iklan

Cara Menciptakan Arang Sekam Padi

Arang sekam mempunyai banyak kegunaan baik di dunia pertanian maupun kebutuhan industri. Para petani memanfaatkan arang sekam sebagai penggembur tanah, materi pembuatan kompos, bokashi, takakura, media tanam dan media persemaian.


Arang sekam dibentuk dari pembakaran tak tepat atau pembakaran parsial sekam padi. Bahan baku arang sekam bisa didapatkan dengan gampang di tempat-tempat penggilingan beras.  Bahkan di beberapa tempat, sekam padi dianggap sebagai limbah. Sebanyak 20-30% dari proses penggilingan padi akan dibuang dalam bentuk sekam padi.


Cara menciptakan arang sekam


Ada aneka macam cara menciptakan arang sekam padi. Berikut ini akan diuraikan cara sederhana dan efektif untuk menciptakan arang sekam sendiri. Terdapat dua tahapan, yaitu tahap penyiapan alat pembakaran dan tahap proses pembakaran sekam padi.


Membuat alat pembakaran



  1. Cari tong silinder atau drum yang terbuat dari besi, seng, alumunium atau logam yang tahan api lainnya. Sebaiknya berukuran kurang lebih 20 liter. Kemudian buang salah satu dari bantalan atau atap silinder tersebut.

  2. Pada bab bantalan atau atap silinder yang tidak dibuang, buat lubang berbentuk bulat dengan diameter 10 cm. Usahakan lubang terdapat tepat ditengah-tengah bulat atau berada di titik sentra diameter silinder.

  3. Kemudian buat lubang-lubang dengan paku atau pahat pada dinding silinder (diamater kurang lebih 0,5 cm) dengan jarak antar lubang sekitar 2-3 cm. Lubang ini berfungsi untuk membuang panas dari materi bakar ke tumpukan sekam padi, tanpa harus mengkremasi sekam secara langsung.

  4. Cari atau buat pipa seng sepanjang 1 cm dengan diamater 10 cm. Masukkan pipa seng tersebut kedalam lubang yang telah dibentuk pada bantalan atau atap silinder, sehingga berfungsi sebagai cerobong asap bagi kamar pembakaran yang ada di silinder utama.

  5. Rekatkan pipa dengan cara dilas sehingga pipa bangkit tegak lurus di atas silinder. Atau letakkan pipa cerobong pada lubang yang ada di silinder, ganjal dengan paku dan ikat dengan kawat besi supaya pipa cerobong bisa bangkit tegak dan tidak melesak ke dasar silinder.


Arang sekam mempunyai banyak kegunaan baik di dunia pertanian maupun kebutuhan industri Cara menciptakan arang sekam padi


Proses pembakaran arang sekam



  1. Pilih lokasi pembakaran yang jauh dari perumahan atau jalan, alasannya yakni proses pembakaran sekam padi akan menjadikan asap yang tebal. Sebaiknya bantalan kawasan pembakaran terbuat dari lantai keras yang tahan panas, atau alasi bab bawah dengan plat seng sebelum melaksanakan pembakaran. Hal ini untuk memudahkan pengambilan arang sekam.

  2. Buat api unggun seukuran silinder yang telah kita buat sebelumnya. Bahan bakarnya bisa memakai kertas koran, kayu bakar atau daun-daun kering. Kemudian nyalakan api, kemudian tutup api tersebut dengan silinder yang telah diberi cerobong asap tadi.

  3. Timbun ruang pembakaran silinder yang didalamnya sudah ada nyala api dengan beberapa karung sekam padi. Penimbunan dilakukan menggunung ke atas setinggi kurang lebih 1 meter dengan puncak timbunan cerobong asap yang menyembul keluar.

  4. Setelah 20-30 menit atau ketika puncak timbunan sekam padi terlihat menghitam, naikkan sekam yang masih berwarna coklat di bawah ke arah puncak. Lakukan terus hingga semua sekam padi menghitam sempurna.

  5. Setelah semua sekam bermetamorfosis hitam, siram dengan air hingga merata. Penyiraman dilakukan untuk menghentikan proses pembakaran. Apabila proses pembakaran tidak dilarang maka arang sekam akan bermetamorfosis abu.

  6. Setelah disiram dan suhunya menurun, bongkar gunungan arang sekam dan keringkan. Kemudian masukkan ke dalam karung dan simpan di kawasan kering.


Untuk melihat tahap demi tahap cara menciptakan arang sekam secara visual, silahkan tengok video tutorial yang dibentuk oleh Serikat Petani Indonesia berikut ini:





Manfaat arang sekam padi


Di dalam tanah, arang sekam bekerja dengan cara memperbaiki struktur fisik, kimia dan biologi tanah. Arang sekam bisa meningkatkan porositas tanah sehingga tanah menjadi gembur sekaligus juga meningkatkan kemampuan tanah menyerap air.


Secara biologis, tanah yang gembur merupakan media yang baik bagi tumbuh dan berkembangnya organisme hidup. Baik yang berupa mikroorganisme menyerupai kuman akar maupun makroorganisme menyerupai cacing tanah. Kelebihan lainnya, arang sekam tidak membawa mikroorganisme patogen. Karena proses pembuatannya yang melalui pembakaran sehingga relatif steril.


Secara kimia, arang sekam mempunyai kandungan unsur hara penting menyerupai nitrogen (N), fosfor (P), kalium (K), kalsium (Ca) dan Magnesium (Mg). Keasamannya netral hingga alkalis dengan kisaran pH 6,5 hingga 7. Arang dari sekam padi tidak mengandung garam-garam yang merugikan tanaman.


Arang sekam kaya akan kandungan karbon, dimana unsur karbon sangat dibutuhkan dalam menciptakan kompos. Dari beberapa penelitian diketahui juga kemampuan arang sekam sebagai absorban yang bisa menekan jumlah mikroba patogen dan logam berbahaya dalam pembuatan kompos. Sehingga kompos yang dihasilkan bebas dari penyakit dan zat kimia berbahaya.


Diperkotaan, arang sekam banyak dibutuhkan untu media tanam flora hias. Kelebihan media ini yakni bobotnya yang ringan dan gampang dibersihkan dari akar tanaman. Sifat menyerupai ini dibutuhkan untuk tanaman-tanaman yang akan didistribusikan.



Sumber https://alamtani.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menciptakan Arang Sekam Padi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel