iklan

Sejarah Bi



1828: De Javasche Bank didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda sebagai bank sirkulasi yang bertugas mencetak dan mengedarkan uang.

1953: Undang-Undang Pokok Bank Indonesia menetapkan pendirian Bank Indonesia untuk menggantikan fungsi De Javasche Bank sebagai bank sentral, dengan tiga kiprah utama di bidang moneter, perbankan, dan sistem pembayaran. Di samping itu, Bank Indonesia diberi kiprah penting lain dalam hubungannya dengan Pemerintah dan melanjutkan fungsi bank komersial yang dilakukan oleh DJB sebelumnya.


1968: Undang-Undang Bank Sentral mengatur kedudukan dan kiprah Bank Indonesia sebagai bank sentral, terpisah dari bank-bank lain yang melaksanakan fungsi komersial. Selain tiga kiprah pokok bank sentral, Bank Indonesia juga bertugas membantu Pemerintah sebagai biro pembangunan mendorong kelancaran produksi dan pembangunan serta memperluas kesempatan kerja guna meningkatkan taraf hidup rakyat.

1999: Babak gres dalam sejarah Bank Indonesia, sesuai dengan UU No.23/1999 yang menetapkan tujuan tunggal Bank Indonesia adalah mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah.

2004: Undang-Undang Bank Indonesia diamandemen dengan focus pada aspek penting yang terkait dengan pelaksanaan kiprah dan wewenang Bank Indonesia, termasuk penguatan governance.

2008: Pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (PerPPU) No.2 tahun 2008 wacana Perubahan Kedua atas Undang-Undang No.23 tahun 1999 wacana Bank Indonesia sebagai bab dari upaya menjaga stabilitas sistem keuangan. Amandemen dimaksudkan untuk meningkatkan ketahanan perbankan nasional dalam menghadapi krisis global melalui peningkatan jalan masuk perbankan terhadap Fasilitas Pembiayaan Jangka Pendek dari Bank Indonesia.

Sumber:
Website Resmi Bank Indonesia

Mari Berteman ^^
David Iskandar | Create Your Badge

Sumber http://belajarperbankangratis.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sejarah Bi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel