✔ Cara Komplain Ke Bukalapak Terbaru ( Untuk Semua Jenis Dilema )
Cara melaksanakan komplain ke bukalapak yang terbaru ini sanggup anda lakukan dikala di transaksi anda terjadi persoalan menyerupai barang usang hingga kemudian paket yanag diterima tidak sesuai atau rusak pecah dan aneka macam permasalahan lainya.Untuk mengajukan claim anda sanggup panggil buka derma atau melalui CS/customer service.
Tatacara komplain di bukalapak yang baik dan benar harus anda lakukan jikalau menginginkan claiam yang anda usikan sanggup diproses.Untuk langkah-langkahnya bagaimana,saya akan menjelaskanya untuk anda dalam artikel saya kali ini.
Masalah yang biasanya ditemui untuk para penjual di BL antara lain :
Masalah yang sering terjadi dan menimpa pembeli di BL antara lain :
Dari aneka macam persoalan diatas,anda sanggup melaksanakan claim ke pihak BL dengan mematuhi peraturan dan alur yang berlaku.Untuk langkah mengomplain pihak BL,andaharus mempersiapkan beberapa data penting yang akan ditanyakan nantinya,yaitu :
Yang paling gampang dan paling cepat di respon ialah dengan lengsung menelfon kepada pihak CS buka bantuanya.Untuk nomor customer servicenya ialah :
Untuk biaya telfonya tidak gratis atau bebas pulsa yaa,anda harus mempunyai pulsa untuk sanggup melaksanakan telpon kesana.
Setelah terhubung nanti,silahkan utarakan apa persoalan yang anda hadapi kepada pihak BL,biasanya mereka akan meminta nomor transaksi untuk melaksanakan pelacakan ( inilah kenapa saya menyuruh anda untuk mencatat nomor tersebut terlebih dahulu ).
Jika ada alasan tertentu ( entah usang tersambung atau ingin sekedar memastikan saja ) anda tidak sanggup melaksanakan telefon,anda sanggup memakai media email untuk melaksanakan klaimnya.
Untuk alamat email BL ialah sebagai berikut :
Silahkan anda tuliskan permasalahan anda didalam email tersebut dan jangan lupa untuk mencatumkan nomor transaksi anda.Jika anda tidak menuliskanya,nanti akan ditanyakan ( anda jadi dua kali kirim email ).
Jika dua opsi diatas sudah anda lakukan dan ingin lebih memastikanya lagi,anda sanggup juga menghubungi akun media umum resmi milik mereka.Ada 2 akun media umum yag sanggup anda gunakan untuk melaksanakan klaim,yaitu :
Silahkan kirim DM atau pesan ke akun diatas dengan menjelaskan permasalahan anda dengan mencantumkan nomer transaksi anda.
Ketiga langkah diatas ialah langkah yang paling sering dilakukan dan merupakan langkah yang sesuai prosedur.Anda sanggup saja melaksanakan klaim mengunakan metode lainya,TETAPI jikalau tidak direspon,itu anda yang salah yaa ( alasannya ialah tidak mengikuti alur yang benar ).
TAMBAHAN :
Masalah ini biasanya terjadi kepada pihak pembeli,dimana paket yang dterima ternyata tidak sesuai dengan persetujuan jual beli entah itu paketanya rusak,tidak berfungsi,pecah dan lain sebagainya.Jika persoalan ini terjadi,anda sebagai pembeli sanggup melaksanakan komplain LANGSUNG pada form yang sudah disediakan.
Untuk langkahnya ialah sebagai berikut :
Sebenarnya,anda sanggup memakai metode lain selain itu,yaitu : Mengirimkan pesan khusus kepada penjual bahwa unitnya tidak sesuai deskripsi.Anda sanggup melaksanakan diskusi " dua mata " dengan penjual dan mencari solusi terbaik.
Tetapi,jika dengan diskusi baik-baik tidak menemukan titik terang,maka lakukan langakah diatas.
Selanjutnya yang sering sekali tejadi ialah : Paketan yang dikirmkan LAMA SEKALI sampainya. Khusus untuk persoalan ini,pihak BL BUKAN PIHAK yang bertanggung jawab penuh,melainkan ini ialah urusan daripada pihak pengiriman jasa expedisi ( JnT,JNE,Pos Indonesia ataupun jasa expedisi yang lainya ).
Selain lamanya pektan sampai,sering juga terjadi persoalan " salah kirim barang ".Hasilnya,status paket di aplikasi BL tertera sudah terkirim tetapi si pembeli TIDAK MENERIMA barangnya.
Dari aneka macam persoalan tersebut,jika anda ingin melaksanakan klaim,maka lakukan claim ke pihak expedisinya,bukan ke pihak BLnya.Jika anda melaksanakan klaim ke pihak BL,biasanya mereka akan menjawab " itu sepenuhnya menjadi tanggung jawab pihak expedisi ".
Bukan pihak BL lepas tangan yaa,tetapi memang itu semua urusanya pihak pengiriman paket,pihak BL tidak mengurus pengiriman ( hanya sebagai media saja,bukan pelaku pengiriman paket ).
Baca :
Demikian klarifikasi mengenai bagaimana cara untuk melaksanakan komplain di bukalapak dengan langkah yang terbaru.Semoga sanggup membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu. Sumber http://www.pujihartono.id
Tatacara komplain di bukalapak yang baik dan benar harus anda lakukan jikalau menginginkan claiam yang anda usikan sanggup diproses.Untuk langkah-langkahnya bagaimana,saya akan menjelaskanya untuk anda dalam artikel saya kali ini.
Komplain Bukalapak
Bukalapak.com ialah sebuah situs jual beli online yang sanggup anda gunakan untuk membeli barang atau berjualan disana.Dengan kata lain,anda sanggup berperan sebagai pembeli ataupun penjual sebuah produk.
Walaupun memakai media internet untuk melaksanakan kegiatan jual beli,BL atau kepanjangan dari buklapak ini sudah memakai sistem jual beli yang dirancang sedemikian rupa untuk mencegah aneka macam persoalan khususnya penipuan online yang sering sekali menimpa seseorang.
Memang secara garis besar,jika menyampaikan kemananya,BL ini sudah sangat memenuhi keriteria untuk mendapatkan sebutan situs online yang terpercaya dan aman.Hanya saja,walaupun menyerupai itu,masih ada saja beberapa permasalahan yang sering terjadi baik untuk pembeli maupun penjualnya.
Saya akan membaginya menjadi 2 bab untuk langkah melaksanakan klaim kepada pihak bukalapak,yaitu :
- Untuk anda yang berlaku sebagai pembeli
- Untuk anda yang berlaku sebagai penjual
Masalah yang biasanya ditemui untuk para penjual di BL antara lain :
- Pembeli " bandel " ( barang yang didapatkan kondisinya baik tetapi menyampaikan bahwa barangnya tidak berfungsi )
- Bermasalah dikala mengurus saldo toko ( baik itu tidak kunjung masuk saldo ataupun tidak sanggup di cairkan ke rekening bank )
- Barang paketanya usang sekali hingga ( hanya berputar-putar di kawasan tertentu saja ),tetapi ini biasanya masalahnya di jasa expedisi pengirimanya yaa
- Resi yang dimasukan benar tetapi notifikasinya salah
- Harusnya memakai resi otomatis tetapi mengirimnya memakai resi manual
- Lupa pasword akun
- Tidak sanggup edit produk yang di jual ( harga,deskripsi,foto atau yang lainya )
Masalah yang sering terjadi dan menimpa pembeli di BL antara lain :
- Penjual " bandel " ( barang yang dikirm memang tidak sesuai dengan deskripsi )
- Paketanya sampainya lama
- Paketan tertulis sudah terkirim padahal MEMANG BELUM mendapatkan ( biasanya kurirnya salah kirim barang )
- Penjual melaksanakan cancel pesanan TANPA ada pemberitahuan alasan
Cara Melakukan Claim/Komplain di Bukalapak ( Alamat dan Nomor Telepon Customer Service BL )
Dari aneka macam persoalan diatas,anda sanggup melaksanakan claim ke pihak BL dengan mematuhi peraturan dan alur yang berlaku.Untuk langkah mengomplain pihak BL,andaharus mempersiapkan beberapa data penting yang akan ditanyakan nantinya,yaitu :
- Kode atau NOMOR RANSAKSI ( biasanya akan tertera di notifikasi dikala ada pesanan masuk atau dikala anda melaksanakan pemesanan )
1. Menghubungi CS ( Customer Service )
Yang paling gampang dan paling cepat di respon ialah dengan lengsung menelfon kepada pihak CS buka bantuanya.Untuk nomor customer servicenya ialah :
- 021 50813333
Untuk biaya telfonya tidak gratis atau bebas pulsa yaa,anda harus mempunyai pulsa untuk sanggup melaksanakan telpon kesana.
Setelah terhubung nanti,silahkan utarakan apa persoalan yang anda hadapi kepada pihak BL,biasanya mereka akan meminta nomor transaksi untuk melaksanakan pelacakan ( inilah kenapa saya menyuruh anda untuk mencatat nomor tersebut terlebih dahulu ).
2. Mengirimkan E-Mail
Jika ada alasan tertentu ( entah usang tersambung atau ingin sekedar memastikan saja ) anda tidak sanggup melaksanakan telefon,anda sanggup memakai media email untuk melaksanakan klaimnya.
Untuk alamat email BL ialah sebagai berikut :
- cs@bukalapak.com
Silahkan anda tuliskan permasalahan anda didalam email tersebut dan jangan lupa untuk mencatumkan nomor transaksi anda.Jika anda tidak menuliskanya,nanti akan ditanyakan ( anda jadi dua kali kirim email ).
3. Melalui Media Sosial
Jika dua opsi diatas sudah anda lakukan dan ingin lebih memastikanya lagi,anda sanggup juga menghubungi akun media umum resmi milik mereka.Ada 2 akun media umum yag sanggup anda gunakan untuk melaksanakan klaim,yaitu :
- Akun TWITTER di alamat : @billy_care ( yang ada simbil BLnya yaa )
- Akun FACEBOOK di : facebook.com/bukalapak ( yang ada tanda centang di akunya yaa )
Silahkan kirim DM atau pesan ke akun diatas dengan menjelaskan permasalahan anda dengan mencantumkan nomer transaksi anda.
Ketiga langkah diatas ialah langkah yang paling sering dilakukan dan merupakan langkah yang sesuai prosedur.Anda sanggup saja melaksanakan klaim mengunakan metode lainya,TETAPI jikalau tidak direspon,itu anda yang salah yaa ( alasannya ialah tidak mengikuti alur yang benar ).
TAMBAHAN :
Barang Yang Dikirim Tidak Sesuai Deskripsi
Masalah ini biasanya terjadi kepada pihak pembeli,dimana paket yang dterima ternyata tidak sesuai dengan persetujuan jual beli entah itu paketanya rusak,tidak berfungsi,pecah dan lain sebagainya.Jika persoalan ini terjadi,anda sebagai pembeli sanggup melaksanakan komplain LANGSUNG pada form yang sudah disediakan.
Untuk langkahnya ialah sebagai berikut :
- Klik " TERIMA BARANG "
- Anda akan diberikan halaman untuk mengisi feedback ( silahkan isi feedbaknya terserah anda,mau jempol ataupun jempol terbalik )
- Pada bab bawah : JANGAN KLIK SAYA SETUJU......melainkan KLIK KOMPLAIN
- Akan terbuka kolom diskusi disana
- Akan tersedia " pilihan " disana,silahkan anda pilih lasan apa yang menciptakan anda mengajukan komplain
- Silahkan anda upload foto barang yang anda terima
- Kemdudian,anda akan diberikan 3 pilihan penyelesaian,yaitu : Pengembalian,penggantian ataupun penambahan barang ( berhubung ini unitnya tidak sesuai deskripsi,silahkan pilih " pengembalian barang " )
- Centang kolom persetujuan ongkos kirim di bebankan kepada anda
- Klik " kirim kmplain "
- Otomatis,pihak BL akan memberitahu pihak penjual bahwa anda melaksanakan klaim terhadap unit yang penjual kirimkan
- Jika ppihak penjual SETUJU,maka statusnya akan menjadi disetujui dan anda sanggup mengembalikan unitya ke pihak penjual
- Silahkan kirim unitnya kembali ke pihak penjual
- Masukan nomor resi pengiriman
- Tunggu hingga pihak penjual mendapatkan unitnya kembali
- Jika pihak penjual sudah mendapatkan unitnya dan klik " terima barang " maka
- Uang anda sebagai pembeli akan dikembalikan ke saldo BL anda
- Selesai
Sebenarnya,anda sanggup memakai metode lain selain itu,yaitu : Mengirimkan pesan khusus kepada penjual bahwa unitnya tidak sesuai deskripsi.Anda sanggup melaksanakan diskusi " dua mata " dengan penjual dan mencari solusi terbaik.
Tetapi,jika dengan diskusi baik-baik tidak menemukan titik terang,maka lakukan langakah diatas.
Paket Lama Sampai dan Salah Kirim
Selanjutnya yang sering sekali tejadi ialah : Paketan yang dikirmkan LAMA SEKALI sampainya. Khusus untuk persoalan ini,pihak BL BUKAN PIHAK yang bertanggung jawab penuh,melainkan ini ialah urusan daripada pihak pengiriman jasa expedisi ( JnT,JNE,Pos Indonesia ataupun jasa expedisi yang lainya ).
Selain lamanya pektan sampai,sering juga terjadi persoalan " salah kirim barang ".Hasilnya,status paket di aplikasi BL tertera sudah terkirim tetapi si pembeli TIDAK MENERIMA barangnya.
Dari aneka macam persoalan tersebut,jika anda ingin melaksanakan klaim,maka lakukan claim ke pihak expedisinya,bukan ke pihak BLnya.Jika anda melaksanakan klaim ke pihak BL,biasanya mereka akan menjawab " itu sepenuhnya menjadi tanggung jawab pihak expedisi ".
Bukan pihak BL lepas tangan yaa,tetapi memang itu semua urusanya pihak pengiriman paket,pihak BL tidak mengurus pengiriman ( hanya sebagai media saja,bukan pelaku pengiriman paket ).
Baca :
Demikian klarifikasi mengenai bagaimana cara untuk melaksanakan komplain di bukalapak dengan langkah yang terbaru.Semoga sanggup membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu. Sumber http://www.pujihartono.id
0 Response to "✔ Cara Komplain Ke Bukalapak Terbaru ( Untuk Semua Jenis Dilema )"
Posting Komentar