iklan

Fit And Proper Test



Upaya membuat sistem perbankan yang sehat, selain ditempuh dengan cara perbaikan kondisi keuangan perbankan, juga ditempuh dengan cara pemantapan sistem perbankan yang mengarahkan perbankan kepada praktek-praktek good corporate governance serta pemenuhan prinsip kehati-hatian. Bank sebagai forum intermediasi setiap ketika harus mempertahankan dan menjaga kepercayaan, oleh alasannya itu forum perbankan perlu dimiliki dan dikelola oleh pihak-pihak yang memenuhi persyaratan kemampuan dan kepatutan.


Perkembangan industri perbankan yang dinamis membutuhkan pemilik yang selain mempunyai integritas juga mempunyai kesepakatan dan kemampuan yang tinggi dalam mendukung pengembangan operasional bank yang sehat. Selain itu dalam pengelolaan bank diharapkan sumber daya insan yang mempunyai integritas yang tinggi, berkualitas dan mempunyai reputasi keuangan yang baik.

Sehubungan dengan hal tersebut diharapkan proses uji kemampuan dan kepatutan terhadap calon pemilik dan calon pengelola bank melalui penelitian administratif yang lebih efektif dan proses wawancara yang lebih efisien, dengan tetap memperhatikan pemenuhan persyaratan yang ditetapkan. Selanjutnya sebagai pelaksanaan kiprah pengawasan Bank oleh Bank Indonesia (Sekarang OJK) secara berkesinambungan, terhadap pihak–pihak yang telah menerima persetujuan dari OJK, dilakukan evaluasi kembali atas kemampuan dan kepatutannya sebagai pemilik dan pengelola Bank.

Dalam rangka melindungi industri bank dari pihak-pihak yang diindikasikan tidak memenuhi persyaratan kemampuan dan kepatutan, evaluasi kembali dilakukan melalui proses yang lebih singkat dan transparan tanpa mengabaikan azas keadilan bagi pihak yang diuji. Tujuan uji kemampuan dan kepatutan yakni biar industri perbankan senantiasa dimiliki dan dikelola oleh pihak-pihak yang memenuhi persyaratan maka sudah menjadi keharusan untuk tidak memperlihatkan ruang bagi pihak yang melaksanakan tindakan yang diindikasikan tidak memenuhi persyaratan kemampuan dan kepatutan.

Berikut ini yakni ketentuan mengenai FnP:

Ketentuan Fit and Proper Test Bank Umum (PBI): Download
Rancangan POJK FnP Bank Umum: Download
Ketentuan Fit and Proper Test BPR(PBI): Download



Mari Berteman ^^
David Iskandar | Create Your Badge

Sumber http://belajarperbankangratis.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fit And Proper Test"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel