iklan

Peluang Perjuangan Jasa Pembuatan Website Lengkap Dengan Analisa Usahanya

Jasa pembuatan website merupakan salah satu jenis bisnis online yang mempunyai prospek bagu Peluang Usaha Jasa Pembuatan Website Lengkap Dengan Analisa UsahanyaJasa pembuatan website merupakan salah satu jenis bisnis online yang mempunyai prospek bagus. Saya kira kita sudah tidak perlu membahas lagi bagaimana dahsyatnya peluang bisnis online ini. Semua jenis bisnis memerlukan website, mulai dari bisnis yang sifatnya perseorangan, bisnis UKM, apalagi bisnis corporate.


Disamping perjuangan jasa pembuatan website, ada beberapa jenis peluang bisnis online tanpa modal besar dan menguntungkan yang sangat layak untuk Anda geluti. Apa saja jenis bisnis online tersebut? Silakan klik 15 Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Besar Yang Menguntungkan. Tulisan tersebut akan memberi Anda citra lengkap mengenai 15 jenis bisnis online yang mempunyai prospek paling menggiurkan.


Selain mempunyai prospek menggiurkan, modal yang diharapkan dalam menggeluti perjuangan jasa pembuatan website juga terbilang kecil. Hanya berbekal laptop, Anda sudah sanggup memulai bisnis ini.


Di sisi lain, tidak ada patokan harga jual untuk jasa pembuatan sebuah website. Mulai dari Rp 300 ribu, hingga Rp 15 jutaan. Harga tertinggi yang pernah saya dengar, teman saya bahkan ada yang berhasil menjual jasa pembuatan website sebesar Rp 150 juta. Ada beberapa faktor yang turut memilih harga jual tersebut.


Faktor utama ialah diri Anda sendiri atau tim Anda. Kredibilitas dan jam terbang punya dampak besar terhadap penentuan harga dalam perjuangan jasa pembuatan website. Semakin banyak portofolio web yang pernah Anda (dan tim) selesaikan, maka Anda sanggup memilih harga lebih tinggi. Demikian pula jikalau ada beberapa perusahaan besar dalam portofolio Anda, maka sanggup dipastikan sanggup mendongkrak dapat dipercaya Anda dan tim. Kaprikornus jikalau Anda gres memulai, sebaiknya jangan pasang harga terlalu tinggi. Bahkan tak jarang pada tahap awal kita mengatakan layanan gratis hingga kita punya portofolio yang memadai.


Jadi jikalau ingin terjun dalam perjuangan jasa pembuatan website, Anda harus sanggup membangun kredibilitas. Dan kredibiltas tersebut salah satunya tercermin dari potofolio website yang pernah Anda garap.


Cara Memulai Usaha Jasa Pembuatan Website


Pertanyaan selanjutnya ialah bagaimana cara memulai perjuangan jasa pembuatan website? Prospeknya menggiurkan, modalnya kecil, kenapa tidak banyak orang yang menggelutinya? Pasti sebab sulit, apalagi jikalau tidak mempunyai latar belakang ilmu komputer atau informatika, tidak sanggup coding sama sekali.


Jika Anda beranggapan demikian Anda keliru. Untuk sanggup menciptakan website, Anda tidak harus punya latar belakang teknik informatika, atau mahir coding. Jaman now, kita benar-benar dimanjakan dengan kemajuan jaman dan teknologi. Bahkan Anda yang awam sekalipun sanggup dengan gampang menciptakan website dengan memanfaatkan CMS (Content Manajement System). Dan salah satu CMS paling populer, paling powerfull, dan paling saya rekomendasikan ialah WordPress.


Membuat website jadi sangat gampang dengan memakai wordpress. Jika belum tahu caranya, Anda sanggup mempelajarinya. Saya jamin gak bakal sulit. Langsung saja klik tutorial berikut: Cara Membuat Blog di WordPress. Tutorial tersebut memuat langkah demi langkah yang sangat gampang diikuti.


Jika sudah mempelajari dan mempraktekkan yang ada dalam tutorial tersebut, langkah selanjutnya jikalau Anda ingin menerapkannya dalam perjuangan jasa pembuatan website ialah memilih sasaran market.


Jika Anda menyasar pangsa pasar UKM, kemungkinan besar website yang dibutuhkan berbentuk online shop atau toko online. Banyak pelaku UKM yang sanggup jadi calon client Anda. Secara kuantitas banyak, namun dari segi harga, Anda tidak sanggup mematok harga tinggi.


Jika Anda ingin menjaring client harga tinggi, caba ceruk market corporate. Pada umumnya yang mereka butuhkan ialah website berbentuk company profile. Jumlahnya mungkin tak sebanyak UKM, namun jikalau Anda berhasil menjaring 1-2 customer saja per bulan, sudah cukup bagi Anda. Namun dibalik harga tinggi, tingkat kesulitannya juga tinggi. Tak jarang client menuntut customosasi web disana-sini, sehingga kita juga harus melaksanakan customisasi terhadap template wordpress yang kita miliki.


Nah, template wordpress ini menjadi langkah selanjutnya yang harus dipersiapkan dalam memulai perjuangan jasa pembuatan website. Siapkan template premium, jangan gunakan template gratisan! Jika menyasar pangsa pasar UKM, persiapkan beberapa template toko online. Sebaliknya jikalau berencana menjaring ceruk market corporate, siapkan template premium yang mempunyai fleksibilitas tinggi, Anda sanggup mencarinya di Themeforest.


Setelah semua siap, selanjutnya mulailah berkutat menciptakan marketing plan. Anda sanggup mengacu pada teladan marketing plan Kedai kopi yang pernah posting di Pojok Bisnis. Kalau belum pernah membacanya, silakan eksklusif ikuti tautan berikut ini Contoh Marketing Plan.Pastinya Anda harus menciptakan website untuk perjuangan Anda. Akan menjadi ironi jikalau Anda memperlihatkan jasa pembuatan website, tapi Anda sendiri tidak mempunyai website untuk perjuangan Anda tersebut.


Setelah semua siap, sekarang Anda pun siap launching perjuangan jasa pembuatan website. Namun sebelumnya, mari kita hitung dulu analisa usahanya.


Analisa Usaha Jasa Pembuatan Website


Modal Awal



  • 1 Unit Laptop: Rp 6.000.000,-

  • Beberapa Template Premium: Rp 1.000.000,-

  • Domain dan Hosting untuk web sendiri: Rp 500.000,-

  • JUMLAH: Rp 7.500.000,-


Biaya Operasional



  • Internet: Rp 350.000,-

  • Listrik: Rp 200.000,-

  • Transportasi dan Telepon: Rp 500.000,-

  • JUMLAH : Rp 1.050.000,-


Omset/Pendapatan


Asumsi jasa pembuatan website 1 bulan laris 1 website company profile Rp 5 juta, dan 5 website toko online @Rp 1,5 juta, maka omset per bulan:


= (5 x Rp 1.500.000) + Rp 5.000.000


= Rp 7.500.000 + Rp 5.000.000


= Rp 12.500.000,-


Laba Bersih/Keuntungan


= Omset – Biaya Operasional


= Rp 12.500.000 – Rp 1.050.000


= Rp 11.450.000,-


BEP (Break Event Point)


= Modal Awal / Keuntungan


= Rp 7.500.000 / Rp 11.450.000


= 0,65 bulan = 20 hari


Tidak hingga satu bulan tercapai titik BEP! Sudah niscaya jasa pembuatan website merupakan sebuah peluang perjuangan yang menjanjikan dan menguntungkan. Tunggu apalagi! Jika belum menguasai WordPress, segera mencar ilmu WordPress >>> DISINI.


Jika sudah menguasai WordPress, eksklusif saja take action pada step selanjutnya. Seperti telah diuraikan dalam sub pecahan Cara Memulai Usaha Jasa Pembuatan Website. Jangan takut kompetisi, sebab perjuangan apapun niscaya ada kompetitornya.



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Peluang Perjuangan Jasa Pembuatan Website Lengkap Dengan Analisa Usahanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel