iklan

✔ Berkas Kelengkapan Atau Lampiran Surat Lamaran Kerja Via Email

Berkas kelengkapan atau lampiran file didalam surat lamaran kerja via email merupakan salah satu point terpenting selain cara mengirim yang baik dan benar.Kenapa attachment ini menjadi sangat penting? Karena disinilah anda akan dinilai dan bersaing dengan pelamar yang lainya.

Berkas kelengkapan atau dokumen lampiran surat lamaran kerja via email terbagi menjadi 2 bab yaitu file UMUM dan KHUSUS.Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskanya untuk anda secara lengkap dan detail biar anda dapat lebih mengerti.


Dokumen Surat Lamaran Kerja Via Email



Berkas kelengkapan atau lampiran file didalam surat lamaran kerja via email merupakan sala ✔ Berkas Kelengkapan atau Lampiran Surat Lamaran Kerja via Email






Lampiran/dokumen/berkas/attachment yaitu sebuah file yang dikirimkan memakai email dengan maksud atau tujuan tertentu.Untuk pelamar kerja,hal ini dilakukan untuk memperlihatkan rujukan kepada sebuah perusahaan dengan memperlihatkan file yang diminta sebagai sebuah persyaratan melamar pekerjaan disana.

Dalam hal ini,ada beberapa point yang perlu anda perhatikan,antara lain :

  • Fungsinya apa
  • Berkasnya apa saja
  • Apa yang boleh dan dihentikan dilakukan

Dan beberapa hal lain yang perlu anda fahami biar selain anda mengerti,anda tidak lagi melaksanakan kesalahan di waktu yang akan datang.Ok,kita mulai pembahasan kali ini.


Tujuan dari melampirkan berkas/dokumen apa?


Pertama yang akan saya bahas yaitu tujuan atau fungsi dari melampirkan file-file ini.Secara garis besar,maksud dan tujuanya yaitu sebagai berikut :
  • Sebagai materi untuk penilaian/penyeleksian pihak HRD
  • Sebagai point " utama " untuk anda bersaing dengan pelamar lainya

Bahan penyeleksian HRD maksudnya yaitu : File yang anda berikan akan menjadi materi pertimbangan pihak perusahaan/PT apakah anda layak untuk diterima ataukah tidak.

Dalam memilih anda layak diterima bekerja atau tidak ada banyak faktor,antara lain : Kesesuaian berkas yang anda kirim dengan persyaratan,nilai atau bobot file yang anda kirim,skill yang anda miliki dan beberapa hal lain yang akan dijadikan materi pertimbangan oleh pihak peyeleksi.

Sementara sebagai point utama persaingan,maksudnya yaitu : Sudah niscaya saat ada sebuah lowonga kerja via email,akan banyak pelamar yang mendaftarkan diri.Tidak hanya puluhan,bahkan mungkin ratusan pelamar akan mengirimkan dan mendaftar bukan?

File yang anda kirimkan akan di " compare/dibandingkan " dengan pelamar yang lainya.Inilah kenapa,file yang anda berikan harus anda perhatikan dengan baik alasannya jikalau anda hanya asal-asalan saja,maka anda akan kalah bersaing dengan pelamar lainya.


Point penting yang harus diperhatikan


Selanjutnya,anda harus tahu hal penting apa yang harus anda perhatikan saat memutuskan untuk mengirimkan surat lamaran pekerjaan melalui email,antara lain :
  • File yang anda kirimkan harus sesuai atau mengikuti isyarat persyaratan yang biasanya akan dilampirkan dalam isu lowongan kerjanya
  • Perhatikan ukuran filenya ( dihentikan terlalu besar,karena akan di " skip " oleh pihak HRD soalnya saat ia membuka file anda,akan usang dan memakan waktu )
  • Perhatikan KUALITAS file yang anda kirimkan,walaupun ukuranya anda buat kecil,TETAPI anda wajib untuk tetap memperhatikan kualitas gambar tampilanya )

Yang menjadi problem biasanya : Persyaratan TIDAK SELALU dilampirkan dalam info lowonganya,jadi sebagai pelamar sedikit kebingungan untuk mengirimkan file apa saja.Untuk point ini,saya akan menjelaskanya khusus untuk anda.


Berkas/lampiran/dokumen surat lamaran kerja lewat email khusus ( mengikuti isyarat )


Pembahasan yang akan saya jelaskan pertama kali ini yaitu untuk YANG file lampiranya sudah ditentukan dalam info lowongan.Mungkin anda sudah familiar dengan bentuk info lowongan pekerjaan ibarat ini :




Berkas kelengkapan atau lampiran file didalam surat lamaran kerja via email merupakan sala ✔ Berkas Kelengkapan atau Lampiran Surat Lamaran Kerja via Email



Seperti yang anda lihat di gambar tersebut ( khususnya pada bab yang saya garis merah ),pihak perusahaan sudah memperlihatkan isyarat file apa yang harus anda lampirkan.Anda hanya perlu mengikutinya saja sesuai undangan perusahaan/PT tersebut.

Hanya saja,ada hal lain yang harus anda perhatikan yaitu : Ukuran file dan kualitasnya.Dua hal tersebut jangan hingga anda lupakan alasannya hal itu juga sangat penting ( penjelasnya sudah saya berikan di paragraf atas ).


Berkas/dokumen untuk surat lamaran kerja via email yang umum dipakai ( tidak ada isyarat dari perusahaan )


Berikutnya yaitu untuk anda yang ingin mengirimkan lamaran pekerjaan TETAPI pihak perusahaan/PT tidak memperlihatkan isyarat untuk mengirimkan file apa.Jika memang ibarat itu,berkas atau dokumen yang harus dilampirkan dalam surat lamaran kerja via email yaitu sebagai berikut :
  1. Scan ijasah orisinil ( usahakan selalu scan yang sudah dilegalisir,pasti dilegalisir kalau orisinil )
  2. Scan SKHUN ( yang dilegalisir juga )
  3. Scan KTP  asli
  4. Scan SKCK orisinil yang masih berlaku ( surat kelakukan baik dari kepolisian yang dilegalisir )
  5. Scan kartu oencari kerja/kartu kuning/AK 1 orisinil ( yang dlegalisir )
  6. Scan Daftar rimayat hidup orisinil ( kalau dapat yang anda buat sendiri dengan goresan pena tangan,jangan beli yang sudah jadi )
  7. Scan transkrip nilai yang asli
  8. Scan Surat keterangan sehat dari dokter ( dilegalisir dan masih berlaku )
  9. Scan Surat lamaran kerja anda ( yang anda tulis tangan atau ketik )
  10. Scan Sertifikat penduung lainya



Maksudnya legalisir itu apa?

Yang saya maksudkan dengan legalisir yaitu : Ada tanda tangan dan cap stempel dari dinas terkait atau forum yang mengeluarkan surat tersebut.Biasanya sebuah berkas YANG ASLI,akan selalu ada cap stempel dan tanda tangan pihak terkait.

Fotokopianpun otomatis akan ada alasannya mengcopy file aslinya,hanya saja jikalau fotokopian,maka stempel dan tanda tanganya juga fotokopian.Dengan melaksanakan legalisir fotokopian ( menandatangani dan di cap stempel ulang ),anda akan memperlihatkan bukti bahwa berkas tersebut asli.



Kenapa harus memakai yang dilegalisir?

Sebenarnya tidak ada peraturan mutlak yang mengharuskan ibarat itu,semua itu dilakukan hanya untuk memperlihatkan " kepercayaan " kepada HRD bahwa file yang anda kirimkan yaitu ASLIdan VALID.

Masih ingat yang saya katakan sebelumnya,bahwa anda tidak hanya bersaing dengan puluhan pelamar,melainkan ratusan pelamar pekerjaan yang lainya.Dengan memperlihatkan file yang dilegalisir,secara tidak eksklusif anda akan memperoleh " point plus " dimata HRDnya.


Yang discan apa harus yang aslinya?

Anda dapat memakai yang fotokopi,tetapi sekali lagi saya tekankan : Harus yang dilegalisir.Itupun kalau memang keadaan sangat memaksa anda untuk memakai fotokopian.Jika yang ASLI ADA,maka selalu gunakan scan berkas yang aslinya.

Ingat yaa,keaslian berkas sangat kuat terhadap evaluasi seleksi HRD.Jika anda pertanyaan berkaitan dengan ini,SILAHKAN TANYAKAN DI KOMENTAR.


Yang dihentikan dilakukan/dikirim apa saja?


Berikutnya yaitu hal yang dihentikan dilakukan atau dikirimkan saat mengirimkan surat lamaran pekerjaan memakai media email bauk gmail ataupun yahoo,antara lain :
  • Tidak boleh mengupload file palsu ( mungkin HRD dapat anda kelabuhi,tetapi jikalau hingga ketahuan,maka anda akan berurusan degan aturan dan jeruji besi )
  • Ukuran e-mail anda JANGAN TERLALU BESAR ( usahakan ukuranya dibawah 300kb ) untuk keseluruhan
  • Jangan kirimkan file yang gambar atau kualitasnya buruk ( ini untuk kebaikan anda sendiri,daripada lamaran anda dibuang sia-sia )
  • Hindari penggunaan kalimat tidak etis dalam body e-mail
  • Perhatikan " tanggal kadaluarsa " setiap file/berkas yang anda kirimkan ( jangan kirimkan file yang sudah expired )
  • Jika anda mengunggah sertifikat,maka pastikan yang anda ungah yaitu akta YANG TERKAIT PERUSAHAAN ( jangan kirimkan akta memasak saat anda melamar sebagai tekhnisi mesin )

BACA :






Demikian pembahasan perihal berkas/dokumen/file yang perlu dilampirkan di surat lamaran kerja lewat email.Semoga dapat membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.
Sumber http://www.pujihartono.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Berkas Kelengkapan Atau Lampiran Surat Lamaran Kerja Via Email"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel