iklan

Cara Masuk Bios Windows 10 (Lengkap)

Cara Masuk BIOS Windows 10 (LENGKAP) - Windows 10 merupakan salah satu jenis sistem operasi komputer keluaran Microsoft yang dirilis pada 2016 silam. OS ini sanggup dianggap sebagai "versi terakhir OS Windows", lantaran pada ketika itu Microsoft hanya akan merilis perbaikan dalam peningkatan dan fitur kinerja di Windows 10 melalui update saja, begitu juga dengan smartphone Android.

Seperti OS hari ini, ada beberapa kelebihan dan kekurangan Windows 10 Pro Final yang sanggup Anda pertimbangkan sebelum memakainya. Beberapa kelebihannya ialah mendukung penggunaan layar sentuh dan sanggup dioperasikan menyerupai tablet. 

Meski sudah diimplementasikan pada Windows 8 dan Windows 8.1, pengguna Windows 10 sanggup menentukan menggunakan tablet atau komputer interface (PC). Selain itu, Windows 10 mempunyai kelebihan lain, menyerupai santunan desktop virtual, kembalinya Start Menu yang telah hilang di Windows 8, antarmuka yang lebih atraktif, fitur ajudan eksklusif Cortana, dan lain-lain.

Sementara itu, minimnya Windows 10 selain kurangnya santunan pada beberapa game atau software tertentu, salah satu kekurangan Windows 10, yang menciptakan pengguna cukup merepotkan ialah kanal ke tampilan BIOS yang tersembunyi yang berpihak pada fitur Fast Booting yang menjadi kelebihan dari OS ini. Fitur ini diperkenalkan dari Windows 8 dan masih disematkan pada Windows 10.

Pengertian BIOS

Terkadang, kanal halaman BIOS masih dibutuhkan bagi pengguna yang ingin mengatur urutan boot di komputer atau laptop mereka, atau juga ingin mengatur beberapa pengaturan BIOS default yang tidak ada dalam pengaturan di Windows 10. Jadi, bagi pengguna yang ingin melaksanakan Hal-hal ini, untuk mengacak "beberapa pengaturan windows pertama di Windows 10.

 merupakan salah satu jenis sistem operasi komputer keluaran Microsoft yang dirilis pada  Cara Masuk BIOS Windows 10 (LENGKAP)


Untuk masuk ke halaman BIOS pada sistem operasi Windows 10, cara kerjanya hampir sama dengan Windows 8. Namun, ada sedikit perbedaan. Nah, berikut ialah langkahnya:

Hidupkan komputer atau laptop Anda, biarkan Windows OS 10 boot up dan siap digunakan.
Setelah Windows 10 telah di-boot, klik Start, dan pilih Settings.

Selanjutnya, jendela Settings akan muncul di layar. Di jendela Settings, pilih "Update & Security" yang terletak di pecahan bawah.

Setelah jendela Update terbuka, gerakkan pointer mouse ke kiri, kemudian klik hidangan "Recovery". Kemudian klik "Restart Now".

Beberapa waktu, komputer atau laptop Anda akan restart sendiri. Kemudian, pada layar akan muncul jendela "Choose Options". Nah, dalam tampilan ini, pilih Troubleshoot.

Selanjutnya, di jendela Troubleshoot akan muncul dua pilihan. Pilih "Opsi lanjutan"

Pilih "UEFI Firmware Settings", kemudian klik tombol Restart pada layar.
Setelah laptop atau komputer Anda restart lagi, Anda secara otomatis akan diarahkan ke tampilan BIOS dari produsen laptop atau komputer Anda.

Sampai pecahan ini, Anda sanggup mengubah beberapa pengaturan di BIOS, mulai dari mengubah pengaturan mode boot, password BIOS, dan banyak lagi.

Oh ya, bicarakan BIOS di komputer atau laptop yang mendukung Windows 10, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Pada beberapa model laptop dan komputer, terutama keluaran terbaru, pengaturan Boot Mode di BIOS harus dipilih "Legacy Support". Kemudian untuk Boot Priority, Anda harus menentukan UEFI First. 

Dalam beberapa kasus, bila pengaturan Boot Priority diubah menjadi "Legacy", laptop atau komputer pengguna bahkan tidak sanggup masuk ke Windows 10. Namun, kabar baiknya ialah pengguna sanggup masuk ke BIOS tanpa menggunakan cara yang dijelaskan di atas. Intinya, salah satu cara untuk memperbaiki laptop tidak sanggup masuk Windows ialah dengan mengembalikan pengaturan Boot Priority dan jangan mengubah setting default Boot Mode di BIOS Windows 10.

Ada cara alternatif untuk mengakses halaman BIOS Windows 10 di beberapa laptop, terutama laptop Asus. Begini caranya:

Tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard, kemudian lakukan shutdown pada komputer atau laptop Anda.

Saat komputer atau laptop mati, tekan dan tahan tombol F2 pada keyboard, kemudian tekan tombol daya.
Taraaa, Anda akan melihat halaman konfigurasi BIOS.

Oh ya, bahwasanya tampilan BIOS yang didukung oleh Windows 10 ialah tampilan UEFI BIOS, yaitu pengembangan BIOS lawas yang dulunya dipakai pada laptop dan komputer keluaran 90an sampai 2014. Mengenai tampilannya, tampilan displaynya hidangan BIOS UEFI agak berbeda dengan BIOS Legacy. 

Namun antarmuka UEFI BIOS masih gampang dimengerti dan user friendly. Yang pasti, BIOS UEFI menghadirkan fitur teknologi terkini yang selanjutnya mendukung pengembangan perangkat keras komputer dan laptop ketika ini.

Saat ini, kebanyakan produk yang dikeluarkan oleh sebagian besar vendor di bidang hardware komputer dan laptop sudah mendukung UEFI BIOS over Legacy BIOS. Namun, lantaran masih banyak pengguna yang menggunakan BIOS Legacy, maka pada beberapa produk, fitur BIOS Legacy tetap tertanam di UEFI BIOS. Namun, ada kemungkinan BIOS Legacy tidak lagi didukung oleh semua perangkat keras komputer masa depan atau laptop.

Untuk alasan apapun, pengembangan teknologi BIOS mutlak diharapkan untuk mendukung pengembangan perangkat keras komputer ketika ini yang semakin canggih. Dan BIOS UEFI ialah salah satu cara untuk menjawab perkembangan tersebut. 

Sebenarnya UEFI juga telah dipakai untuk waktu yang lama, namun hanya dipakai untuk server di kalangan terbatas, bukan untuk pengguna komputer persona (PC) atau laptop komersial.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini komputer dan laptop terbaru juga membutuhkan teknologi BIOS yang lebih maju. Itu sebabnya UEFI kini dipakai pada komputer berteknologi tinggi dan laptop. 

Sebagai informasi, Legacy BIOS ialah teknologi yang telah dipakai selama 30 tahun, sehingga LegacyBIOS mempunyai banyak keterbatasan untuk sanggup mendukung pengembangan teknologi komputer terbaru yang telah berkembang dengan sangat pesat.

Beberapa manfaat dari UEFI BIOS ialah santunan kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar dari 2,2 TB. BIOS UEFI juga memungkinkan pengguna menciptakan partisi pada lebih banyak disk. 

Selain itu, UEFI masih mempunyai kelebihan lain, menyerupai santunan untuk perangkat input dan output komputer terbaru (terutama layar sentuh), programmable, mempercepat boot dan resume sistem operasi, keamanan yang lebih kuat, mendukung tipe partisi GPT untuk OS gres menyerupai Windows OS 10, dan antarmuka UEFI yang lebih indah dan interaktif. Nah, menggunakan UEFI ialah salah satu cara untuk mempercepat startup komputer juga lohh.

Sedangkan pada sistem partisi BIOS Legacy masih menggunakan Master Boot Record (MBR), yang hanya menghemat operasi sistem file pada satu partisi saja. Tidak menyerupai UEFI yang menggunakan GPT, file sistem operasi disimpan di lebih dari satu partisi dan mempunyai partisi backup. 

Makara bila file sistem operasi pada partisi utama rusak atau rusak, pengguna tetap sanggup menggunakan Windows yang tersimpan dalam file backup yang ada. Windows 1o sendiri membutuhkan penggunaan sistem GPT semoga sanggup menginstal OS.

Bagaimana dengan pembahasan kita ihwal cara masuk Windows BIOS 10 kali ini? Cukup lengkap kan? Meski cara masuknya agak rumit, namun melihat kelebihan yang dimiliki oleh Windows 10, tidak salah bila Anda menginstal sistem operasi terakhir ini dari Microsoft. Begitu banyak artikel kita kali ini. Semoga sanggup membantu Anda yang ingin masuk ke halaman BIOS di komputer dan laptop yang terinstal Windows 10.

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Masuk Bios Windows 10 (Lengkap)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel