√ Referensi Rpp Kls 2 Sd Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SDN BOJONG 03
Kelas / Semester : 2/1
Tema/Sub Tema/PB : Merawat Hewan dan Tumbuhan / Hewan diSekitarku
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima dan menjalankan fatwa agama yang dianutnya
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Matematika
Kompetensi Dasar
3.10 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang
atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
4.9 Mengumpulkan dan mengelompokkan data kategorikal atau diskrit
dan menampilkan data memakai grafik konkrit dan piktograf.
Indikator
3.10.3 Membandingkan hasil pengukuran berat dua benda.
4.9.1 Mengelompokkan data yang dikumpulkan berdasarkan jenisnya.
B.Indonesia
Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal teks laporan sederhana ihwal alam sekitar, hewan, dan flora
serta jumlahnya dengan pinjaman guru atau sahabat dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk
membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan
sederhana ihwal alam sekitar, hewan, dantumbuhan serta
jumlahnya secara berdikari dalam bahasa Indonesia mulut dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk membantu penyajian.
Indikator
3.1.4 Memprediksi isi teks laporan sederhana ihwal hewan di lingkungan sekitar.
3.1.5 Membaca nyaring teks laporan sederhana ihwal binatang di lingkungan sekitar.
4.1.6 Menyimpulkan hasil laporan sederhana ihwal pengamatan hewan
SBdP
Kompetensi Dasar
3.3 Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.9 Menirukan gerak binatang dengan mengamati secara pribadi atau
dengan media rekam.
Indikator
3.3.1 Mengidentifikasi banyak sekali bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari.
4.9.1 Menentukan gerakan binatang.
PPKn
Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda
Pancasila”
4.1 Mengamati dan menceritakan sikap di sekitar rumah dan sekolah
dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol
sila Pancasila
Indikator
3.1.1 Mengidentifikasi simbolsimbol sila Pancasila dalam lambang negara
“Garuda Pancasila”.
4.1.6 Menunjukkan sikap di sekitar rumah yang sesuai dengan sila-sila pada
Pancasila.
4.1.7 Menceritakan sikap yang dilakukan di sekitar rumah yang sesuai dengan
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati gambar Lani dan ayam peliharaannya, siswa sanggup memprediksi isi teks laporan sederhana tentang binatang di lingkungan sekitar dengan rasa ingin tahu yang tinggi dan sikap peduli.
2. Dengan penugasan dan tanya jawab ihwal gerakan ayam, siswa sanggup mengidentifikasi banyak sekali bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari dengan rasa ingin tahu yang tinggi.
3. Dengan tanya jawab dan penugasan pada lembar kerja, siswa sanggup memilih gerakan binatang tanggung jawab.
4. Dengan teks laporan ihwal ayam, siswa sanggup membaca nyaring teks laporan sederhana ihwal binatang di lingkungan sekitar dengan rasa ingin tahu yang tinggi dan sikap peduli.
5. Dengan melengkapi kalimat yang terdapat pada buku siswa, siswa sanggup menyimpulkan hasil laporan sederhana ihwal pengamatan binatang di lingkungan sekitar tanggung jawab dengan sikap peduli.
6. Dengan gambar binatang dan penugasan, siswa sanggup membandingkan hasil pengukuran berat dua benda dengan rasa ingin tahu yang tinggi.
7. Dengan menjawab soal berkaitan dengan hasil pengukuran dan penugasan, siswa sanggup mengelompokkan data yang dikumpulkan berdasarkan jenisnya tanggung jawab.
8. Dengan mengamati gambar Burung Garuda Pancasila, siswa sanggup mengidentifikasi simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dengan rasa ingin tahu yang tinggi.
9. Dengan tanya jawab dan penugasan, siswa sanggup memperlihatkan sikap di sekitar rumah yang sesuai dengan sila-sila pada Pancasila dengan
tanggung jawab.
10. Dengan penugasan, siswa sanggup menceritakan sikap yang dilakukan di sekitar rumah yang sesuai dengan simbol-simbol Pancasila dengan tanggung jawab.
D. Materi Pembelajaran
B.Indonesia : Laporan Teks Sederhana ihwal Hewan
Matematika : Membandingkan Hasil Pengukuran Dua Benda
SBDP : Bentuk Gerakan Binatang
PPKn : Simbol-simbol sila Pancasila E. Metode dan Pendekatan Pembelajaran
1. Metode :Penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab.
2. Pendekatan :saintifik ( mengamati, menanya mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan
F. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Gambar Lani dengan ayamnya.
2. Gambar pengukuran binatang.
3. Gambar Burung Garuda Pancasila. G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | 1.Mengkondisikan siswa ke dalam situasi pembelajaran aktif dan kreatif 2. Mengadakan apersepsi dengan mengajak semua siswa berdoa berdasarkan agama dan kepercayaan masing-masing dan komunikasi ihwal kehadiran siswa 3. Tanya jawab ihwal gambar acara dikelas 4. Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan . | 10 Menit |
Kegiatan Inti | Mengamati : •• Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar tentang Lani bersama binatang peliharaannya dengan rasa ingin tahu yang tinggi (mengamati). •• Siswa mengamati gambar Lani dengan binatang peliharaannya (mengamati). Menanya: •• Siswa menciptakan pertanyaan berdasarkan gambar yang diamati pada lembar kerjanya (menanya). •• Siswa saling menukarkan pertanyaan dengan teman sebangkunya. •• Siswa menjawab pertanyaan yang dibentuk temannya pada lembar kerja yang disediakan pada buku temannya (menalar). •• Siswa menjawab pertanyaan ihwal binatang peliharaan yang dimilikinya (menalar). •• Siswa mendiskusikan tanggapan yang dibentuk (mengomunikasikan). •• Guru mengarahkan siswa untuk sanggup menemukan kesepakatan tanggapan yang tepat. Membaca : • Guru mengamati acara membaca siswa, dan membimbingnya untuk sanggup memahami isi teks bacaan. • Siswa membaca teks singkat ihwal ayam peliharaan Lani (mencoba). Berkreasi : • Guru bertanya kepada siswa bagaimana bunyi ayam sambil memperagakan gerakan ayam dengan posisi tangan dikepak-kepakan ibarat sayap ayam dan kedua kaki yang ditekuk dari atas ke bawah. • Siswa mengidentifikasi bentuk gerakan ayam dari gerakan yang diperagakan guru (menalar). • Siswa mengerjakan lembar kerja ihwal gerakan ayam (mencoba). Membaca: • Siswa membaca teks laporan ihwal ayam (mencoba). Berlatih : • Siswa menjawab pertanyaan berkaitan teks laporan yang dibaca (menalar). • Siswa mendiskusikan tanggapan yang diberikan (mengomunikasikan). Menulis : • Siswa menciptakan kesimpulan pada lembar kerjanya berdasarkan isi teks laporan dengan melengkapi kalimat pada kolom pada buku siswa (mengomunikasikan). Berlatih : • Guru mengarahkan siswa mengamati gambar dengan cermat untuk sanggup menjawab pertanyaan ihwal hasil pengukuran. • Siswa mengamati gambar ihwal hasil pengukuran berat binatang (mengamati). • Siswa menjawab pertanyaan berkaitan dengan hasil pengukuran ihwal berat binatang (menalar). • Siswa mendiskusikan tanggapan pertanyaan berkaitan dengan hasil pengukuran berat binatang (mengomunikasikan). • Siswa mengelompokan data yang dikumpulkan dalam sebuah tabel (mencoba). • Guru membimbing siswa mengamati gambar Burung Garuda dan bertanya jawab ihwal gambar pada masing-masing sila Pancasila (mengamati). Mengamati : • Guru membimbing siswa mengamati gambar burung garuda, dan gambar yang melambangkan masingmasing sila Pancasila. • Siswa mengamati gambar ihwal Burung Garuda Pancasila (mengamati). • Siswa bertanya jawab ihwal simbol-simbol sila Pancasila pada gambar Burung Garuda Pancasila (menanya). Berlatih : • Guru membimbing siswa melafalkan Pancasila dengan kompak dan semangat. • Siswa melafalkan isi Pancasila (mencoba). • Siswa mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan simbol pada masing-masing sila Pancasila (menalar). • Siswa mendiskusikan arti masing-masing simbol Pancasila (mengomunikasikan). • Siswa mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan perilaku yang sesuai dengan nilai sila-sila Pancasila (menalar), berdasarkan gambar pada buku siswa. Bercerita : • Guru memperlihatkan pertanyaan kepada Siswa “apakah anakanak mau menceritakan pengalamannya ihwal perilaku di rumah yang mencerminkan isi Pancasila. • Siswa menceritakan sikap yang dilakukan di sekitar rumah yang sesuai dengan sila Pancasila sesuai nomor gambar (mengomunikasikan). | 150 Menit |
Penutup | 1.Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan/rangkuman hasil berguru selama sehari 2. Bertanya jawab ihwal materi yang telah dipelajari ( untuk mengetahui ketercapaian materi) 3.Melakukan evaluasi hasil belajar 4.. Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri acara pembelajaran). a. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb). b. Segera memperlihatkan nasihat, apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang tepat dalam berdo’a, supaya besok kalau berdo’a lebih disempurnakan. | 15 Menit |
H. Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Penilaian sikap : Percaya diri, teliti, dan santun.
b. Penilaian pengetahuan : Daftar periksa dan skor
c. Penilaian Keterampilan : Unjuk kerja gerakn bermain
2. Bentuk Intrumen Penilaian
a. Penilaian sikap
No | Nama siswa | Perubahan Tingkah laku | |||||||||||
Percaya Diri | Teliti | Santun | |||||||||||
BT | MT | MB | SM | BT | MT | MB | SM | BT | MT | MB | SM | ||
1 | Rudi | | | | | | | | | | | | |
2 | Dini | | | | | | | | | | | | |
3 | Santi | | | | | | | | | | | | |
4 | Nuni | | | | | | | | | | | | |
b. Penilaian pengetahuan
Penilaian Mengajukan Pertanyaan
No | Kriteria | Tercapai | |
Ya | Tidak | ||
1 | Mampu mengajukan pertanyaan | | |
2 | Mampu menjawab pertanyaan teman | | |
c. evaluasi keterampilan
a. Rubrik Penilaian Membaca Teks Percakapan
No | Kriteria | Baik Sekali | Baik | Cukup | Perlu Bimbingan |
4 | 3 | 2 | 1 | ||
1 | Mempersiapkan alat/Bahan | | | | |
2 | Kreatifitas | | | | |
3 | Kebersihan | | | | |
4 | Kerapihan | | | | |
Mengetahui Pameungpeuk, 20 Juni 2014
Kepala SDN BOJONG 03 Guru Kelas 2
TAYAT, S.Pd.SD YANTI SUSANTI, S.Pd.
NIP.195905071979122006
0 Response to "√ Referensi Rpp Kls 2 Sd Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1"
Posting Komentar