iklan

3 Cara Overclock Processor Amd Yang Harus Diperhatikan

3 Cara Overclock Processor AMD yang Harus Diperhatikan - Overclock yaitu kegiatan untuk mengatur beberapa pengaturan pada prosesor semoga bisa diupgrade ke kemampuan maksimalnya. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah profesional di bidang komputer.

Dengan overclock, pengguna komputer bisa mendapat kinerja komputer yang lebih baik meski memakai komponen yang bahwasanya kinerjanya normal.

Overclock sangat dekat kaitannya dengan gamer, alasannya yaitu gamer menginginkan tampilan game yang diputar lebih terlihat dan tidak bermasalah.

Komponen komputer yang menjadi objek untuk peningkatan kinerja yaitu prosesor. Salah satu merek prosesor yang ada di pasaran ketika ini yaitu AMD.

 Cara Overclock Processor AMD yang Harus Diperhatikan 3 Cara Overclock Processor AMD yang Harus Diperhatikan
AMD


Untuk meningkatkan kinerja prosesor AMD semoga bisa mencocokkan performa prosesor terbaru, Anda bisa melaksanakan beberapa cara overclocking yang akan kita bahas di bawah ini.

Namun, sebelum Anda memulai overclocking, dengan metode apa pun yang Anda tahu, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui.

Anda harus tahu bahwa overclocking prosesor mempunyai risiko sangat rentan dan bisa mengakibatkan masalah. Yang pasti, dengan overclocking pada prosesor akan menciptakan Anda kehilangan garansi.

Kedua, langkah overclocking ini bisa menciptakan laptop Anda rusak permanen jikalau tidak dilakukan dengan hati-hati.

Makara jikalau Anda tidak siap menghadapi risikonya, kami sarankan semoga Anda meninggalkan niat Anda sebelum melangkah terlalu jauh.

Selain itu, ada beberapa hal perihal artikel ini, diantaranya:

Kami tidak bertanggung jawab jikalau kita overclock prosesor AMD yang kita bahas mengakibatkan laptop atau komputer Anda rusak, meledak, terbakar, atau kerugian lainnya.

Jika Anda melaksanakan semua langkah dalam artikel ini, maka kami menganggap Anda sudah familiar dengan kemungkinan risiko.

Sebelum Anda melaksanakan overclock, jangan ragu untuk membaca hal-hal yang berkaitan dengan batasan setting yang mungkin pada prosesor AMD Anda di situs resmi AMD. Temukan juga gosip perihal modul RAM yang Anda gunakan.

Untuk mendapat gosip rinci perihal prosesor dan RAM, Anda bisa mend0wnl0ad beberapa perangkat lunak ibarat CPU-Z atau Speccy. Loh, kenapa RAM juga harus diperhatikan juga?

Sebagai gosip Anda, ketika Anda overclock prosesor, maka secara otomatis RAM yang ada di komputer Anda harus overclock juga.

Nah, berikut beberapa cara overclocking prosesor AMD yang bisa Anda ikuti.

1. Cara Overclock Laptop Processor Dengan Mengatur Setting BIOS
Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk meng-overclock prosesor AMD yaitu dengan menyesuaikan setting BIOS pada laptop atau komputer Anda. Ternyata, ada beberapa setting di BIOS yang bisa Anda gunakan untuk overclock pada prosesor AMD Anda. Berikut yaitu langkah-langkahnya:

Masuklah ke BIOS dengan menekan F1, F2, F8, atau Delete, tergantung pada merek laptop atau komputer yang Anda gunakan. Jika Anda tidak menemukan tombol khusus, lihat manual laptop atau komputer Anda atau Anda bisa mencari tahu melalui internet.

Sebagian besar laptop dan komputer mempunyai tombol go-to BIOS, itu saja, jikalau bisa Anda katakan.

Cari tab sajian untuk pengaturan CPU
Beberapa jenis laptop atau komputer memungkinkan penggunanya mengakses setting yang lebih kompleks. Jika Anda tidak bisa atau lebih tepatnya tidak overclock melalui BIOS, silahkan lanjutkan ke cara lain.

Aktifkan CPU Host Clock Controller atau sejenisnya pada halaman pengaturan CPU. Jika sudah ditemukan, coba naikkan frekuensi CPU sekitar 5 persen dan simpan pengaturannya.

Restart laptop atau komputer Anda dan periksa apakah ada duduk masalah dengan kestabilannya. Jika sehabis pemakaian normal sekitar 5 hingga 10 menit tidak ada yang aneh, Anda bisa mengulangi lagi langkah ketiga di atas dengan menaikkan susunan sekitar 20 persen.

Setelah itu, amati lagi apakah ada tanda-tanda absurd ibarat suhu yang berlebihan, aplikasi sering mogok, atau tiba-tiba muncul layar biru. Jika Anda pernah mengalami tanda-tanda ini, segera matikan laptop Anda sesegera mungkin. Kemudian masuk lagi BIOS, dan kurangi frekuensi CPU hingga 5 persen.

Pastikan Anda tidak mengalami tanda-tanda apapun komputer tidak bisa masuk BIOS jikalau melaksanakan cara ini.

2. Overclock Prosesor Laptop Dengan Perangkat Lunak Pihak Ketiga
Sebenarnya, cara overclock prosesor laptop dengan software pihak ketiga kurang lebih sama ibarat cara pertama di atas, yaitu ketika Anda melakukannya dengan mengganti beberapa setting di BIOS.

Alasannya alasannya yaitu Anda berdua menetapkan beberapa pengaturan semoga performa prosesor menjadi lebih maksimal. Kali ini, Anda akan memakai perangkat lunak pihak ketiga.

Hal ini bisa dilakukan jikalau laptop BIOS atau komputer Anda tidak memungkinkan untuk mengubah pengaturan di dalamnya. Makara sebaiknya Anda memakai software lain yang memungkinkan pengguna untuk mengubah setting di BIOS. Berikut yaitu langkah-langkahnya:

Download dan instal perangkat lunak prosesor overclock yang sesuai dengan spesifikasi laptop atau komputer Anda. Tentunya, software tersebut harus dipakai pada prosesor AMD.

Jalankan perangkat lunak overclocking, dan cari belahan untuk mengatur pengaturan CPU.
Angkat pengaturan pengali bus sisi depan dari 5 persen menjadi sekitar 20 persen. Juga meningkatkan clock speed.

Gunakan software stress testing untuk menguji kestabilan sistem pada komputer atau laptop Anda.

3. Overclock Prosesor Laptop Dengan Overdrive (AMD)
Sebagai informasi, perangkat lunak resmi untuk overclocking yang dirilis oleh AMD (Overdrive) hanya bisa dipakai pada prosesor AMD kelas atas. Perangkat lunak resmi AMD juga bisa dipakai sebagai cara untuk meningkatkan AMD VRAM. Berikut yaitu langkah-langkah yang harus digunakan:

Download dan instal aplikasi AMD OverDrive. Baca dokumentasi perangkat lunak hingga Anda mengerti untuk menghindari kesalahan.

Ikuti semua petunjuk dalam manual. Jangan menaikkan prosesor kecepatan clock melebihi parameter atau nilai yang direkomendasikan oleh AMD.

Jalankan perangkat lunak pengujian stres selama sekitar 12 jam untuk memilih apakah pengaturan overclock Anda layak dilanjutkan atau perlu diubah lagi.

Berbicara perihal overclocking, ada hal yang harus Anda perhatikan, termasuk:

Pastikan Anda memahami semua risikonya

Siapkan dana cadangan untuk membeli komputer atau laptop gres (ini serius lohh)

Bacalah kembali buku petunjuk atau aba-aba yang tersedia hingga Anda yakin
Siapkan semua peralatan yang diperlukan

Pastikan kipas dan lubang pembuangan di komputer atau laptop Anda bersih, sehingga panas yang timbul bisa cepat hilang

Lepaskan baterai laptop. Ini untuk berjaga-jaga jikalau laptop menjadi tidak stabil, Anda cukup mematikannya dengan menarik kabel ke sumber listrik.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan ketika melaksanakan overclocking?

Jika terjadi sesuatu, jangan panik dulu.
Pastikan Anda tahu tanda-tanda awal sistem tidak stabil. Salah satunya ibarat karakteristik prosesor yang rusak.

Gunakan kipas pendingin embel-embel yang sumber dayanya terpisah dari laptop atau komputer Anda.

Usahakan untuk tidak memakai power dari port USB untuk menyalakan kipas angin

Angkat kecepatan sistem sedikit demi sedikit. Jangan melompat drastis

Pastikan Anda mengetahui lokasi baterai BIOS dan jumper reset BIOS

Lakukan tes stabilitas dengan memakai software benchmark. Amati jikalau komputer atau laptop Anda hang.

Periksa suhu. Jangan hingga CPU memanas alasannya yaitu suhunya melebihi 70 derajat ketika sistem sedang sibuk. Bagi pengguna AMD, Anda bisa memakai software SpeedFan.

Setelah overclocking, Anda juga harus melaksanakan hal berikut:
Jika sistem berjalan lancar, perhatikan pengaturan yang Anda ubah, sehingga bila terjadi sesuatu nanti, Anda bisa mengaturnya kembali dengan aman.

Kembalikan semua perubahan ke pengaturan normal, bila Anda tidak memerlukan kinerja super tinggi yang Anda harapkan. Tak pelak, overclock akan berakibat pada konsumsi tenaga listrik yang meningkat.

Begitu banyak artikel kita ketika ini perihal cara overclock prosesor AMD. Semoga artikel kami bermanfaat bagi Anda yang ingin memperbaiki performa prosesor AMD-nya dengan cara overclocking.
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Cara Overclock Processor Amd Yang Harus Diperhatikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel