iklan

√ Hakikat Penelitian Tindakan Kelas



Hakikat Penelitian Tindakan Kelas


wCEAAkGBxESDxQUEBIVFBAUFRUTFBQVFhcXFhUXFRQWFhUWFhQaHiggGBolGxcWIjEhJykwMC √ Hakikat Penelitian Tindakan Kelas


A.    Pengertian PTK
Penelitian tindakan kelas yakni penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai  guru, sehingga hasil berguru siswa menjadi meningkat.
 
B.     Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
1.      Adanya persoalan dalam PTK dipicu oleh munculnya kesadaran pada diri guru bahwa praktik yang dilakukannya selama ini di kelas memiliki persoalan yang perlu diselesaaikan.
2.      Self-reflective inquiry, atau penelitian melalui refleksi diri, merupakan ciri PTK yang paling esensial. Berbeda dengan penelitian biasa yang mengumpulkan data dari lapangan atau objek atau daerah lain sebagai responden, maka PTK mempersyaratkan guru mengumpulkan data dari praktiknya sendiri melalui refleksi diri.
3.      Penelitian tindakan kelas dilakukan di dalam kelas, sehingga fokus penelitian ini yakni acara pembelajaran berupa sikap guru dan siswa dalam melaksanakan interaksi.
4.      Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran. Perbaikan dilakukan secara sedikit demi sedikit dan terus menerus, selama acara penelitian dilakukan.

C.    Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Kelas
Penelitian tindakan kelas (PTK) tentu berbeda dri penelitian kelas (classroom research). PTK termasuk salah satu jenis penelitian kelas sebab memang penelitian tersebut dilakukan di dalam kelas. Namun penelitian kelas yang sanggup didefinisikan sebagai penelitian yang dilakukan di dalam kelas, meliputi tidak hanya PTK, tetapi juga aneka macam jenis penelitian yang dilakukan di dalam kelas. Penelitian kelas yang populer yakni penelitian yang dilakukan dengan memakai cara Flanders, yang mengamati proporsi berbicara antara guru dan siswa. Hasil-hasilnya mungkin sudah dibaca, yang masih menemukan bahwa guru selalu mendominasi pembicaraan di kelas. Jelas dalam penelitian kelas menyerupai ini, kelas dijadikan sebagai objek penelitian, dan penelitinya dilakukan oleh orang luar yang mengumpulkan data dengan cara mengamati guru mengajar.

D.    Mengapa PTK Perlu Dilakukan Oleh Guru ?
Penelitian kelas yang dilakukan oleh guru dipandang sebagai suatu unjuk kerja seorang guru yang profesional sebab studi sistematik yang dilakukan terhadap diri sendiri dianggap sebagai tanda (hallmark) dari pekerjaan guru yang profesional. Dari sisi ini ada dua argumentasi yang sanggup dikemukakan ( Hopkins, 1993. Hal.34-42 ).
Pertama, guru yang baik perlu memiliki otonomi dalam melaksanakan penelitian profesional, sehingga sesungguhnya, ia tidak perlu diberitahu apa yang harus dikerjakan.
Kedua,  ketidaktepatan paradigma penelitian tradisional dalam membantu guru memperbaiki kinerjanya dalam mengajar.

Sumber : Buku Penelitian Tindakan Kelas, karangan IGAK Wardhani,
                            dan Kuswaya Wihardit.



Sumber http://rofi-mustawan.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Hakikat Penelitian Tindakan Kelas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel