iklan

Apa Itu Machine Learning Dan Cara Kerjanya

A. Apa itu Machine Learning?

Machine learning ialah aplikasi dari disiplin ilmu kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang memakai teknik statistika untuk menghasilkan suatu model otomatis dari sekumpulan data, dengan tujuan memperlihatkan komputer kemampuan untuk “belajar”. Pembelajaran mesin atau machine learning memungkinkan komputer mempelajari sejumlah data (learn from data) sehingga sanggup menghasilkan suatu model untuk melaksanakan proses input-output tanpa memakai aba-aba kegiatan yang dibentuk secara eksplisit. Proses mencar ilmu tersebut memakai algoritma khusus yang disebut machine learning algorithms. Terdapat banyak algoritma machine learning dengan efesiensi dan spesifikasi kasus yang berbeda-beda.

B. Konsep Dasar dan Cara kerja Machine Learning

Secara mendasar cara kerja machine learning ialah mencar ilmu ibarat insan dengan memakai contoh-contoh dan sesudah itu barulah sanggup menjawab suatu pertanyaan terkait. Proses mencar ilmu ini memakai data yang disebut train dataset. Berbeda dengan kegiatan statis, machine learning diciptakan untuk membentuk kegiatan yang sanggup mencar ilmu sendiri.

 ialah aplikasi dari disiplin ilmu kecerdasan buatan  Apa itu Machine Learning dan Cara Kerjanya

Dari data tersebut, komputer akan melaksanakan proses mencar ilmu (training) untuk menghasilkan suatu model. Proses mencar ilmu ini memakai algoritma machine learning sebagai penerapan teknik statistika. Model inilah yang menghasilkan informasi, kemudian sanggup dijadikan pengetahuan untuk memecahkan suatu permasalahan sebagai proses input-output. Model yang dihasilkan sanggup melaksanakan pembagian terstruktur mengenai atau pun prediksi kedepannya.

Untuk memastikan efesiensi model yang terbentuk, data akan dibagi menjadi data pembelajaran (train dataset) dan data pengujian (test dataset). Pembagian data yang dipakai bervariasi bergantung algoritma yang digunakan. Pada umumnya train dataset lebih banyak dari test dataset, contohnya dengan rasio 3:1. Test dataset digunakan untuk menghitung seberapa efesien model yang dihasilkan untuk melaksanakan pembagian terstruktur mengenai atau prediksi kedepannya yang disebut test score. Semakin banyak data yang digunakan, test score yang dihasilkan semakin baik. Nilai test score berada dalam rentang 0-1.

Baca juga: K Nearest Neighbor – Algoritma Machine Learning yang Paling Sederhana 

C. Metode Algoritma Machine Learning

  1. Supervised machine learning algorithms

    Supervised machine learning ialah algoritma machine learning yang sanggup menerapkan isu yang telah ada pada data dengan memperlihatkan label tertentu, contohnya data yang telah diklasifikasikan sebelumnya (terarah). Algoritma ini bisa memperlihatkan sasaran terhadap output yang dilakukan dengan membandingkan pengalaman mencar ilmu di masa lalu.

  2. Unsupervised machine learning algorithms

    Unsupervised machine learning ialah algoritma machine learning yang dipakai pada data yang tidak memiliki isu yang sanggup diterapkan secara eksklusif (tidak terarah). Algoritma ini diperlukan bisa menemukan struktur tersembunyi pada data yang tidak berlabel.

  3. Semi-supervised machine learning algorithms

    Semi-supervised machine learning ialah algoritma yang dipakai untuk melaksanakan pembelajaran data berlabel dan tanpa label. Sistem yang memakai metode ini sanggup meningkatkan efesiensi output yang dihasilkan.

  4. Reinforcement machine learning algorithms

    Reinforcement machine learning ialah algoritma yang memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan proses mencar ilmu yang dilakukan, algoritma ini akan memperlihatkan poin (reward) ketika model yang diberikan semakin baik atau mengurangi poin (error) ketika model yang dihasilkan semakin buruk. Salah satu penerapannya ialah pada mesin pencari.

Referensi

Ralf Herbrich & Thore Graepel. 2018. INTRODUCTION TO MACHINE LEARNING with APPLICATIONS in INFORMATION SECURITY. California: CRC Press

Hak Cipta Diagram: Teradata Corporation

Baca juga tutorial lainnya: Daftar Isi Machine Learning


Sekian artikel Apa itu Machine Learning dan Cara Kerjanya. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai Fans Page Advernesia. Terima kasih…


Sumber https://www.advernesia.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Itu Machine Learning Dan Cara Kerjanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel