iklan

✔ Pengertian Soft Reset,Hard Reset,Flashing Atau Software Lengkap!

Pengertian soft reset kemudian hard reset dan flashing atau software pada perangkat hp atau ponsel smartphone android berbeda-beda.Anda jangan hingga salah dalam mengartikan semua istilah dalam dunia ponsel tersebut.

Maksud dari istilah soft reset kemudian hard reset dan flashing atau lebih dikenal dengan software memang sekilas nampak sama tetapi pada kenyatanya semua itu sangatlah berbeda.Memahami arti dari semua istilah diatas sangat berkhasiat untuk anda terutama untuk pengguna smartphone.


Penjelasan Soft Reset,Hard Reset dan Flashing/Software



Pengertian soft reset kemudian hard reset dan flashing atau software pada perangkat hp ata ✔ Pengertian Soft Reset,Hard Reset,Flashing atau Software LENGKAP!



Istilah dalam dunia ponsel memang sangat banyak dan dari semua istilah yang ada mempunyai klarifikasi fungsi serta tatacara penggunaan yang berbeda-beda.


Kenapa mengetahui hal ini sangat penting?

Sebelum menuju ke pembahasan utama,saya ingin menjelaskan kepada anda kenapa sangat penting untuk mengetahui hal tersebut.

Sebabnya sangat sederhana,yaitu : Karena dari semua istilah diatas mempunyai TATACARA dan FUNGSI yang berbeda.Jadi kalau ada sebuah kerusakan,anda TIDAK BOLEH hingga salah dalam melaksanakan langkah perbaikan.

Akan sangat tidak efektif kalau kerusakan yang seharusnya dapat diatasi dengan sofreset tetapi alasannya anda tidak tau,anda malah melaksanakan hardresat.

Sangat tidak lucu kalau ponsel anda yang rusak menjadi tambah rusak alasannya melaksanakan perbaikan yang salah,terlebih lagi kalau alasan anda salah alasannya tidak tau arti dari istilah yang telah anda lakukan untuk perbaikan ponsel.


Contoh sederhanaya menyerupai ini :

Anggaplah ponsel anda rusak ( blank ),kemudian ada seseorang yang menyarankan anda untuk melaksanakan sofreset,karena anda tidak mengerti,anda asal saja dalam melakukanya dan ternyata yang anda lakukan bukanlah sofreset melainkan haredreset.

Bukanya menjadi normal,ponsel anda dapat menjadi tambah rusak nantinya.


Jika alasan diatas tidak terlalu anda hiraukan,masih ada alasan lain yang berdasarkan saya lebih penting dan mungkin sangat penting,apa itu?

Jawabanya ialah : Supaya anda TIDAK TERLIHAT KONYOL didepan orang lain.

Bayangkan kalau ada teman atau saudara yang menanyakan sebuah istilah perbaikan ini kepada anda,karena anda tidak mengetahuinya,lalu anda menjawab asal saja ( sok tau ),bagaimana hasilnya?

Jika hingga orang yang faham dan mengerti mendengar balasan anda,anda akan terlihat sangat konyol didepan orang tersebut.Dan tentu saja hal tersebut dapat menciptakan anda aib sendiri bukan.


Daftar istilah dalam dunia ponsel atau hp smartphone android


Saya akan pribadi memperlihatkan beberapa daftar istilah yang sering dipakai dalam dunia ponsel atau gadget telpon genggam khususnya yang bertujuan untuk memperbaiki kerusakan atau mengatasi banyak sekali persoalan yang terjadi pada perangkat HP.

Adapun beberapa istilah yang sering dipakai antara lain :


1. Soft Reset ( kembalikan ke pengaturan pabrik )


Softreset ialah sebuah istilah dimana seseorang pengguna telpon genggam mengambalikan pengaturan ponselnya kembali menyerupai pengaturan pabrik/pengaturan awal.Mungkin akan lebih terang kalau saya pribadi mengambarkan langkah-langkahnya untuk anda.

Yang namanya sofresat itu langkahnya menyerupai ini :

  • Klik sajian " setting/pengaturan "
  • Pilih sajian " reset/cadangkan ulang "
  • Pilih " kembalikan ke pengaturan pabrik/reset now "
  • Tunggu proses hingga selesai
Langkah ini ialah sebuah langkah yang paling awal yang mungkin dapat anda lakukan ketika ponsel anda mengalami sebuah masalah.

Perlu anda ketahui bahwa kalau anda melaksanakan hal ini maka,semua pengaturan akan kembali menyerupai semula menyerupai : Nada dering yang kembali menyerupai awal lagi,pengaturan jam menjadi 00.00,pengaturan hari dan tahun serta SEMUA settingan yang sudah anda seting sebelumnya.

Selain itu,jika anda melaksanakan langkah ini,kemungkinan file-file penting yang ada dalam telpon anda akan terhapus.Tetapi,biasanya ada pilihan untuk mem back up file penting agar tidak ikut terhapus.

Jadi,jika anda ingin melaksanakan hal ini,saran saya ialah : Ganti sim card telpon anda dengan yang tidak terpakai ( untuk berjaga-jaga takutnya nomer telpon yang tersimpan terhapus ),dan juga menyimpan file penting didalam memori sesudah itu lepas memorinya ( jangan dipasang dikala melaksanakan sofreset ini ).


2. Hard Reset ( menciptakan ponsel menyerupai gres beli )


Hardreset ialah sebuah tindakan menghapus semua data baik itu file ( mp3,aplikasi,video dsb ) ataupun data lainya yang ada didalam ponsel serta menghapus semua cache/file sampah yang mungkin tersimpan atau tersembunyi dalam sebuah ponsel.

Tindakan ini akan benar-benar menghapus apapun yang ada didalam ponsel.Inilah kenapa saya katakan kalau tindakan ini akan menciptakan ponsel anda menyerupai gres membelinya di toko,karena semuanya akan dimulai dari awal lagi.


Perbedaanya dengan sofreset apa?

Perbedaan antara softreset dan hardreset terletak pada bagaimana ponsel menghapus file/data yang ada didalam ponsel.

Jika sofreset hanya menghapus file atau data yang " dikehendaki saja ",sedangkan hardresat benar-benar menghapus semua data,bahkan data-data yang tidak anda sadari keberadaanya ( menyerupai virus misalnya ).

Antara sofreset dan harreset,keduanya TIDAK MEMBUTUHKAN alat atau suplemen apapun.Semuanya dapat anda lakukan hanya dengan mengandalkan tombol-tombol yang sudah tersedia di ponsel anda.

Untuk melaksanakan langkah hardresat ini,anda cukup ikuti langkah berikut :
  • Pastikan baterai telpon anda penuh
  • Pastikan semua file penting sudah anda simpan di memori atau komputer atau daerah yang aman
  • Ganti simcard dengan yang tidak terpakai atau backup nomer telpon di daerah yang lain
  • Matikan ponsel anda
  • Tekan kombinasi tombol sesuai dengan MERK ponsel anda ( biasanya tombol power dan tombol volume ditekan bersamaan )
  • Akan terlihat tampilan menyerupai ini


Pengertian soft reset kemudian hard reset dan flashing atau software pada perangkat hp ata ✔ Pengertian Soft Reset,Hard Reset,Flashing atau Software LENGKAP!



  • Pilih " clear/wipe cache "
  • Pilih " wipe data "
  • Pilih " reboot now "
  • Tunggu proses hingga selesai
Setelah proses ini selesai,anda akan masuk sajian tampilan awal layaknya anda gres membuka ponsel dari box nya.

Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa : KODE TOMBOL BERBEDA-BEDA setiap merk.Jadi antara brand satu dengan yang lain,kombinasi tombolnya berbeda.Saya sudah tuliskan dalam artikel sebelumnya.

BACA :







3. Flashing/Software


Flashing ialah tindakan " mengganti " firmware yang ada didalam ponsel dengan firmware yang baru.Langkah ini lebih rumit dari kedua langkah sebelumnya alasannya dalam melaksanakan hal ini,anda membutuhkan sebuah firmware yang tersimpan dalam komputer/flasdisk untuk melakukanya.

Anda perlu tau kalau langkah ini SANGAT BERESIKO terhadap ponsel anda,terlebih lagi kalau hingga salah dalam melaksanakan tahapanya.Bisa-bisa ponsel anda malah menjadi MATI TOTAL.

Kaprikornus khusus untuk tahapan ini,saya sarankan kalau anda tidak berpengalaman,serahkan kepada orang yang hebat dan mengerti.Ini lebih baik daripada ponsel anda menjadi taruhanya.

Untuk melaksanakan tahapan ini,anda perlu :
  • Mempersipakan firmware yang sesuai
  • Bisa melalui komputer atau flasdisk
  • Sambungkan ponsel anda ke komputer atau flasdisk yang sudah terhubung
  • Pastikan ponsel dalam kondisi mati
  • Lakukan prosesnya
  • Selesai
Selain untuk membersihkan ponsel dari banyak sekali file yang tidak penting,langkah software ulang ini juga dapat anda lakukan untuk melaksanakan upgrade/downgrade sistem OS/firmware hp smartphone android anda.


Instal ulang itu apa?

Selain istilah diatas,masih ada lagi sebuah istilah yang berjulukan " instal ulang ".Sebenarnya,istilah ini lebih condong kearah flash/software,tetapi alasannya masih banyak yang tidak mengerti,jadinya masih banyak juga yang salah kaprah dalam mengartikanya.

Setelah membaca artikel ini,saya harapakan anda mengerti dan faham benar mengenai istilah-istilah dalam dunia ponsel.Dan jangan hingga salah lagi yaa.


Demikian pembahasan lengkap perihal pengertian dan maksud dari softreset,hardreset serta flashing atau software dan isntal ulang.Semoga dapat membantu anda,see uu.

Sumber http://www.pujihartono.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Pengertian Soft Reset,Hard Reset,Flashing Atau Software Lengkap!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel