iklan

10 Referensi Dbms Relasion

10 Contoh DBMS Relasion - Kini sudah banyak vendor DBMS yang dikenal dan banyak dipakai oleh banyak sekali kalangan dan juga pengguna untuk mengimplementasikan database ke dalam sistem yang mereka buat.

Setidaknya ada 3 leading venture yang ketika ini mendominasi pasar DBMS, yaitu Oracle, MySQL, dan juga Microsoft SQL Server. Berikut yaitu beberapa klarifikasi singkat ketika vendor DBMS:

1. Oracle
 Kini sudah banyak vendor DBMS yang dikenal dan banyak dipakai oleh banyak sekali kalangan da 10 Contoh DBMS Relasion

Oracle yaitu salah satu pola DBMS yang sangat rumit, namun mempunyai banyak kelebihan. Database Oracle sendiri pertama kali didirikan di kala 1977, dimana pada ketika itu mulai banyak vendor yang mencoba membuatkan DBMS untuk keperluan apapun.

Oracle kini mempunyai banyak generasi, versi terbaru dan terakhir dari Oracle Database ada di versi 11. Oracle sendiri yaitu salah satu pola database paling kompleks dengan fitur paling lengkap dibandingkan kedua pesaingnya, yaiu Microsoft SQL dan MySQL juga.

Berikut yaitu beberapa laba dari Oracle Database:

Memiliki kemampuan yang baik dalam melaksanakan pengelolaan sistem database
Jumlah data dan juga angka yang dihandle sangat besar
Dapat mengolah data dengan cepat dan akurat
Miliki kemampuan untuk mengelompokkan server
Bisa melaksanakan User management
Multi-Platform
Pengolahan data cepat
Ini mempunyai kemampuan kilas balik

Dengan semua kemampuan yang dimiliki oleh Oracle Database ini, Oracle Database menjadi salah satu vendor database terbaik, dan mempunyai fungsionalitas paling komprehensif di banyak perangkat lunak DBMS lainnya di pasaran.

Ini sebetulnya wajar, mengingat harga jual yang ditawarkan oleh perangkat lunak ini termasuk mahal dan juga tinggi untuk ukuran DBMS. Ini alasannya yaitu technical support dimiliki, begitu pula fitur yang dimiliki sangat manis dan juga bagus.

Namun, dengan spesifikasi dan juga fitur tinggi, ini juga mempengaruhi spesifikasi hardware yang dibutuhkan. Database Oracle memerlukan spesifikasi perangkat keras dan fungsi CPU yang tinggi untuk bekerja dengan baik dan bekerja sepenuhnya jikalau tidak sanggup menjadikan komputer hang atau aplikasi menjadi lambat.

Oleh alasannya yaitu itu, Oracle Database bukan jenis DBMS yang sesuai dengan anda yang merupakan pengusaha kelas menengah turun, atau tubuh kecil, alasannya yaitu biaya operasional database ini dianggap berlebihan bagi perjuangan kecil dan menengah.

Database Oracle jauh lebih pas dan juga cocok bila diterapkan pada instansi, organisasi atau perusahaan dengan skala besar, multicorporate dan juga mempunyai server dan database yang sangat besar dan besar.

Baca juga: Pengertian Database Menurut Para Ahli

2. Microsoft SQL Server
Microsoft SQL Server yaitu salah satu perangkat lunak DBMS yang dirilis oleh Microsoft, salah satu raksasa teknologi perangkat lunak dunia. Saat ini, penggunaan Microsoft SQL Server telah berkembang ke generasi ke-7 dan mempunyai kemampuan untuk beroperasi pada 32 atau 64 bit.

Microsoft SQL Server memperlihatkan kemudhan dalam membangun sistem berbasis database, sehingga Anda tidak akan merasa kesulitan dalam menciptakan sebuah sistem.

Bila dibandingkan dengan ORACLE, Microsoft SQL Server tidak terlalu rumit dan juga gampang digunakan. Selain itu, harga pembelian perangkat lunak ini tidak semahal Oracle, serta spesifikasi hardware yang dibutuhkan.

Beberapa laba dari Microsoft SQL Server:
Bekerja sangat baik pada sistem operasi Windows
Mendukung banyak software database
Dapat menciptakan data clustering
Pengendalian database terpusat
Praktis dipakai oleh client dan juga user
Ini mempunyai fitur pemulihan dan juga mengembalikan data
Sandi administrasi manis dan aman
Bisa dipakai di banyak sekali kalangan
Bisa backup data

Dengan fitur menyerupai itu, Microsoft SQL Server bisa memperlihatkan fitur yang hampir menyerupai dengan Oracle, meski tidak selengkap dan sebesar Oracle, namun dengan harga yang lebih rendah. Beberapa fitur menyerupai pemulihan, keamanan, dan pengelolaan basis data juga hadir di Microsoft SQL Server.

Namun, sangat disayangkan alasannya yaitu Microsoft SQL Server hanya identik dengan sistem operasi windows saja, jadi tidak bisa diaplikasikan ke multi platform alias sistem operasi lain.

3. MySQL
MySQL yaitu salah satu vendor DBMS yang ketika ini banyak dipakai oleh banyak pengguna dan juga pemrogram. Salah satu hal yang menciptakan MySQL banyak dipakai yaitu alasannya yaitu status opensource nya, alias gratis.

Karena ini gratis, begitu banyak sekolah atau universitas yang mengajarkan aplikasi berbasis MySQL kepada siswanya.

MySQL sendiri intinya mempunyai konsep yang sama menyerupai kebanyakan DBMS lainnya, namun hanya bisa mengimplementasikan database dalam jumlah kecil, jauh berbeda dengan Oracle.

Sejarah singkat MySQL
MySQL sendiri pertama kali dibuat dan juga dikembangkan pada tahun 1979, oleh seorang programmer berjulukan Michael Widenius yang berasal dari Swedia.

Awalnya, MySQL dibuat dengan nama UNIREG, yang merupakan sistem pengolahan database sederhana. Dari pembuatan dan pengembangannya, pada tamat tahun 1995, MySQL dibuat dan diluncurkan secara komersial.

Pada ketika diluncurkan, MySQL dijual secara gratis alias Open Source, namun bagi anda yang ingin mempunyai MySQL dengan kemampuan lebih, bisa membeli versi Enterprise dari MySQL.

Penggunaan MySQL sendiri lebih diarahkan pada penggunaan sistem secara umum, yang hanya membutuhkan sejumlah kecil data. Banyak dipakai untuk menciptakan sistem dengan antarmuka HTML yang terhubung ke jaringan lokal atau LAN, sehingga bisa diakses oleh pengguna yang terhubung di jaringan.

Biasa dipakai untuk kehadiran, dan banyak sekali keperluan, terutama di instansi atau perkantoran dengan kapasitas kecil sampai sedang.

Baca: 10 Kelebihan dan Kekurangan Mysql

4. IBM DB2
DB2 yaitu sistem administrasi basis data yang menyediakan platform perangkat lunak basis data yang fleksibel dan irit biaya untuk membuatkan aplikasi bisnis. DB2 Universal Database (UDB) Enterprise Server Edition (ESE) yaitu salah satu RDBMS terbaik.

IBM DB2 sangat cocok untuk aplikasi dengan beban kerja yang tinggi dan dioptimalkan untuk mengatakan kinerja industri yang sanggup menurunkan biaya. DB2 dipakai oleh banyak perusahaan asuransi besar.

5. SAP Sybase ASE
SAP Adaptive Server Enterprise (ASE), sebelumnya dikenal sebagai Sybase, yaitu DBMS dengan kinerja tinggi, dengan fokus pada pengurangan biaya dan risiko operasional.

Sybase pernah menjadi salah satu DBMS terbesar di bawah Oracle dan DB2. Namun Sybase kehilangan prestise dan alhasil dijual ke SAP dengan harga murah.

Database Sybase banyak dipakai di industri perbankan, menyerupai Wells Fargo Bank. Saat ini SAP Adaptive Server Enterprise (SAP Sybase ASE) dipasarkan sebagai sistem administrasi basis data relasional (RDBMS) yang dirancang untuk aplikasi transaksional berperforma tinggi yang melibatkan data dalam jumlah besar - dan ribuan pengguna bersamaan. Singkatnya, database SAP / Sybase masih menjadi pemain penting.

6. Teradata
DBMS Teradata, mempunyai tagline yang sangat menarik "Seiring dunia semakin kecil, datanya semakin besar," yaitu untuk sistem database yang sangat besar "database Sangat Besar (VLDB)". Saat ini konsep VLDB telah beralih ke data Big Data Data-focused untuk pengambilan keputusan bisnis.

Banyak data skala pergudangan dan intelijen bisnis dari sistem besar yang didukung oleh Teradata. Database Teradata sering dipakai oleh perusahaan ritel besar dan perusahaan telekomunikasi.

Teradata memperlihatkan beberapa fitur unik: pengoptimal cerdas untuk memproses usul dan memfilter data untuk efisiensi dalam menanggapi usul apa pun, menerapkan kekuatan kueri ke data dinamis tanpa menambahkan kolom ke tabel Anda untuk mendapatkan data baru.

7. ADABAS
Software AG dibuat oleh perusahaan Adabas. Adabas pernah menjadi basis data mainframe yang sangat kuat, kini berjalan di banyak platform, dan mengatakan keandalan dan kinerja yang tinggi.

Software AG identik dengan sistem RDBMS untuk data besar dan dirancang untuk keandalan, kinerja tinggi dan biaya lisensi yang rendah.

Perangkat lunak DBMS ini tersedia untuk platform mainframe, Linux®, UNIX dan Windows (LUW). ADABAS terintegrasi dengan ALAMI, alat Pengembangan aplikasi Perangkat Lunak AG yang dikenal dengan fasilitas penggunaan, portabilitas lintas platform dan produktivitas pengembang.

8. FileMaker
FileMaker yaitu perangkat lunak database # 1 terlaris yang gampang dipakai untuk Windows dan Mac OS. Namun, seiring dengan munculnya Microsoft Access, FileMake telah kehilangan daya saingnya di lingkungan Windows, yang memaksa FileMaker untuk membangun kekuatan di platform Mac.

FileMaker, Inc., kini merupakan anak perusahaan Apple, yang sanggup mengamankan masa depan FileMaker yang didukung oleh kekuatan produk Apple. FileMaker Server memaksimalkan kinerja database dan meningkatkan keamanan database.

9. Microsoft Access
Microsoft Access yaitu database aplikasi desktop DBMS yang paling umum dipakai di Windows. Apa yang membuatnya terkenal sudah termasuk dalam paket Microsoft Office pada sebagian besar laptop Windows dan workstation.

Meskipun fungsi utamanya dianggap sebagai database desktop, AKSES menjadi database terkenal untuk sistem internet, banyak e-commerce dan CMS didukung oleh database Access yang berjalan pada platform server web Microsoft IIS.

Baca juga: Pengertian E-Commerce

10. Informix
Informix yaitu DBMS yang ketika ini berada di bawah IBM, sebelumnya yaitu database berorientasi objek yang paling menjanjikan. Ini alasannya yaitu database berorientasi objek suatu hari nanti akan menggantikan RDBMS tradisional (sistem administrasi basis data relasional), yang berarti Infomix bisa diambil alih oleh Oracle di dunia IT, tapi itu tidak pernah terjadi. J
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Referensi Dbms Relasion"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel