√ Rpp Kls 2 Sd Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SDN BOJONG 03
Kelas / Semester : 2/1
Tema/Sub Tema/PB : Aku dan Sekolahku / Tugas-tugas Sekolahku
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti (KI)
1 Menerima dan menjalankan pedoman agama yang dianutnya
2 Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terperinci dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Matematika
Kompetensi Dasar
3.4 Mengenal nilai tukar antar cuilan uang.
4.4 Mendemostrasikan banyak sekali penukaran uang di depan kelas dengan
berbagai kemungkinan jawaban.
Indikator
3.4.1 Menyebutkan banyak sekali nilai cuilan uang.
4.4.1 Menunjukkan banyak sekali nilai cuilan uang.
PPKn
Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan menceritakan sikap di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
Indikator
3.1.1 Menunjukkan rujukan sikap di sekolah yang sesuai dengan makna
simbol dari sila pertama Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
4.1.1 Berperilaku di sekolah sesuai makna simbol dari sila pertama Pancasila
dalam lambang negara Garuda Pancasila.
B.Indonesia
Kompetensi Dasar
3.2 Mengenal teks kisah narasi sederhana acara dan bermain di lingkungan dengan sumbangan guru atau sahabat dalam bahasa Indonesia verbal dan
tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks kisah narasi sederhana perihal acara dan
bermain di lingkungan secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk membantu penyajian.
Indikator
3.2.1 Mengidentifikasi banyak sekali acara di lingkungan sekitar.
4.2.1 Menulis kisah narasi sederhana perihal acara
di lingkungan sekitar dengan EYD yang benar.
SBDB
Kompetensi Dasar
3.3 Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.11 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala,
tangan, kaki,
dan tubuh dengan mengamati secara eksklusif atau dengan media rekam.
Indikator
3.3.1 Mengidentifikasi banyak sekali bentuk gerak dalam kehidupan seharihari.
4.11.1 Menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala, tangan, kaki, dan tubuh berdasarkan pengamatan secara eksklusif atau media yang lain.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati gambar siswa berjejer masuk kelas danberdoa, siswa sanggup mengidentifikasi banyak sekali acara di lingkungan sekitar dengan teliti.
2. Dengan mengamati gambar siswa berjejer masuk kelas dan berdoa, siswa sanggup mengajukan pertanyaan sesuai gambar dengan percaya diri.
3. Dengan mengamati gambar siswa berjejer masuk kelas dan berdoa, siswa sanggup memperlihatkan rujukan sikap di sekolah yang sesuai dengan makna simbol dari sila pertama Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila dengan teliti.
4. Dengan mengamati gambar siswa yang berdoa dengan khidmat, siswa sanggup berperilaku di sekolah sesuai makna simbol dari sila pertama Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila dengan teliti.
5. Dengan mengamati gambar banyak sekali cuilan mata uang, siswa sanggup menyebutkan banyak sekali nilai cuilan mata uang dengan teliti.
6. Dengan mengamati banyak sekali cuilan mata uang, siswa sanggup memperlihatkan banyak sekali nilai cuilan mata uang dengan teliti.
7. Dengan mengikuti gerakan pada lagu “Di Sini Senang di Sana Senang”, siswa sanggup mengidentifikasi banyak sekali bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari dengan
percayadiri.
8. Dengan mengamati gambar bentuk gerak anggota tubuh, siswa sanggup menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala, tangan, kaki, dan tubuh dengan
percaya diri.
9. Dengan tanya jawab perihal tugas-tugas di kelas, siswa sanggup menulis kisah narasi sederhana perihal acara di lingkungan sekitar dengan teliti.
C. Materi Pembelajaran
1. Mengidentifikasi banyak sekali acara di lingkungan sekitar.
2. Menunjukkan rujukan sikap yang sesuai dengan sila
pertama Pancasila.
3. Berperilaku sesuai dengan sila pertama Pancasila.
4. Menyebutkan nilai cuilan uang.
5. Menunjukkan banyak sekali nilai cuilan uang.
6. Mengidentifikasi banyak sekali bentuk gerak dalam kehidupan
sehari-hari.
7. Menirukan gerakan bermain melalui gerakan anggota tubuh.
8. Menulis kisah narasi perihal acara di lingkungan sekitar.
D.Metode dan Pendekatan Pembelajaran
1. Metode :Penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab.
2. Pendekatan :saintifik ( mengamati, menanya mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan
E. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Gambar banyak sekali acara di kelas.
2. Gambar sikap sesuai simbol sila pertama Pancasila.
3. Berbagai model cuilan mata uang hingga Rp500.
Sumber berguru : Buku tematik terpadu kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | 1.Mengkondisikan siswa ke dalam situasi pembelajaran aktif dan kreatif 2. Mengadakan apersepsi dengan mengajak semua siswa berdoa berdasarkan agama dan kepercayaan masing-masing dan komunikasi perihal kehadiran siswa 3. Tanya jawab perihal gambar acara dikelas 4. Menyampaikan tema yang akan di pelajari | 10 Menit |
Kegiatan Inti | 1. Mengamati: • Pada awal pembelajaran, siswa diajak mengamati gambar tentang acara siswa yang sedang berdoa dikala memulai pelajaran dengan teliti (mengamati). • Guru membimbing siswa untuk mengidentifikasi gambar yang diamati (mengamati). 2. Menanya : • Siswa mencoba mengajukan pertanyaan yang dianggap penting untuk membangkitkan rasa ingin tahu siswa (menanya). • Siswa saling menukarkan pertanyaan yang telah dibuat dan menjawab pertanyaan (mengkomunikasikan). • Siswa memberikan tanggapan yang telah dibuat (mengkomunikasikan). • Siswa yang lain memperlihatkan tanggapan terhadap jawaban yang disampaikan siswa yang tampil (menanya). • Siswa diajak mengidentifikasi banyak sekali acara lain yang dilakukan siswa di kelas sebelum acara pembelajaran dimulai (mengkomunikasikan). 3. Membaca : • Siswa membaca lancar berjudul “Awal Belajarku” yang diarahkan pada pengamalan sila pertama Pancasila (mengumpulkan informasi). • Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi teks perihal sila pertama Pancasila (mengasosiasikan). 4. Mengamati : • Siswa mengamati gambar perihal sikap yang sesuai dengan sila pertama Pancasila (mengamati). • Siswa menjawab pertanyaan perihal gambar yang telah diamati (mengasosiasikan). • Siswa menjelaskan gambar dengan bahasa sendiri berdasarkan sikap yang pantas dan tidak pantas ditiru (mengkomunikasikan). • Siswa dibimbing untuk selalu menjalankan perintah agama dengan tekun. Fokus Guru Guru sanggup menyebarkan rujukan sikap lain yang mencerminkan sikap sesuai dengan sila pertama Pancasila, contohnya menghargai sahabat yang berbeda agama dan sebagainya. 5. Mengamati : • Siswa diarahkan pada pengenalan banyak sekali cuilan uang (mengasosiasikan). • Siswa diajak bertanya jawab perihal banyak sekali cuilan uang yang pernah diamati (menanya dan mengasosiasikan). • Siswa diajak mengamati gambar banyak sekali cuilan uang pada buku siswa (mengamati). • Bertanya jawab perihal cuilan uang yang ada pada buku siswa (menanya). 6. Berlatih : • Siswa kemudian menuntaskan soal-soal perihal pecahan uang yang disediakan pada kolom latihan (mengumpulkan informasi). • Siswa mengoreksi tanggapan yang telah dibentuk (mengasosiasikan). • Siswa yang lain memperlihatkan tanggapan terhadap jawaban masing-masing siswa (mengkomunikasikan). 7. Bernyanyi : • Siswa menyanyikan lagu “Di Sini Senang di Sana Senang” (mengumpulkan informasi). • Siswa menyanyikan lagu “Di Sini Senang di Sana Senang” sambil menggerakkan anggota tubuh sesuai nyanyi (mengumpulkan informasi). 8. • Siswa membaca lancar perihal “Tugas Dayu di Kelas” (mengamati). • Siswa menyebutkan isi teks perihal “Tugas Dayu di Kelas” (mengkomunikasikan). 9. Menulis : • Siswa menuliskan tugas-tugas setiap siswa di kelas dan menuliskannya pada kolom yang disediakan (mengkomunikasikan). • Siswa membacakan hasil tulisannya ke depan kelas (mengkomunikasikan). • Bertanya jawab perihal meteri pelajaran yang belum dipahami siswa (menanya). • Guru memperlihatkan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi berguru siswa. • Siswa menyimpulkan pembelajaran dengan bahasa sendiri (mengkomunikasikan). PENGAYAAN • Guru memperlihatkan soal-soal pemecahan dilema yang lebih bervariasi perihal menunjukkan berbagai cuilan uang dan disajikan dalam cuilan uang yang lebih tinggi. • Guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa menyebarkan kisah narasi yang dibentuk ke dalam sebuah buku kecil. • Guru menugaskan siswa mencari contoh-contoh sikap yang lain di lingkungan sekitar yang menunjukkan sikap sesuai dengan sila pertama Pancasila. • Guru menugaskan siswa mengamati permainan yang lain di luar kelas dan menirukan gerakannya dengan banyak sekali variasi gerakan. | 150 Menit |
Penutup | 1.Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan/rangkuman hasil berguru selama sehari 2. Bertanya jawab perihal materi yang telah dipelajari ( untuk mengetahui ketercapaian materi) 3.Melakukan evaluasi hasil belajar 4.. Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri acara pembelajaran). a. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb). b. Segera memperlihatkan nasihat, apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang tepat dalam berdo’a, biar besok kalau berdo’a lebih disempurnakan. | 15 Menit |
G. Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Penilaian sikap : Percaya diri, teliti, dan santun.
b. Penilaian pengetahuan : Daftar periksa dan skor
c. Penilaian Keterampilan : Unjuk kerja gerakn bermain
2. Bentuk Intrumen Penilaian
a. Penilaian sikap
No | Nama siswa | Perubahan Tingkah laku | |||||||||||
Percaya Diri | Teliti | Santun | |||||||||||
BT | MT | MB | SM | BT | MT | MB | SM | BT | MT | MB | SM | ||
1 | Rudi | | | | | | | | | | | | |
2 | Dini | | | | | | | | | | | | |
3 | Santi | | | | | | | | | | | | |
4 | Nuni | | | | | | | | | | | | |
b. Penilaian pengetahuan
. Penilaian: Penskoran
1. Pengetahuan
2. Penilaian memilih banyak sekali cuilan uang dengan skor
3. Banyak soal: 5 soal
4. Kunci Jawaban:
5. 1. Uang : Seratus rupiah
6. Ditulis : Rp100
7. Nilainya : Seratus rupiah
8. 2. Uang : Seratus rupiah
9. Ditulis : Rp100w
10. Nilainya : Seratus rupiah
11. 3. Uang : Dua ratus rupiah
12. Ditulis : Rp200
13. Nilainya : Dua ratus rupiah
14. 4. Uang : Lima ratus rupiah
15. Ditulis : Rp500
16. Nilainya : Lima ratus rupiah
17. 5. Uang : Lima ratus rupiah
18. Ditulis : Rp500
19. Nilainya : Lima ratus rupiah
c. evaluasi keterampilan
No | Kriteria | Baik Sekali | Baik | Cukup | Perlu Bimbingan |
4 | 3 | 2 | 1 | ||
1 | Mempersiapkan alat/Bahan | | | | |
2 | Kreatifitas | | | | |
3 | Kebersihan | | | | |
4 | Kerapihan | | | | |
Mengetahui Pameungpeuk, 20 Juni 2014
Kepala SDN BOJONG 03 Guru Kelas 2
TAYAT, S.Pd.SD YANTI SUSANTI, S.Pd.
NIP.195905071979122006
0 Response to "√ Rpp Kls 2 Sd Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1"
Posting Komentar