iklan

√ Cara Mematangkan Nasi Setengah Matang Yang Dapat Kau Coba

Nasi merupakan makanan pokok kita sehari-hari. Beberapa orang bahkan tidak merasa kenyang kalau belum menyantap nasi walaupun mereka sudah makan banyak (termasuk penulis). Entah apa yang terjadi, tapi hal ini memang sering dirasakan hampir setiap hari. Mungkin saja alasannya sudah kebiasaan, sehingga otak hanya merespon perut kenyang ketika diisi sumber karbohidrat berupa nasi.


Nasi berasal dari beras yang dimasak hingga matang. Orang yang sudah bakir memasak menyerupai ibu kita niscaya sanggup menanak nasi hingga pulen. Jika dulu kita sering menyaksikan ibu kita memasak nasi dengan alat tradisional di atas tungku, kini sudah beda lagi. Mayoritas orang mungkin sudah mengandalkan teknologi untuk menciptakan nasi, yaitu dengan Rice Cooker.


Walaupun sudah dipermudah, nyatanya tidak semua orang sanggup menanak nasi dengan Rice Cooker. Bahkan, tidak jarang kesudahannya pun kurang manis menyerupai terlalu ‘biye dalam bahasa Sunda’ atau setengah matang. Hal itu sanggup dikarenakan air yang ditambahkan ke dalam beras terlalu banyak atau terlalu sedikit (walaupun sudah ada tanda ukurnya di pancinya).


Jika beras yang kesudahannya menyerupai bubur masih sanggup dimakan, kemudian bagaimana dengan nasi setengah matang? Bisakah dimatangkan kembali? Tentu saja bisa. Akan tetapi, kesudahannya tidak akan sebaik beras yang dimasak secara sempurna. Hal ini lebih baik dilakukan supaya nasi tersebut tidak terbuang percuma.


Cara Mematangkan Nasi Setengah Matang


1. Menggunakan Langseng atau Panci Steamer


Nasi merupakan makanan pokok kita sehari √ Cara Mematangkan Nasi Setengah Matang yang Bisa Kamu Coba


Dulu, langseng yaitu salah satu media utama untuk memasak nasi. Sekarang alat ini sudah jarang dipakai untuk melaksanakan hal tersebut, namun tetap dipakai sebagai sarana pengukus (steamer). Ukuran alat ini majemuk dan sanggup dipilih sesuai kebutuhan. Nasi setengah matang sanggup kau coba matangkan dengan langseng atau panci steamer loh. Caranya juga cukup gampang dan tidak ribet. Berikut ini yaitu langkah-langkah yang perlu kau lakukan:



  • Siapkan Langseng


Nasi merupakan makanan pokok kita sehari √ Cara Mematangkan Nasi Setengah Matang yang Bisa Kamu Coba

* sumber: pixabay.com


Yang pertama kali harus kau siapkan yaitu langseng atau panci pengukus. Pastikan alat ini sedang dalam kondisi lengkap dan tidak rusak. Komponen yang harus ada pada langseng yaitu epilog langseng dan saringan yang biasa ditempatkan di dalam langseng.



  • Siapkan Kain Saringan Nasi


Nasi merupakan makanan pokok kita sehari √ Cara Mematangkan Nasi Setengah Matang yang Bisa Kamu Coba


Yang dulu sering memperhatikan ibunya menanak nasi niscaya mengenal kain ini. Alat ini dipakai sebagai medium pembungkus nasi supaya tidak berserakan ketika sedang dikukus. Kain saringan nasi ini sanggup kau temukan di pasar tradisional dan sanggup dibeli dengan harga yang sangat murah.



  • Tambahkan Air


Nasi merupakan makanan pokok kita sehari √ Cara Mematangkan Nasi Setengah Matang yang Bisa Kamu Coba

* sumber: www.couponclippingcook.com


Sekarang, kau perlu menambahkan air pada langseng. Batas pengisian airnya yaitu pada saringan yang ada di dalam langseng. Sebaiknya jangan hingga menyentuh bab atas saringan apalagi melebihinya. Jika demikian, maka nasi yang akan dimatangkan sanggup lembap banyak. Hal ini sudah terbayang, kan?



  • Bungkus Nasi


Sekarang, kau perlu membungkus nasi setengah matangnya dengan kain saringan nasi tadi. Siapkan bejana atau mangkok yang kira-kira akan cukup untuk memuat nasi yang ingin kau bungkus. Tempatkan kain saringan nasi pada bejana tersebut, kemudian mulai isi dengan nasi setengah matangnya. Jika sudah selesai, pegang keempat ujung kain tersebut dan buntel nasi dengan aman.



  • Hidupkan Pengapian


Nasi merupakan makanan pokok kita sehari √ Cara Mematangkan Nasi Setengah Matang yang Bisa Kamu Coba

* sumber: www.pexels.com


Selanjutnya yaitu kau harus menghidupkan pengapian atau kompor. Tempatkan langseng yang sudah diisi air tersebut di atas kompor, kemudian masukan juga buntelan nasinya ke dalam langseng yang sudah terpasang saringan. Setelah itu, tutup rapat-rapat.



  • Kukus Nasi


Nasi merupakan makanan pokok kita sehari √ Cara Mematangkan Nasi Setengah Matang yang Bisa Kamu Coba


Ini yaitu ketika yang paling penting, yaitu mengukus nasi setengah matang tadi. Lama waktu pengukusan tergantung dari kondisi dan jumlah nasi setengah matang itu. Jika masih terlihat menyerupai butiran beras (terasa masih cukup keras), maka waktu pengukusan sanggup lebih lama.


Kamu sanggup mengecek secara bersiklus nasi yang sedang kau kukus. Pastikan juga air di dalam langseng tidak mengering. Jika nasi masih belum matang dan air dalam langseng sudah hampir habis, isi lagi dengan hati-hati (angkat dulu buntelan nasi kemudian tambahkan air supaya tidak mengenai nasinya). Kemudian kukus lagi nasi hingga matang.



  • Sajikan Nasi


Nasi merupakan makanan pokok kita sehari √ Cara Mematangkan Nasi Setengah Matang yang Bisa Kamu Coba

* sumber: www.finecooking.com


Setelah nasi sudah dirasa cukup matang, kau sanggup mematikan pengapian kemudian mengangkat buntelan nasi tersebut. Sajikan nasi pada wadah yang sudah disiapkan sebelumnya. Biarkan nasi cukup hangat supaya sanggup disantap dengan nyaman.


Nah, itulah langkah-langkah gampang mematangkan nasi setengah matang dengan memakai langseng atau panci pengukus. Cara ini sudah dicoba oleh penulis dan berhasil! Walaupun nasinya tidak pulen, namun tetap yummy disantap dengan lauk pauk.


Lalu, bagaimana kalau tidak punya langseng dan kawan-kawannya? Tenang, kau masih sanggup memakai Rice Cooker kok. Bahkan cara ini sanggup lebih simpel dibanding cara di atas. Berikut yaitu langkah-langkahnya.


2. Menggunakan Rice Cooker


Nasi merupakan makanan pokok kita sehari √ Cara Mematangkan Nasi Setengah Matang yang Bisa Kamu Coba


Suatu saat, penulis pernah memasak nasi dengan Rice Cooker, tapi alasannya airnya terlalu sedikit nasinya jadi kurang matang. Agar nasi sanggup dimatangkan kembali, penulis melaksanakan langkah-langkah di bawah ini (dalam kasus nasi dimasak dengan Rice Cooker juga sebelumnya).



  • Ukur Tingkat Kematangan


Yang pertama yang perlu dilakukan yaitu mengukur tingkat kematangan nasi tersebut. Kamu sanggup mencoba memakan sedikit nasi tersebut dan mencicipi bagaimana kondisinya. Apakah nasi tersebut masih sangat belum matang atau hampir matang, sanggup kau ukur dengan hal tersebut.



  • Tambahkan Air


Setelah mengetahui tingkat kematangan nasi, selanjutnya yaitu menambahkan air higienis pada nasi tersebut secukupnya. Kemudian aduk-aduk lagi hingga air meresap secara menyeluruh dan ratakan nasi tersebut. Jika sudah, tutup kembali Rice Cooker-nya.



  • Kukus Kembali


Setelah air yang ditambahkan pada nasi setengah matangnya dirasa cukup, maka kau sanggup mengukus kembali nasi tersebut. Ubah tombol Rice Cooker yang tadinya Warm menjadi Cook kembali. Setelah itu tunggu beberapa ketika hingga nasi sudah dimatangkan ulang (Rice Cooker akan bekerja otomatis menyerupai biasanya).


Itulah cara kedua yang sanggup kau coba untuk mematangkan nasi setengah matang. Cara ini sanggup diaplikasikan oleh kau yang sedang merantau dan ngekos sendirian.


Kedua cara memasak kembali nasi yang kurang matang sudah dibahas di atas. Hal ini tentu saja didasarkan pada pengalaman yang dirasakan sendiri oleh penulis dan sukses dilakukan. Bahkan cara lain juga pernah dicoba, yaitu mengubah nasi setengah matang tersebut menjadi bubur yang nikmat. Yang ini mungkin sanggup jadi cara terakhir kalau sudah putus asa dengan nasi ‘gigih’ tersebut.


Memasak nasi sendiri sedikitnya sanggup menghemat pengeluaranmu. Jika kau tinggal sendirian, yang perlu dilakukan hanyalah membeli lauknya saja di warung-warung terdekat. Jika dibandingkan membeli makanan secara langsung, berdasarkan penulis cara ini sanggup lebih hemat. Namun, kalau kau bermasalah dengan nasi lembek dan ingin membuatnya menjadi keras, sanggup simak artikel 6 Cara Membuat Nasi yang Lembek Menjadi Keras ini.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Cara Mematangkan Nasi Setengah Matang Yang Dapat Kau Coba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel