iklan

Manfaat Memelihara Kucing Di Rumah Berdasarkan Agama Islam

MANFAAT MEMELIHARA KUCING – Kucing merupakan salah satu binatang yang halal disentuh dan dipelihara. Akan tetapi, masih ada beberapa keluarga yang enggan mempunyai hewan peliharaan dengan banyak sekali alasan. Padahal berdasarkan agama Islam, banyak sekali manfaat memelihara kucing di rumah.



Apa Saja Manfaat Memelihara Kucing?


Bukan hanya mengikuti sunnah, memelihara kucing juga bisa menciptakan suasana rumah lebih ceria dan ramai. Beberapa penelitian juga pertanda bahwa kucing bukan sumber utama penyebar toxoplasma.


Toxoplasma sendiri merupakan salah satu benalu yang bisa mengakibatkan seorang perempuan mengalami keguguran berkali-kali. Lantas, manfaat medis apa saja yang bisa diperoleh dari memelihara kucing di rumah berdasarkan agama Islam? Simak penjelasannya berikut ini.


Salah Satu Sumber Pahala


 Kucing merupakan salah satu binatang yang halal disentuh dan dipelihara Manfaat Memelihara Kucing di Rumah Menurut Agama Islam


Manfaat pertama yang diperoleh dari memelihara kucing berdasarkan Islam yakni menjadi salah satu sumber pahala. Dalam hadist Bukhari, bila seseorang memperlakukan hewan, meski binatang sembelihan dengan kasih sayang, maka Allah merahmati orang itu pada hari kiamat.


Seperti yang sudah umat Muslim ketahui, Rasulullah saw sangat menyukai kucing. Bahkan, dia tidak membangunkan Moeza, kucing yang tertidur di atas pakaiannya. Selain itu, dia juga tetap wudhu dari air yang sudah diminum binatang lucu ini.


Memelihara kucing berarti sedekah dan Rasul saw bersabda bahwa berbuat kebaikan pada setiap yang bernyawa ada pahalanya. Begitupula sebaliknya, Anda juga mungkin pernah mendengar kisah perihal insan yang masuk neraka sebab mengikat kucingnya bukan?


Menjaga Kebersihan Lingkungan


 Kucing merupakan salah satu binatang yang halal disentuh dan dipelihara Manfaat Memelihara Kucing di Rumah Menurut Agama Islam


Kucing memang tidak suka air, tapi bukan berarti membuatnya menjadi sarang basil sebab tidak mandi. Bahkan sebaliknya, basil yang sangat suka air tidak bisa untuk hidup di tubuh kucing. Apalagi kucing mempunyai kemampuan untuk menolak menjadi inang virus.


Selain itu, cara ‘mandi’ kucing ibarat ini membuatnya tidak gampang busuk badan. Beda dengan anjing yang bila berhari-hari tidak dimandikan, maka bisa menebarkan busuk tidak sedap pada lingkungan sekitarnya.


kucing bisa Anda manfaatkan untuk menangkap dan mengusir serangga serta tikus-tikus yang berkeliaran di dapur. Peran inilah yang membuatnya menerima penghargaan dari masyarakat Muslim. Pada periode ke-13, gambar kucing diabadikan dalam gesekan cincin.


Ada juga porselen dan mata uang yang menyertakan gambar binatang ini. Tidak hanya itu, penyair pada masa itu memasukkan kucing salam syairnya sebab ikut melindungi buku-buku mereka dari serangan tikus, rayap, dan serangga lainnya yang suka merusak buku.


Menjaga Kesehatan Pemeliharanya


 Kucing merupakan salah satu binatang yang halal disentuh dan dipelihara Manfaat Memelihara Kucing di Rumah Menurut Agama Islam


Keberadaan kucing di rumah juga turut andil dalam menjaga kesehatan fisik orang-orang di sekitarnya sebab bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu, binatang ini sangat cocok untuk dijadikan binatang peliharaan bagi penderita struk dan tekanan darah tinggi.


Kemudian, apakah Anda merasa senang dan bersemangat ketika melihat tingkah lucu kucing atau mengelus punggungnya? Manfaat untuk kesehatan mental inilah yang menciptakan Anda bebas stres. Hanya saja, belum banyak orang yang tahu dan menganggapnya hal biasa.


Cukup banyak penelitian yang sudah pertanda hal ini, bahwa terjaganya kesehatan mental bisa diperoleh dari memelihara kucing di rumah. Apalagi bila Anda termasuk orang yang mempunyai tabiat keras dan gampang marah, memelihara kucing sangat baik untuk Anda.


Dengan melihat tingkah laris kucing, maka kemarahan Anda bisa terobati. Kucing juga bisa menjadi sobat dan pendengar yang baik. Jadi, jangan segan untuk menceritakan persoalan Anda padanya. Respon berupa dengkurannya yang ibarat dzikir pun bisa menenangkan Anda.


Jika Anda mempunyai kenalan yang mempunyai anak yang menderita autis, sarankan untuk memelihara binatang ini. Kucing terbukti bisa memberi efek cukup siginifikan dalam meningkatkan kemampuan interaksi penderita autis.




Masih banyak manfaat memelihara kucing di rumah. Jika daerah tinggal Anda berada di area pesawahan, kucing bisa mencicipi binatang berbahaya yang masuk ke rumah, contohnya ular. Jadi, Anda bisa siap siaga menanganinya ketika binatang berbahaya itu benar-benar muncul.



Sumber https://tekooneko.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Memelihara Kucing Di Rumah Berdasarkan Agama Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel