iklan

Budidaya Pakan Hijau Pilihan Rumput Gajah Odot Baca Disini

Alternatif pakan pilihan dalam bentuk hijauan yang banyak dianjurkan oleh kalangan kelompok tani sapi yaitu rumput gajah odot. Rumput gajah odot yaitu jenis rumput pakan ternak hijauan yang terhitung masih gres di Indonesia. Rumput ini berasal dari Negara Amerika Serikat, rumput dengan nama latin Pennisetum purpureum cv. Mott ini konon masih satu jenis dengan rumput gajah. Yang membedakannya yaitu rumput gajah odot tumbuh pendek dan memiliki ketinggian mencapai satu meter, memiliki batang yang lunak dan tidak berbulu.


artikel terkait pakan ternak: Pakan Ternak Kambing Mineral Block Gizi Tinggi


Untuk menghasilkan produksi rumput gajah odot secara maksimal, maka ada beberapa langkah yang mesti Anda perhatikan.


Pemilihan Lokasi Budidaya


Ada beberapa faktor yang mesti Anda perhatikan dalam pemilihan lokasi penanaman budidaya jenis rumput odot ini.



  • Tingkat kesuburan tanah dan topografi. Lahan subur yang tidak lagi Anda manfaatkan untuk menanam komoditi pangan bisa dimanfaatkan untuk lahan penanaman rumput gajah odot. Untuk penanaman rumput ini hendaknya Anda lengkapi dengan pengolahan lahan yang benar dan pemupukan dengan menyesuaikan dari topografi lahan yang digunakan.

  • Adanya sumber air. Air merupakan sarana bagi rumput ini supaya bisa mendapat unsur hara di dalam tanah yang nantinya akan disebarkan keseluruh bab tanaman. Unsur hara ini diharapkan sebagai materi baku proses fotosintesis yang berkhasiat untuk kelangsungan produksi rumput gajah odot.


Pemilihan Bibit/Benih


Hendaknya Anda menentukan bibit rumput yang berkualitas. Dengan bibit rumput yang bermutu baik, maka akan menghasilkan hijauan pakan ternak yang berkualitas juga. Adapun keunggulan dari rumput pakan ternak ini adalah:



  • Rumput gajah odot sangat gampang untuk menyesuaikan dengan lingkungan kondisi sekitarnya.

  • Rumput odot sangat gampang untuk dikembangkan atau dibudidayakan.

  • Tanaman ini yaitu salah satu pakan dengan kualitas terbaik dan sudah terbukti bisa menjaga kualitas ternak sapi Anda.


Agar Anda bisa menghasilkan produksi rumput gajah ini dengan kualitas terbaik, maka materi baku yang dipakai untuk bibit tumbuhan bisa berasal dari stek dan stolon. Stek tumbuhan ini bisa Anda ambil dari batang rumput gajah odot yang sudah memiliki dewasa untuk Anda gunakan sebagai bibit tanaman. Untuk stek rumput, kondisi batang sudah Anda potong dengan ukuran 20 – 30 cm yang terdiri dari 2 – 3 ruas batang rumput. Sedangkan stolon yaitu kepingan batang rumput yang menjalar pada permukaan tanah dengan membentuk tunas atau anakan.


Alternatif pakan pilihan dalam bentuk hijauan yang banyak dianjurkan oleh kalangan kelompo Budidaya Pakan Hijau Pilihan Rumput Gajah Odot Baca Disini
Bibit rumput gajah odot

Pengelolaan Tanah dan Proses Penanaman


Keberhasilan budidaya rumput gajah odot tergantung dari cara pengolahan tanah pada lahan dan waktu yang sempurna pada proses penanaman rumput. Adapun beberapa tahap pengolahan lahan dan proses penanaman rumput odot yaitu sebagai berikut:



  • Penanaman rumput gajah odot sebaiknya dilakukan sempurna pada ketika animo penghujan.

  • Anda harus memperhitungkan jarak waktu dalam pengolahan lahan dengan waktu penanaman rumput odot.

  • Adapun proses pengolahan lahan rumput gajah odot sanggup Anda lakukan dengan 4 cara berikut. 1) Bersihkanlah lahan dari gulma yang sanggup mengganggu pertumbuhan tumbuhan rumput Anda. Bersihkan juga semak belukar disekitar lahan. 2) Lakukan pencangkulan pada tanah untuk menggemburkan. Pencangkulan bisa Anda lakukan pada lahan yang tidak terlalu luas. Tetapi kalau lahan yang akan Anda gunakan memiliki luas yang besar, maka Anda bisa melaksanakan pembajakan. 3) Tujuan dari penggemburan tanah yaitu untuk menghancurkan bongkahan – bongkahan tanah yang keras supaya menjadi tanah yang lunak sehingga tumbuhan bisa dengan gampang menyerap unsur hara. Pada lahan yang miring penggemburan dilakukan dengan menyesuaikan kondisi pada lahan. Pada ketika proses penggemburan Anda bisa melaksanakan pemupukan dasar. 4) Pemupukan dasar bisa Anda lakukan dengan memakai pupuk NPK dengan rincian setiap hektarnya membutuhkan 80 kg TSP, 60 kg KCL dan 110 kg Urea. Setelah Anda melaksanakan pemupukan dasar kemudian diamkan lahan selama 7 hari.

  • Metode penanaman rumput gajah odot dilakukan secara stek dan stolon. Cara stek dilakukan dengan cara memasukkan kurang lebih 30 % dengan kemiringan 30 derajat. Untuk penanaman model stolon caranya yaitu dengan menimbun bab stolon yang berjarak 30 – 50 cm dari buku. Untuk jarak tanam Anda bisa memakai variasi 90 x 60 cm, 90 x 90 cm dan 60 x 120 cm.


Perawatan Tanaman


Adapaun beberapa aktivitas perawatan rumput pakan ternak ini yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan produksi rumput gajah odot yaitu sebagai berikut:



  • Lakukan pendangiran. Pendangiran dilakukan sebanyak 3 – 4 kali dalam setahun atau bisa juga dilakukan pada ketika aktivitas pemangkasan. Pendangiran rumput gajah odot bisa Anda lakukan dengan dua cara. Cara pertama yaitu membersihkan tumbuhan liar gres kemudian menggemburkan tanah sekitar tanaman. Sedangkan cara yang kedua yaitu pribadi melaksanakan pencangkulan disekitar tumbuhan rumput gajah odot.

  • Pemupukan dilakukan dengan tujuan untuk menambah zat – zat yang diharapkan tanaman. Selain itu pemupukan dilakukan untuk mempertahankan kesuburan dan memperbaiki struktur tanah.

  • Lakukan pengairan sesudah 7 hari pasca pemupukan. Jangan lakukan pengairan hingga air menggenang alasannya yaitu akan menjadikan ajal pada tumbuhan rumput odot Anda.


Alternatif pakan pilihan dalam bentuk hijauan yang banyak dianjurkan oleh kalangan kelompo Budidaya Pakan Hijau Pilihan Rumput Gajah Odot Baca Disini
Penanaman stek bibit rumput gajah odot

Pemanenan Rumput


Panen harus dilakukan sempurna waktu. Jika waktu tidak sempurna atau melebih waktu yang ditentukan maka akan kuat terhadap kandungan gizi rumput gajah odot. Dianjurkan untuk melaksanakan panen pertama pada ketika umur tumbuhan berkisar 60 – 70 hari sesudah tanam. Pada panen selanjutnya kalau animo penghujan maka panen sanggup dilakukan pada umur 40 – 45 hari. Sedangkan pada animo kemarau panen rumput bisa dilakukan pada ketika 50 – 55 hari. Kami sarankan memakai sabit yang tajam untuk melaksanakan panen. Lakukan pemotongan ketika posisi daun bersentuhan dengan tanah, hal ini dimaksudkan supaya merangsang munculnya tunas – tunas baru.


Peremajaan Tanaman


Lakukan peremajaan pada tumbuhan rumput gajah odot Anda ketika berumur 3 – 4 tahun. Peremajaan bisa dilakukan secara bertahap. Caranya yaitu dengan menanam stek atau stolon gres diantara tumbuhan lama. Setelah tanamam dari setek atau stolon gres tumbuh makan lakukan pembongkaran pada tumbuhan lama. Lakukan seterusnya, sehingga kebutuhan rumput gajah odot tetap terus tersedia sepanjang waktu.


Pakan ternak alternatif: Mengubah Keong Menjadi Pakan Ternak Berkualitas


sumber gambar: tokoternak, bukalapak, lembahgoganti




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Budidaya Pakan Hijau Pilihan Rumput Gajah Odot Baca Disini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel