iklan

Bagian, Tampilan, Dan Pengenalan Spss

Seperti tutorial sebelumnya yang kita ketahui kepanjangan SPSS ialah Statistical Package for the Social Sciences. Pada artikel ini masih membahas pengenalan SPSS khususnya bagian-bagian tampilan atau user interface. Dalam penggunaannya, perangkat lunak menjalankan beberapa jendela agenda (window) untuk melaksanakan suatu analisis data. Berikut beberapa tampilan dan bagian-bagian dari jendela (window) SPSS,

Artikel terkait: Apa itu SPSS dan Fitur Dasarnya?

  1. Dialog IBM SPSS Statistics

    Seperti tutorial sebelumnya yang kita ketahui kepanjangan SPSS ialah  Bagian, Tampilan, dan Pengenalan SPSS

    Jendela ini secara default ditampilkan ketika pengguna membuka perangkat lunak SPSS. Dialog ini menyediakan beberapa kolom shortcut, yaitu

    • New Files: untuk menciptakan file baru.
    • Recent Files: untuk membuka file yang terakhir digunakan.
    • What’s New: untuk menampilkan fitur gres yang disediakan SPSS.
    • Modules and Programmability: untuk menampilkan module dan agenda yang terinstall pada SPSS yang terinstall dan tidak terinstall.
    • Tutorials: untuk membuka tutorial yang disediakan perangkat lunak SPSS.
    • Checkbox Don’t show this obrolan in the future dipakai untuk berhenti menampilkan obrolan IBM SPSS Statistics ketika membuka perangkat lunak SPSS.
  2. Data Editor

    Seperti tutorial sebelumnya yang kita ketahui kepanjangan SPSS ialah  Bagian, Tampilan, dan Pengenalan SPSS

    Data Editor ialah jendela utama dari perangkat lunak SPSS yang terdiri dari Data View dan Variable View. Data dan variabel ditampilkan dalam bentuk spreadsheet sama halnya dengan Microsoft Excel.

  3. Output Viewer

    Seperti tutorial sebelumnya yang kita ketahui kepanjangan SPSS ialah  Bagian, Tampilan, dan Pengenalan SPSS

    Output Viewer ialah jendela yang ditampilkan secara otomatis untuk menampilkan log, hasil analisis, deskriptif, dan lain-lain. Saat pengguna menciptakan file gres atau membuka file, output viewer untuk data tersebut juga otomatis terbuka.

    Output Viewer dibagi menjadi 2 bagian, yaitu bab kanan dan kiri. Bagian kiri menampilkan garis-garis besar output yang telah dibentuk menyerupai daftar isi sebuah buku. Bagian kanan menampilkan isi dari output yang telah dikeluarkan.

    Pengguna juga sanggup menyimpan hasil output dalam bentuk file dengan ekstensi dot spv. Selain itu, juga tersedia versi lain untuk menyimpan output file menyerupai ekstensi lain menyerupai pdf, doc, dan html dengan melaksanakan export. Klik File > Export.

  4. Syntax Editor

    Seperti tutorial sebelumnya yang kita ketahui kepanjangan SPSS ialah  Bagian, Tampilan, dan Pengenalan SPSS

    Syntax Editor ialah jendela yang dipakai untuk memasukkan syntax SPSS secara manual untuk melaksanakan analisis data sampai menciptakan agenda kustom. Untuk membuka Syntax Editor klik File › New › Syntax.

    Syntax Editor dibagi menjadi 2 bagian, yaitu bab kiri dan kanan. Bagian kiri memperlihatkan garis besar dari syntax yang ditulis. Bagian ini mempermudah pengguna untuk berpindah dari suatu bab ke bab lainnya lebih cepat. Sedangkan, bab kanan memperlihatkan syntax secara langsung.

Baca juga tutorial lainnya: Daftar Isi Tutorial SPSS


Sekian artikel Bagian, Tampilan, dan Pengenalan SPSS. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai Fans Page Advernesia. Terima kasih…


Sumber https://www.advernesia.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bagian, Tampilan, Dan Pengenalan Spss"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel