar belakang.

4. Mengganti perangkat fisik
Setelah menemukan penyebab layar gelap monitor, langkah selanjutnya yang sanggup dilakukan sebagai cara memperbaiki monitor LCD gelap ialah dengan meningkatkan fisik monitor. Tentunya hal ini dilakukan jikalau penyebab problem monitor gelap jawaban kerusakan perangkat fisik yang terdapat pada laptop Anda menyerupai konektor kabel, slot konektor, dan aneka macam hal lain yang pada prinsipnya berfungsi untuk menjalankan perangkat keras monitor.

5. Pasang kembali kabel konektor
Seperti disebutkan di atas, salah satu cara untuk memperbaiki monitor LCD gelap ialah dengan mengganti kabel konektor bermasalah. Kabel konektor bermasalah sanggup menjadi salah satu alasan mengapa layar LCD menjadi gelap dan tidak ringan. Tentunya ini harus dilakukan jikalau kabel konektornya rusak menyerupai pecah, terbakar, dan sebagainya. 

Dengan demikian kecerahan layar sanggup diperbaiki jikalau penyebabnya lantaran anutan data dari komputer tidak sesuai lantaran kabelnya rusak. Konektor cacat kekebalan juga sanggup menjadi penyebab montitor tidak ada sinyal yang terdeteksi lo.

6. Ganti kartu grafis
Selain beberapa hal diatas, Anda juga sanggup mengganti graphics card semoga monitor LCD kita sanggup kembali bekerja dengan baik. Hal ini sanggup dilakukan jikalau penyebab layar LCD gelap lantaran kartu grafis rusak dan tidak sanggup mengolah output dengan benar. 

Tentunya Anda harus membeli kartu grafis terlebih dahulu jikalau Anda tidak mempunyai kartu grafis cadangan atau kartu grafis lain yang sanggup dipakai untuk memperbaiki monitor gelap.


7. Fixed tombol kecerahan
Salah satu jenis problem yang mungkin menjadi penyebab mengapa layar gelap ini lantaran kerusakan tombol brighness, sehingga kecerahan dikunci ke sejumlah kecil dan menciptakan monitor terlihat gelap. Tentunya ini harus diperbaiki dengan membongkar monitor dan kemudian memperbaikinya sesuai dengan problem ini, yaitu dengan mengganti tombol kecerahan yang rusak semoga sanggup menyesuaikan dengan kecerahan yang biasa.

8. Bawa ke tukang reparasi
Selain metode di atas, pastinya cara terakhir yang sanggup Anda lakukan untuk mengatasi atau memperbaiki monitor LCD gelap ialah dengan membawa monitor yang rusak ke repairer servis terpercaya terdekat. Ini sanggup Anda lakukan jikalau Anda tidak punya waktu untuk memperbaiki monitory Anda secara berdikari atau lantaran problem lain menyerupai pengetahuan yang tidak mencukupi, atau problem lain yang mungkin Anda miliki.

Tentunya ini tidak berarti bahwa cara ini salah atau salah, cara ini sangat dianjurkan jikalau Anda tidak tahu wawasan wacana monitor LCD sebelumnya lantaran kerusakan tidak bertambah buruk. Anda sanggup memakai metode ini sebagai cara memperbaiki VGA onboard rusak dan Anda tidak sanggup memperbaikinya sendiri.


Itulah beberapa cara untuk memperbaiki monitor LCD gelap yang sanggup Anda lakukan untuk memperbaiki monitor LCD Anda yang rusak dan tampak gelap. Beberapa hal di atas mungkin tidak sanggup menyelamatkan monitorm anda dari kerusakan, jikalau itu terjadi, maka tidak ada cara lain selain membeli monitor gres yang lebih baik dan lebih tahan usang bila dibandingkan dengan monitormu yang rusak.

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memperbaiki Monitor Lcd Gelap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel