iklan

Wireless Lan (Wlan)


Pengertian Wireless LAN
Pengertian Wireless LAN atau kadang disingkat dengan WLAN yaitu sebuah sistem komunikasi data yang fleksibel yang sanggup diaplikasikan sebagai ekstensi ataupun sebagai alternatif pengganti untuk jaringan LAN kabel. Wireless LAN memakai teknologi frekuensi radio, mengirim dan mendapatkan data melalui media udara, dengan meminimalisasi kebutuhan akan sambungan kabel. Dengan begitu, wireless LAN telah sanggup mengkombinasikan antara konektivitas data dengan mobilitas user.
Wireless LAN yaitu sebuah alternatif dimana untuk alternatif LAN kabel sulit atau mustahil dibangun. Tempat-tempat ibarat bangunan renta yang dilindungi atau ruang-ruang kelas. instalasi WLAN juga murah sebab  hanya terdiri dari susukan poin dan instalasi jaringan Backbone , kepingan terakhir dari jaringan yang berada di udara.

Kelebihan Wireless LAN
Wireless LAN, user sanggup membagi susukan gosip tanpa harus direpotkan dengan kabel ke jaringan, Wireless LAN mengatakan beberapa kelebihan ibarat produktivitas, kenyamanan, dan laba dari segi biaya jikalau dibandingkan dengan jaringan kabel konvensional
1. Mobilitas: kelebihan Sistem wireless LAN sebab sanggup menyediakan user dengan susukan gosip yang real-time, dimana saja dalam suatu organisasi. Mobilitas semacam ini sangat mendukung produktivitas dan peningkatan kualitas pelayanan apabila dibandingkan dengan jaringan LAN kabel
2. Instalasi cepat dan mudah: Instalasi sistem wireless LAN bisa
berlangsung dengan cepat dan sangat gampang mengaplikasikannya dan bisa mengeliminasi kebutuhan penarikan kabel yang rumit
3. Instalasi fleksibel: Teknologi wireless memungkinkan suatu jaringan untuk bisa mencapai tempat-tempat yang tidak sanggup dicapai dengan jaringan kabel.
4. Penurunan biaya: Meskipun investasi awal yang dibutuhkan oleh wireless LAN untuk membeli perangkat hardware bisa lebih tinggi daripada biaya yang dibutuhkan oleh perangkat wired LAN hardware, namun jikalau diperhitungkan secara keseluruhan, instalasi dan biaya perawatan dan pemeliharaannya, maka secara signifikan jauh lebih murah. Dan jikalau dipakai dalam lingkungan kerja yang dinamis yang sangat membutuhkan seringnya pergerakan dan perubahan yang sering maka laba jangka panjangnya pada jaringan WLAN akan jauh lebih besar jikalau dibandingkan dengan LAN Kabel.
5. Skalabilitas: Sistem wireless LAN sanggup  dikonfigurasikan dalam aneka macam tipe topologi untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang beragam. Dapat dengan gampang merubah konfigurasinya Mulai dari jaringan peer-to-peer yang sesuai untuk jumlah pengguna yang kecil hingga kepada infrastruktur yang lebih kompleks yang bisa melayani ribuan user dan memungkinkan roaming dalam wilayah yang luas

AD HOC
Ad Hoc secara bahasa berarti “untuk suatu keperluan atau tujuan tertentu saja“. Dalam pengertian lain, jaringan ad hoc yaitu jaringan bersifat sementara tanpa bergantung pada infrastruktur yang ada dan bersifat independen.

 Pengertian Wireless LAN atau kadang disingkat dengan WLAN yaitu sebuah sistem komunikasi Wireless LAN (WLAN)

Ad Hoc Network yaitu jaringan wireless yang terdiri dari kumpulan mobile node (mobile station) yang bersifat dinamik dan spontan, sanggup diaplikasikan di mana pun tanpa memakai jaringan infrastruktur (seluler ataupun PSTN) yang telah ada. Contoh mobile node yaitu notebook, PDA dan ponsel. Jaringan ad hoc disebut juga dengan spontaneous network atau disebut MANET (Mobile Ad hoc NETwork).
Contoh Penggunaan/Aplikasi di lapangan :
1. Operasi militer, ibarat yang telah diujicobakan daerah pertempuran di Sudan. Dengan jaringan
    ad hoc, mempermudah untuk susukan gosip antar personil militer.
2. Komersial, jaringan ad hoc sanggup dipakai pada situasi emergency atau upaya penyelamatan
    (rescue operation), ibarat banjir atau gempa bumi dan entertainment ibarat program live music.
3. jaringan yang cepat tersedia dengan memakai notebook untuk menyebarkan dan berbagi
    gosip di antara user ibarat dalam konferensi atau ruang kuliah.
4. Personal Area Network, untuk jarak pendek (short distance) lebih kurang 10 m, Ad hoc Network secara gampang berkomunikasi antar bermacam peralatan (seperti PDA, laptop dan telepon seluler) dengan laju data yang rendah.

Keuntungan :
1. Tidak memerlukan pinjaman backbone infrastruktur sehingga gampang diimplementasikan dan
    sangat mempunyai kegunaan dikala infrastruktur tidak ada ataupun tidak berfungsi lagi.
2. Mobile node yang selalu bergerak (mobility) sanggup mengakses gosip secara real time
    dikala berafiliasi dengan mobile node lain, sehingga pertukaran data dan pengambilan
    keputusan dapat
    segera dilaksanakan.
3. fleksibel terhadap suatu keperluan tertentu sebab jaringan ini memang bersifat sementara.
4. Dapat direkonfigurasi dalam bermacam-macam topologi baik untuk jumlah user kecil hingga banyak
    sesuai dengan aplikasi dan instalasi (scalability).
Kerugian ( Permasalahan) :
1. packet loss (rugi-rugi paket) akan terjadi jikalau transmisi mengalami kesalahan (error).
2. seringkali terjadi disconnection, sebab tidak selalu berada dalam area cakupan.
3. bandwidth komunikasi yang terbatas
4. lifetime baterai yang singkat.
5. kapasitas kemampuan jangkauan mobile node yang terbatas dan bervariasi.

INFRASTRUCTURE MODE
Pada mode jaringan infrastruktur, perangkat nirkabel menjembatani atau menghubungkan sebuah jaringan nirkabel ke jaringan yang memakai media ethernet. Mode ini juga menyediakan central connection point untuk client pada Wireless LAN (WLAN).
 Pengertian Wireless LAN atau kadang disingkat dengan WLAN yaitu sebuah sistem komunikasi Wireless LAN (WLAN)

Sebuah access point (AP) sangat diharapkan dalam Infrastucture mode ini. Untuk menggabungkan WLAN, sebuah acess point dan semua wireless client harus mempunyai pengaturan SSID yang sama. AP yang kemudian terkoneksi ke wired network memberi hak susukan kepada wireless clients ibarat mengakses internet dan printer. AP juga bisa ditambahakan lagi ke WLAN ini untuk meningkatkan jangkauan pada infrastuktur tersebut dan menambahkan lebih banyak wireless clients.
Dibandingkan dengan ad-hoc mode, mode alternative ini mengatakan kelebihan ibarat jangkauan yang lebih luas, administrasi security dan lebih stabil. Kelemahan dari Infrastucture mode yaitu biaya embel-embel untuk memperoleh AP hardware.


Sumber http://imronkom.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Wireless Lan (Wlan)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel