iklan

Cara Budidaya Flora Hidroponik Ulasannya Ada Di Sini

Saat ini cara tanam hidroponik sedang menjadi demam isu pada bidang pertanian. Meskipun bertanam hidroponik sudah dikenal oleh masyarakat dunia dari beberapa tahun yang kemudian namun demam isu cara budidaya tumbuhan hidroponik gres muncul di tahun-tahun terakhir ini. Bertanam dengan hidroponik merupakan sistem bercocok tanam yang lebih memaksimalkan penggunaan air. Seperti yang Anda ketahui, hidroponik juga merupakan cara bercocok tanam tanpa memakai media tanam berupa tanah.


artikel hidroponik lainnya: 7 Langkah Cara Menanam Cabe Hidroponik, Baca Di Sini


Banyak sekali laba yang sanggup Anda peroleh dengan menggunkan metode cara budidaya tumbuhan hidroponik. Selain untuk memaksimalkan lahan yang terbatas, cara tanam hidroponik juga tidak menciptakan kotor daerah atau kebun atau pekarangan rumah Anda. Namun jangan salah, meskipun cara budidaya tumbuhan hidroponik tidak memakai tanah, hasil yang diperoleh sebanding bahkan sanggup lebih anggun dari pada menggunkan tanah. Hasil panen dari bertanam dengan hidroponik sanggup jauh lebih baik kualitasnya bila dirawat dan dipelihara dengan baik dan benar.


Saat ini cara tanam hidroponik sedang menjadi demam isu pada bidang pertanian Cara Budidaya Tanaman Hidroponik Ulasannya Ada Di Sini
Contoh Cara Budidaya Tanaman Hidroponik Rakit Apung

Meskipun hidroponik berasal dari kata hidro yang artinya air atau menanam dengan memakai media air, namun tidak sepenuhnya media bertanam secara hidroponik berupa air. Cara budidaya tumbuhan hidroponik ini juga membutuhkan materi lain sebagai penunjang pertumbuhannya diantaranya sebagai berikut:



  • Sabut kelapa

  • Kerikil

  • Pecahan kerikil karang

  • Pasir

  • Pecahan kerikil apung

  • Busa

  • Batu bata

  • Potongan kayu

  • Dan lain-lain


Sebagai daerah penanaman, Anda sanggup memanfaatkan paralon, botol bekas atau kaleng bekas. Adapun klarifikasi wacana cara budidaya tumbuhan hidroponik dengan memakai botol bekas ialah sebagai berikut.


Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai cara budidaya tumbuhan hidroponik sederhana diantaranya sebagai berikut:



  • Air higienis dan kondusif serta baik bagi pertumbuhan tanaman, tidak terkotori oleh materi kimia atau limbah

  • Nutrisi tumbuhan hidroponik untuk mencukupi kebutuhan unsur hara tumbuhan supaya tetap terpenuhi. Terdapat dua pilihan yaitu dengan membeli di toko-toko yang menyediakan perlengkapan hidroponik atau Anda sanggup membuatnya sendiri.

  • Pastikan media tanam telah terbebas dari zat-zat yang beracun, alasannya nantinya sanggup membahayakan. Media tanam yang baik sebaiknya dipilih yang sanggup menjaga kelembaban udara di dalamnya. Media tanam juga harus mempunyai drainase yang anggun supaya sanggup menjaga ketersediaan unsur hara di dalamnya.

  • Pastikan tumbuhan yang ditanam nantinya mendapat oksigen yang cukup untuk pertumbuhannya, alasannya oksigen sangat diharapkan untuk pertumbuhan tanaman. Jika kekurangan oksigen, maka tumbuhan sanggup mengalami kelayuan.


Persiapan media tanam


Sebelum memulai cara budidaya tumbuhan hidroponik dengan memakai botol bekas, hal–hal yang harus dipersiapkan untuk menciptakan hidroponik sederhana ini diantaranya adalah:



  • Siapkan botol dari bekas air mineral, potong menjadi dua penggalan yaitu penggalan atas dan penggalan bawah.

  • Berikan lubang dengan diameter 1 cm pada kedua potongan botol tersebut yang nantinya di gunakan untuk memperlihatkan nutrisi hidroponik.

  • Apabila Anda memakai hidroponik sistem sumbu maka berikan lubang di penggalan tengah dari tutup botol tersebut. Untuk pelubangan Anda sanggup memakai paku. Setelah di lubangi pasanglah sumbu pada lubang tersebut, sumbu yang dipakai sanggup berupa sumbu kompor, kain bekas, kapas atau dengan memakai kain flanel yang mempunyai daya serap yang tinggi.

  • Selain sistem sumbu, Anda sanggup menggunkan sistem apung. Sistem ini tidak membutuhkan sumbu, Anda hanya cukup membuka tutup botol supaya akar sanggup menembus lubang pada tutup botol dan mendapat asupan nutrisi yang ditempatkan pada potongan botol penggalan bawah.

  • Sistem apung ataupun sistem sumbu yang nantinya Anda pilih sama-sama menempatkan nutrisi pada botol penggalan bawah dan sebaiknya mengisi nutrisi kedalam botol penggalan bawah terlebih dahulu sebelum kedua penggalan tersebut di jadikan satu.

  • Cara budidaya tumbuhan hidroponik selanjutnya ialah menyatukan kedua potongan tersebut yaitu dengan membalik posisi potongan penggalan atas yang ada tutup botolnya menghadap ke bawah.

  • Setelah di balik isilah dengan media penunjang yaitu kerikil, sekam, sabut kelapa, pasir, potongan kerikil bata dan sebagainya ke dalam potongan botol penggalan atas.


Penyemaian benih


Langkah berikutnya cara budidaya tumbuhan hidroponik ialah penyemaian. Sebelum dilakukan penyemaian sebaiknya pilihlah bibit yang berkualitas. Berikut cara penyemaian yang sanggup Anda lakukan:



  • Penyemaian dilakukan pada rockwool. Rockwool ialah semacam busa yang terbuat dari batuan vulkanik yang mengalami proses pemanasan sedemikian rupa sehingga membentuk suatu serat-serat yang steril dari hama. Rockwool juga sangat baik dalam menyerap air.

  • Setelah disemaikan dan tumbuh daun hingga 3-4 helai daun, maka lakukan pemindahan ke media tanam hidroponik.


Penanaman


Adapun cara budidaya tumbuhan hidroponik berikutnya ialah penanaman. Tata cara tanam hidroponik ialah sebagai berikut:



  • Apabila Anda menanam tumbuhan dengan cara budidaya tumbuhan hidroponik biasa maka siramlah dengan memakai larutan nutrisi ketika pagi dan sore hari. Namun bila memakai sistem apung maupun sistem sumbu, yang perlu diperhatikan hanyalah banyaknya larutan nutrisi dalam botol. Selain itu adanya hama maupun gulma sanggup Anda kontrol secara bersiklus dan tidak perlu dilakukan setiap hari. Hal ini lebih mudah dibandingkan menanam dengan cara biasa.

  • Pastikan tumbuhan mencapat sinar matahari yang cukup. Akan tetapi jangan hingga terkena hujan. Untuk solusinya ialah sanggup memakai atap plastik yang bening dan sebagainya.

  • Pada umumnya 30 hari sehabis tanam, tumbuhan dalam hidroponik ini sudah sanggup Anda panen.


Saat ini cara tanam hidroponik sedang menjadi demam isu pada bidang pertanian Cara Budidaya Tanaman Hidroponik Ulasannya Ada Di Sini
Alat hidroponik sederhana

Cara budidaya tumbuhan hidroponik sangatlah gampang untuk dijalankan. Apabila Anda ialah seorang ibu rumah tangga maka bertanam dengan hidroponik sederhana ini sanggup mengemat uang belanja Anda. Sebab kebanyakan tumbuhan hidroponik ialah berupa sayuran sehingga Anda tidak perlu belanja sayuran lagi. Selamat mencoba dan biar sukses.


artikel hidroponik terkait: 7 Langkah Ampuh Pemasaran Sayuran Hidroponik


sumber gambar: imgrum, justmyhobby, benihinfo




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Budidaya Flora Hidroponik Ulasannya Ada Di Sini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel