√ Rpp Kls 2 Sd Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SDN BOJONG 03
Kelas / Semester : 2/1
Tema/Sub Tema/PB : Bermaindi Lingkunganku / Bermaindi Lingkungan Rumah
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima dan menjalankan aliran agama yang dianutnya
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
B.Indonesia
Kompetensi Dasar
3.2 Mengenal teks kisah narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan tunjangan guru atau sahabat dalam bahasa Indonesia mulut dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks kisah narasi sederhana ihwal kegiatan dan bermain di lingkungan secara berdikari dalam bahasa Indonesia mulut dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu penyajian
Indikator
3.2.1 Menceritakan banyak sekali kegiatan bermain di lingkungan sekitar.
4.2.3 Membacakan kisah narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
Matematika
Kompetensi Dasar
3.3 Mengenal kesamaan dua ekspresi memakai benda konkret, simbol atau penjumlahan/ pengurangan bilangan sampai satu angka.
4.5 Memecahkan duduk perkara nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurang, perkalian, pembagian, waktu, berat, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya menyidik kebenaran jawaban.
Indikator
3.3.3 Menetukan suku yang belum diketahui dan kalimat matematika yang berkaitan dengan pengurangan (ruas kanan dan ruas kiri dari 2 suku).
4.5.3 Mengemukakan langkah-langkah menetukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika pengurangan (ruas kanan dan kiri
SBdP
Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal materi dan alat serta tekniknya dalam menciptakan karya seni rupa.
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
Indikator
3.1.3 Menyebutkan materi dan alat menciptakan karya seni rupa
4.1.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati teks bacaan ihwal kegiatan berbelanja, siswa sanggup membaca teks narasi Menolong Ibu Berbelanja dengan percaya diri.
2. Dengan berdiskusi, siswa sanggup menjawab pertanyaan yang berafiliasi dengan teks narasi Menolong Ibu Berbelanja dengan cermat.
3. Dengan teks ihwal aktivitas, siswa sanggup menceritakan isi bacaan dengan bahasa sendiri di depan kelas dengan percaya diri dan bertanggungjawab.
4. Dengan mengamati dan mempelajari teladan soal, siswa sanggup memilih suku yang belum diketahui dan kalimat matematika yang berkaitan dengan pengurangan (ruas kanan dan ruas kiri dari 2 suku) dengan bertanggung jawab.
5. Dengan mengamati teladan soal, siswa sanggup mengemukakan langkah-langkah memilih suku yang belum diketahui dari kalimat matematika pengurangan (ruas kanan dan kiri terdiri dari 2 suku) dengan bertanggungjawab.
6. Dengan tanya jawab dan bimbingan guru, siswa sanggup menyebutkan alat dan materi menciptakan karya seni rupa dengan percaya diri.
7. Dengan mengamati lingkungan sekitar, siswa sanggup menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur dengan cermat dan bertanggungjawab.
Materi Pembelajaran
Matematika :Menentukan suku kata yang belum diketahui dari kalimat matematika berkaitan dengan penjumlahan.
SBdP : Menjelaskan banyak sekali tekstur dan bentuk.
B. Indonesia :Menceritakan aktifitas dalam teks narasi
D.Metode dan Pendekatan Pembelajaran
1. Metode :Penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab.
2. Pendekatan :saintifik ( mengamati, menanya mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan
E. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Gambar Tiur memakai uang ketika berbelanja.
2. Teks percakapan ihwal Tiur ditugaskan berbelanja.
3. Gambar barang belanjaan Tiur.
4. Gambar 3 kotak pensil warna, sekotak 6 batang.
5. Gambar 10 buah bola kasti dilingkari per 2 buah.
6. Gambar materi belanjaan Tiur (gula pasir dan gula halus).
7. Gambar ibu berbaju akses panjang motif bunga-bunga.
8. Gambar Beni berkemeja tangan pendek motif kotak-kotak.
9. Gambar Tiur berbaju akses pendek motif bola-bola.
10. Gambar batang kayu coklat.
11. Gambar bola bergaris-garis hitam putih.
12. Gambar harimau bulu loreng hitam kuning.
13. Gambar tirai jendela kuning polos.
Sumber berguru : Buku tematik terpadu kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | 1.Mengkondisikan siswa ke dalam situasi pembelajaran aktif dan kreatif 2. Mengadakan apersepsi dengan mengajak semua siswa berdoa berdasarkan agama dan kepercayaan masing-masing dan komunikasi ihwal kehadiran siswa 3. Tanya jawab ihwal gambar kegiatan dikelas 4. Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan . | 10 Menit |
Kegiatan Inti | Mengamati : -Siswa dibimbing oleh guru membaca kisah Menolong Ibu Berbelanja dengan percaya diri. -Siswa mengamati gambar pada teks bacaan Menolong Ibu Berbelanja (mengamati). -Siswa membaca nyaring teks bacaan Menolong Ibu Berbelanja (mengamati). Berdiskusi : -Siswa dibimbing oleh guru berdiskusi bersama sahabat menjawab pertanyaan berdasarkan teks dengan bertanggungjawab. (mengumpulkan informasi) Bercerita : -Siswa menceritakan isi teks bacaan yang telah dibaca dengan bahasa sendiri secara mulut di depan kelas (mengomunikasikan). Berlatih : -Siswa mempelajari teladan soal memilih suku yang belum diketahui berkaitan dengan pengurangan (mengumpulkan informasi). -Siswa memilih suku yang belum diketahui dan kalimat matematika yang berkaitan dengan pengurangan (ruas kanan dan ruas kiri dari 2 suku) (mengumpulkan informasi). -Siswa mengemukakan langkah-langkah menetukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika pengurangan (ruas kanan dan kiri terdiri dari 2 suku) (mengomunikasikan). Mengamati : -Siswa diarahkan oleh guru untuk berkreasi dengan mengamati banyak sekali benda dengan percaya diri. -Siswa mengamati gambar ihwal tekstur gula pasir dan gula halus (mengamati). -Siswa memegang untuk membedakan tekstur gula pasir dan gula halus yang diberikan guru (mengumpulkan informasi). -Siswa mengamati gambar ihwal banyak sekali baju dengan tekstur dan motif yang berbeda (mengamati). -Siswa mendeskripsikan gambar ihwal banyak sekali baju dengan tekstur dan motif yang berbeda (mengomunikasikan). -Siswa menjawab pertanyaan berkaitan dengan tekstur dan motif yang diamati (mengomunikasikan). -Siswa bertanya ihwal bentuk dan tekstur pada karya seni rupa (menanya). -Siswa mengamati gambar ihwal tekstur dan motif banyak sekali benda di lingkungan sekitar (mengamati). -Siswa membedakan tekstur dan motif banyak sekali benda di lingkungan sekitar (mengumpulkan informasi). -Siswa mengamati gambar benda yang bermotif timbul (mengamati). -Siswa bertanya ihwal motif timbul (menanya). -Siswa membedakan motif pada benda timbul (mengumpulkan informasi). -Siswa menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur tekstur (mengomunikasikan). | 150 Menit |
Penutup | 1.Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan/rangkuman hasil berguru selama sehari 2. Bertanya jawab ihwal materi yang telah dipelajari ( untuk mengetahui ketercapaian materi) 3.Melakukan evaluasi hasil belajar 4.. Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran). a. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb). b. Segera menunjukkan nasihat, apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang tepat dalam berdo’a, biar besok kalau berdo’a lebih disempurnakan. | 15 Menit |
G. Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Penilaian sikap : Percaya diri, teliti, dan santun.
b. Penilaian pengetahuan : Daftar periksa dan skor
c. Penilaian Keterampilan : Unjuk kerja gerakn bermain
2. Bentuk Intrumen Penilaian
a. Penilaian sikap
No | Nama siswa | Perubahan Tingkah laku | |||||||||||
Percaya Diri | Teliti | Santun | |||||||||||
BT | MT | MB | SM | BT | MT | MB | SM | BT | MT | MB | SM | ||
1 | Rudi | | | | | | | | | | | | |
2 | Dini | | | | | | | | | | | | |
3 | Santi | | | | | | | | | | | | |
4 | Nuni | | | | | | | | | | | | |
b. Penilaian pengetahuan
. Penilaian: Penskoran
1. Pengetahuan
a. Berdiskusi menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan (skor 100).
Banyak soal : 3 buah
Kunci balasan :
1) Senang, alasannya Tiur bahagia membantu ibu (skor 35).
2) Kerena Beni dan Tiur bahagia membantu (skor 35).
3) Baik, bahagia membantu (skor 30).
b. Menentukan suku yang belum diketahui dan kalimat matematika yang berkaitan dengan pengurangan (ruas kanan dan ruas kiri dari 2 suku) (skor 100).
Banyak soal : 4 buah
Kunci balasan :
1) 15 (skor 25)
2) 95 (skor 25)
3) 123 (skor 25)
4) 234 (skor 25)
c. evaluasi keterampilan
a. Rubrik Penilaian Membaca Teks Percakapan
No | Kriteria | Baik Sekali | Baik | Cukup | Perlu Bimbingan |
4 | 3 | 2 | 1 | ||
1 | Mempersiapkan alat/Bahan | | | | |
2 | Kreatifitas | | | | |
3 | Kebersihan | | | | |
4 | Kerapihan | | | | |
Mengetahui Pameungpeuk, 20 Juni 2014
Kepala SDN BOJONG 03 Guru Kelas 2
TAYAT, S.Pd.SD YANTI SUSANTI, S.Pd.
NIP.195905071979122006
0 Response to "√ Rpp Kls 2 Sd Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3"
Posting Komentar