iklan

Perlu Tahu! 8 Trik Sukses Dalam Bisnis Retail

Bisnis retail menjadi bisnis yang paling berat dilakukan namun mempunyai banyak peminat. Sebagian besar peminat bisnis retail menganggap bisnis ini paling gampang dijalankan. Padahal persaingan cukup berat. Kira-kira apa saja trik supaya sukses menjalankan bisnis retail.


Meskipun tantangan besar bisnis retail cukup besar. Bisnis retail pun mempunyai peluang yang cukup besar. Namun ada yang menyampaikan retail beberapa tahun belakangan sedang hancur-hancurnya. Bagaimana supaya Anda sebagai pemilik bisnis retail tetap bisa bersaing dan sukses menjalankan bisnis.


Manfaatkan Omnichannel


Apa sih omnichannel? Omnichannel lebih fokus pada perhatian, kepuasana dan kenyamanan pelanggan dalam berbelanja. Bisnis yang dijalankan secara omnichannel akan memudahkan pelanggan untuk mendapat produk yang mereka inginkan. Ini lah yang harus dilakukan pebisnis retail supaya bisa sukses bersaing. Tantangan ini juga menjadi balasan bagi pebisnis retail yang takut akan persaingan.


Dengan hadirnya omnichannel, Anda bisa menyiapkan beberapa kawasan untuk memudahkan konsumen dalam membeli produk dari retail Anda. Seperti menyiapkan aplikasi pembelian, website, dan toko fisik untuk berbelanja.


Beri Perhatian Kepada Pelanggan


Konsumen yang mendapat perhatian lebih, akan mengakibatkan mereka loyal terhadap brand Anda. Cara memberi perhatian, misal ketika mereka tiba ke store fisik. Cobalah minta karyawan Anda untuk mendekati mereka dan menanyakan apa yang mereka butuhkan. Namun, hindari mengikuti pelanggan ketika mereka menentukan barang. Terkadang ada beberapa pelanggan yang risih jikalau berbelanja diikuti oleh pelayan toko Anda dan pelanggan sanggup merasa tidak betah.


Jika Anda merasa tidak bisa untuk mendekatinya ketika berbelanja langsung. Cobalah untuk meminta kasir Anda untuk meminta email ke pelanggan. Email ini akan berkhasiat untuk memperlihatkan gosip promo dan produk terbaru yang ada di toko Anda.


Memiliki Konsep


Berikanlah konsep yang menarik terhadap toko Anda. Dengan mempunyai konsep yang menarik, pelanggan akan gampang dalam mengenal toko retail milik Anda. Dengan adanya konsep, Anda juga bisa menentukan produk apa saja yang harus Anda sediakan di toko Anda.


Sehingga dengan adanya tema, pelanggan akan mengetahui. Toko Anda merupakan toko retail khusus apa. Ini akan memudahkan mereka mengingat. Sehingga bisa dengan gampang mendapat kesannya dengan baik. Salah satu trik sukses dalam bisnis retail.


Konsep yang baik dan terang akan membawa Anda gampang mendapat pelanggan yang potensial. Serta mendapat predikat toko unik dari customer. Dengan begitu Anda bisa mendapat pelanggan-pelanggan yang betul-betul membutuhkan bisnis retail Anda.


Memiliki Lokasi Retail Strategis


Lokasi menjadi salah satu elemen penting pada bisnis retail. Lokasi yang strategis, gampang dijangkau, mempunyai parkiran luas menjadi salah satu pilihan masyarakat dalam berkunjung ke toko retail Anda.


Jika Anda tidak mempunyai modal yang cukup, Anda bisa mencoba lokasi yang agak di dalam. Namun masih cukup ramai. Meskipun begitu Anda harus lebih effort untuk melaksanakan branding dengan baik. Sehingga akan banyak masyarakat yang mengenal toko Ada dengan mudah. Cara itu akan menjadi cara terbaik untuk mendapat hasil yang maksimal.


Branding


Sering sekali pengusaha enggan melakukan branding. Branding dianggap hanya bakar-bakar duit saja. Padahal tidak begitu. Agar toko retail Anda gampang untuk dikenal oleh masyarakat sekitar. Dengan branding, masyarakat akan mengetahui toko Anda. Selain itu, branding dengan memperlihatkan promo bisa menjadi salah satu cara gampang untuk mendapat pelanggan-pelanggan baru.


Promosi yang Menarik


Meskipun ada yang menyampaikan beberapa produk yang di jual di toko retail mempunyai laba yang sedikit. Namun dari laba yang sedikit, jikalau bisa di putar lagi, Anda bisa menjadikanya sebuah promo. Promo bisa menjadi salah satu cara untuk menarik customer baru.


Bisnis retail menjadi bisnis yang paling berat dilakukan namun mempunyai banyak peminat Perlu Tahu! 8 Trik Sukses dalam Bisnis Retail


Tak perlu takut kehilangan laba cukup banyak, Anda bisa memperlihatkan promo kreatif. Mungkin promo tersebut belum pernah dilakukan oleh kompetitor Anda. Anda bisa melakukannya untuk mendapat pelanggan-pelanggan gres yang lebih baik.


Manfaatkan Teknologi


Sekarang kurun teknologi, semua menurut teknologi. Selain Anda memanfaatkan website untuk berjualan. Anda juga harus menyediakan teknologi dengan baik untuk menunjang bisnis retail Anda. Teknologi juga bisa membantu Anda dalam menemukan pelayanan yang lebih efisien kepada masyarakat.


Teknologi juga bisa membantu Anda dalam mendapat hasil laporan pembukuan sampai laporan keuangan dari setiap penjualan di retail dengan baik. Dengan teknologi pembukuan, Anda bisa lebih gampang dalam melaksanakan setiap pencatatan sampai menciptakan laporan pajak. Salah satu teknologi yang bisa Anda gunakan untuk sukses dalam bisnis retail tentang teknologi keuangan bisnis yakni Accurate Online.


Tantangan retail di Indonesia salah satunya yakni problem teknologi. Banyak pebisnis yang enggan berinvestasi di bidang teknologi. Menganggap bahwa teknologi cukup mahal dan cukup memberatkan bagi pengusaha. Hingga membuatnya sulit mengeluarkan budget untuk teknologi. Padahal teknologi bisa membantu bisnis Anda berkembang lebih cepat.


Manajemen Usaha


Jika semuanya sudah dilakukan dengan baik. Namun manajemen bisnis retail Anda sangat buruk, maka apa yang Anda lakukan di atas akan sia-sia. Cobalah untuk selalu melaksanakan review administrasi perjuangan Anda. Baik dari sisi pelayanan, sisi penjualan, branding dan promo, sampai sisi keuangan. Lakukan semua dengan baik, supaya hasil yang diterima pun cukup baik.


Tantangan terbesar dari industri retail ketika ini yakni problem teknologi dan persaingan antar retail serta persaingan retail dan e-commerce. Tetapi jikalau bisnis retail Anda masih tetap bisa jalan dengan menyeimbangkan keduanya serta memanfaatkan multisales channel, retail Anda akan bisa bertahan dengan baik dan bisa sukses dalam bisnis retail.



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perlu Tahu! 8 Trik Sukses Dalam Bisnis Retail"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel