iklan

√ Rpp Kls 2 Sd Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1






wCEAAkGBxQSEhUUEhQUFBQUFhQVFBQUFxUVFRUUFRQWFhQVFRQYHCggGBolHBQUITEhKCkrLi √ RPP Kls 2 SD Tema 4 subtema 1 Pembelajaran 1






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan    :  SDN BOJONG 03
Kelas / Semester       : 2/1
Alokasi Waktu           : 1 Hari

A.     Kompetensi Inti (KI)
1        Menerima dan menjalankan pedoman agama yang dianutnya
       2    Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
            diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
       3   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
            melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
           dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
     dijumpainya di rumah dan di sekolah
4   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terperinci dan logis, dalam
            karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
           dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Matematika
Kompetensi Dasar
3.4 Mengenal nilai tukar antar cuilan uang.
4.4 Mendemostrasikan banyak sekali penukaran uang di depan kelas dengan
berbagai kemungkinan jawaban.

Indikator
3.4.1 Menyebutkan banyak sekali nilai cuilan uang.
4.4.1 Menunjukkan banyak sekali nilai cuilan uang.

PPKn
Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan menceritakan sikap di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.

Indikator
3.1.1 Menunjukkan rujukan sikap di sekolah yang sesuai dengan makna
simbol dari sila pertama Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
4.1.1 Berperilaku di sekolah sesuai makna simbol dari sila pertama Pancasila
dalam lambang negara Garuda Pancasila.



            B.Indonesia
Kompetensi Dasar
3.2 Mengenal teks kisah narasi sederhana acara dan bermain di lingkungan dengan sumbangan guru atau sahabat dalam bahasa Indonesia verbal dan
tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks kisah narasi sederhana perihal acara dan
bermain di lingkungan secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk membantu penyajian.

            Indikator
3.2.1 Mengidentifikasi banyak sekali acara di lingkungan sekitar.
4.2.1 Menulis kisah narasi sederhana perihal acara
di lingkungan sekitar dengan EYD yang benar.

SBDB
Kompetensi Dasar
3.3 Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.11 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala,
 tangan, kaki,
dan tubuh dengan mengamati secara eksklusif atau dengan media rekam.

Indikator
3.3.1 Mengidentifikasi banyak sekali bentuk gerak dalam kehidupan seharihari.
4.11.1 Menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala, tangan, kaki, dan tubuh berdasarkan pengamatan secara eksklusif atau media yang lain.

Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan mengamati gambar siswa berjejer masuk kelas danberdoa, siswa sanggup   mengidentifikasi banyak sekali acara di lingkungan sekitar dengan teliti.
2.    Dengan mengamati gambar siswa berjejer masuk kelas dan berdoa, siswa sanggup mengajukan pertanyaan sesuai gambar dengan percaya diri.
3.    Dengan mengamati gambar siswa berjejer masuk kelas dan berdoa, siswa sanggup memperlihatkan rujukan sikap di sekolah yang sesuai dengan makna simbol dari sila pertama Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila dengan teliti.
4.    Dengan mengamati gambar siswa yang berdoa dengan khidmat, siswa sanggup berperilaku di sekolah sesuai makna simbol dari sila pertama Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila dengan teliti.
5.     Dengan mengamati gambar banyak sekali cuilan mata uang, siswa sanggup menyebutkan banyak sekali nilai cuilan mata uang dengan teliti.
6.    Dengan mengamati banyak sekali cuilan mata uang, siswa sanggup memperlihatkan banyak sekali nilai cuilan mata uang dengan teliti.
7.    Dengan mengikuti gerakan pada lagu “Di Sini Senang di Sana Senang”, siswa sanggup mengidentifikasi banyak sekali bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari dengan
percayadiri.
8.    Dengan mengamati gambar bentuk gerak anggota tubuh, siswa sanggup menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala, tangan, kaki, dan tubuh dengan
percaya diri.
9.    Dengan tanya jawab perihal tugas-tugas di kelas, siswa sanggup menulis kisah narasi sederhana perihal acara di lingkungan sekitar dengan teliti.

C.      Materi Pembelajaran
1. Mengidentifikasi banyak sekali acara di lingkungan sekitar.
2. Menunjukkan rujukan sikap yang sesuai dengan sila
pertama Pancasila.
3. Berperilaku sesuai dengan sila pertama Pancasila.
4. Menyebutkan nilai cuilan uang.
5. Menunjukkan banyak sekali nilai cuilan uang.
6. Mengidentifikasi banyak sekali bentuk gerak dalam kehidupan
sehari-hari.
7. Menirukan gerakan bermain melalui gerakan anggota tubuh.
8. Menulis kisah narasi perihal acara di lingkungan sekitar.

D.Metode dan Pendekatan Pembelajaran
1.      Metode                 :Penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab.
2.      Pendekatan           :saintifik ( mengamati, menanya mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan

            E. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Gambar banyak sekali acara di kelas.
2. Gambar sikap sesuai simbol sila pertama Pancasila.
            3. Berbagai model cuilan mata uang hingga Rp500.
             
Sumber berguru : Buku tematik terpadu kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan kebudayaan. 
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.Mengkondisikan siswa ke dalam situasi pembelajaran aktif dan kreatif
2. Mengadakan apersepsi dengan mengajak semua siswa berdoa berdasarkan agama dan kepercayaan masing-masing dan komunikasi perihal kehadiran siswa
3. Tanya jawab perihal gambar acara dikelas
4. Menyampaikan tema yang akan di pelajari
10 Menit
Kegiatan Inti
1.  Mengamati:
• Pada awal pembelajaran, siswa diajak mengamati gambar
tentang acara siswa yang sedang berdoa dikala memulai
pelajaran dengan teliti (mengamati).
• Guru membimbing siswa untuk mengidentifikasi gambar
yang diamati (mengamati).

2.  Menanya :
• Siswa mencoba mengajukan pertanyaan yang dianggap
penting untuk membangkitkan rasa ingin tahu siswa
(menanya).
• Siswa saling menukarkan pertanyaan yang telah dibuat
dan menjawab pertanyaan (mengkomunikasikan).
• Siswa memberikan tanggapan yang telah dibuat
(mengkomunikasikan).
• Siswa yang lain memperlihatkan tanggapan terhadap jawaban
yang disampaikan siswa yang tampil (menanya).
• Siswa diajak mengidentifikasi banyak sekali acara lain yang
dilakukan siswa di kelas sebelum acara pembelajaran
dimulai (mengkomunikasikan).

3. Membaca :
• Siswa membaca lancar berjudul “Awal Belajarku” yang
diarahkan pada pengamalan sila pertama Pancasila
(mengumpulkan informasi).
• Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi teks perihal sila
pertama Pancasila (mengasosiasikan).

4. Mengamati :
• Siswa mengamati gambar perihal sikap yang sesuai
dengan sila pertama Pancasila (mengamati).
• Siswa menjawab pertanyaan perihal gambar yang telah
diamati (mengasosiasikan).
• Siswa menjelaskan gambar dengan bahasa sendiri
berdasarkan sikap yang pantas dan tidak pantas ditiru
(mengkomunikasikan).
• Siswa dibimbing untuk selalu menjalankan perintah agama
dengan tekun.
Fokus Guru
Guru sanggup menyebarkan rujukan sikap lain yang
mencerminkan sikap sesuai dengan sila pertama
Pancasila, contohnya menghargai sahabat yang berbeda
agama dan sebagainya.

5. Mengamati :
• Siswa diarahkan pada pengenalan banyak sekali cuilan uang
(mengasosiasikan).
• Siswa diajak bertanya jawab perihal banyak sekali cuilan uang
yang pernah diamati (menanya dan mengasosiasikan).
• Siswa diajak mengamati gambar banyak sekali cuilan uang
pada buku siswa (mengamati).
• Bertanya jawab perihal cuilan uang yang ada pada buku
siswa (menanya).

6. Berlatih :
• Siswa kemudian menuntaskan soal-soal perihal pecahan
uang yang disediakan pada kolom latihan (mengumpulkan
informasi).
• Siswa mengoreksi tanggapan yang telah dibentuk (mengasosiasikan).
• Siswa yang lain memperlihatkan tanggapan terhadap jawaban
masing-masing siswa (mengkomunikasikan).

7. Bernyanyi :
• Siswa menyanyikan lagu “Di Sini Senang di Sana Senang”
(mengumpulkan informasi).
• Siswa menyanyikan lagu “Di Sini Senang di Sana Senang”
sambil menggerakkan anggota tubuh sesuai nyanyi
(mengumpulkan informasi).

8. • Siswa membaca lancar perihal “Tugas Dayu di Kelas”
(mengamati).
• Siswa menyebutkan isi teks perihal “Tugas Dayu di Kelas”
(mengkomunikasikan).

9. Menulis :
• Siswa menuliskan tugas-tugas setiap siswa di kelas
dan menuliskannya pada kolom yang disediakan
(mengkomunikasikan).
• Siswa membacakan hasil tulisannya ke depan kelas
(mengkomunikasikan).
• Bertanya jawab perihal meteri pelajaran yang belum
dipahami siswa (menanya).
• Guru memperlihatkan penguatan dan penghargaan terhadap
prestasi berguru siswa.
• Siswa menyimpulkan pembelajaran dengan bahasa sendiri
(mengkomunikasikan).

PENGAYAAN
• Guru memperlihatkan soal-soal pemecahan dilema yang lebih bervariasi perihal menunjukkan
berbagai cuilan uang dan disajikan dalam cuilan uang yang lebih tinggi.
• Guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa menyebarkan kisah narasi yang dibentuk ke
dalam sebuah buku kecil.
• Guru menugaskan siswa mencari contoh-contoh sikap yang lain di lingkungan sekitar yang
menunjukkan sikap sesuai dengan sila pertama Pancasila.
• Guru menugaskan siswa mengamati permainan yang lain di luar kelas dan menirukan
gerakannya dengan banyak sekali variasi gerakan.
150 Menit
Penutup
1.Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan/rangkuman hasil berguru selama sehari
2. Bertanya jawab perihal materi yang telah dipelajari ( untuk mengetahui ketercapaian materi)
3.Melakukan evaluasi hasil belajar
4.. Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri acara pembelajaran).
a. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb).
b. Segera memperlihatkan nasihat, apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang tepat dalam berdo’a, biar besok kalau berdo’a lebih disempurnakan.
15 Menit

G. Penilaian
1. Teknik penilaian
     a. Penilaian sikap : Percaya diri, teliti, dan santun.
     b. Penilaian pengetahuan : Daftar periksa dan skor
     c. Penilaian Keterampilan : Unjuk kerja gerakn bermain
2. Bentuk Intrumen Penilaian
a. Penilaian sikap
No
Nama siswa
                 Perubahan Tingkah laku
Percaya Diri
         Teliti
   Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Rudi












2
Dini












3
Santi












4
Nuni
















b. Penilaian pengetahuan
. Penilaian: Penskoran


1.    Pengetahuan
2.            Penilaian memilih banyak sekali cuilan uang dengan skor
3.            Banyak soal: 5 soal
4.            Kunci Jawaban:
5.            1. Uang : Seratus rupiah
6.            Ditulis : Rp100
7.            Nilainya : Seratus rupiah
8.            2. Uang : Seratus rupiah
9.            Ditulis : Rp100w
10.          Nilainya : Seratus rupiah
11.          3. Uang : Dua ratus rupiah
12.          Ditulis : Rp200
13.          Nilainya : Dua ratus rupiah
14.          4. Uang : Lima ratus rupiah
15.          Ditulis : Rp500
16.          Nilainya : Lima ratus rupiah
17.          5. Uang : Lima ratus rupiah
18.          Ditulis : Rp500
19.              Nilainya : Lima ratus rupiah
c. evaluasi keterampilan
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Mempersiapkan alat/Bahan




2
Kreatifitas




3
Kebersihan




4
Kerapihan







   Mengetahui                                                                         Pameungpeuk, 20 Juni 2014
Kepala SDN BOJONG 03                                                       Guru Kelas 2

TAYAT, S.Pd.SD                                                                     YANTI SUSANTI, S.Pd.
NIP.195905071979122006



Sumber http://rofi-mustawan.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Rpp Kls 2 Sd Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel