iklan

Analisa Klbf (Kalbe Farma) – Cup With Handle

PT Kalbe Farma Tbk, merupakan salah satu perusahaan farmasi yang melantai di Bursa Efek Indonesia dengan arahan saham KLBF.

Analisa fundamental

Berikut ringkasan kinerja keuangan PT Kalbe Farma Tbk.

  2012 2011 2010 2009 2008
  Q1 A A A A
Peningkatan EPS +24% +15% +41% +35% +3%
Peningkatan pendapatan +28% +7% +13% +15% +13%
Peningkatan keuntungan operasi +26% +9% +14% n/a n/a
Return on equity (ROE) 24% 23% 24% 22% 20%
Debt to equity ratio (DER) 0,25 0,27 0,31 0,39 0,38

Analisa abjad  C & A dalam formulasi CAN SLIM

Laba (per lembar saham) kuartal terakhir yaitu kuartal 1 tahun 2012 (C -> current quarter earning) meningkat sebesar 24% (EPS) dibandingkan dengan keuntungan yang diperoleh di kuartal 1 tahun 2011.

Peningkatan keuntungan tiap tahun (A -> annual earning increase) stabil diatas 15% dalam 4 tahun terakhir (peningkatan EPS tahun 2012, 2011, 2010, 2009).

Pada kuartal 1 tahun 2012, prosentase peningkatan EPS (24%) dan keuntungan operasi (26%) hampir seimbang. Ini untuk memastikan bahwa keuntungan yang diperoleh merupakan hasil dari operasi perusahaan (secara dominan).

Dari sisi hutang, rasio hutang terhadap modal (DER -> dept to equity ratio) cendrung menurun. Penurunan jumlah hutang akan mengurangi biaya bunga yang harus dibayarkan oleh perusahaan kepada kreditor.

Analisa abjad L dalam formulasi CAN SLIM

Perusahaan farmasi yang melantai di BEI selain Kalbe Farma Tbk ada Tempo Scan Pasific Tbk (TSPC), Kimia Farma Tbk (KAEF), Indo Farma Tbk (INAF) dan beberapa yang lainnya. Kalbe Farma merupakan pemimpin pasar(L -> Leader or laggard) bila dibandingkan dengan perusahaan sejenis di sektornya. Pemimpin baik dari segi aktifitas perdagangan di bursa (likuid) maupun dari segi kapitalisasi pasar.

Analisa abjad N dalam formulasi CAN SLIM

Kalbe Farma telah melaksanakan riset dan mengalokasikan dana untuk riset produk gres senilai 120 milyar (Info Bank News 3 Des 2011). Disamping itu Kalbe Farma juga melaksanakan investasi untuk pembangunan pabrik gres senilai 200 milyar (Bisnis Indonesia 13 Februari 2012).  Ini memperlihatkan indikasi akan munculnya produk-produk unggulan gres dari Kalbe Farma (N -> New product, New management, New high)

Analisa Teknikal

Analisa abjad M dalam CAN SLIM

Pasar secara umum masih down demam isu akhir krisis global di Eropa. Pada guncangan bursa dalam 4 ahad sebelumnya, Kalbe Farma juga terkoreksi, namun cepat membaik ketika penurunan di bursa mulai mereda. Secara individual, arah pergerakan harga saham Kalbe Farma (M -> market direction) mulai tren naik dan mencoba menembus harga resistennya.
 merupakan salah satu perusahaan farmasi yang melantai di Bursa Efek Indonesia dengan arahan Analisa KLBF (Kalbe Farma) – cup with handle
Dalam grafik harga saham mingguan, terlihat contoh harga yang mirip cangkir bertangkai (cup with handle).  Pola cangkir terbentuk selama lebih kurang 7 bulan. Lalu mengalami koreksi normal membentuk tangkai (handle). Konsolidasi di wilayah tangkai sudha berlangsung selama 7 minggu.

Pada penutupan sore ini (13 Juni 2012) saham Kalbe Farma ditutup diharga 3975. Ini sudah mendekati harga resisten yang harus ditembus yaitu 4050 (buy point).   Amati terus pergerakan harga Kalbe Farma, dan bila sudah diperdagangkan di buy point, siap-siap untuk membeli.

Disarankan untuk tidak mendahului (membeli dibawah buy point). Membeli di buy point yakni untuk memastikan bahwa ada seruan (demand) yang besar sehingga harga Kalbe Farma bisa melambung melewati harga resisten (buy point). Jika membeli dibawah buy point, harga masih cendrung berfluktuasi dikisaran sempit. Dan bagi anda yang tidak sabaran, situasi ini akan menjengkelkan. Disamping itu, saham yang masih berada dibawah buy point berpotensi melemah kembali bila situasi bursa (secara umum) melemah. Pelemahan bisa cukup dalam.  Pola cup with handle yang gagal breakout (menembus resisten) akan cendrung terkoreksi membentuk contoh double buttom.  Dan bila ini yang terjadi, saham Kalbe Farma bisa terpental ke buttom sebelumnya dikisaran 2600.

Selalu kendalikan emosi anda di bursa 🙂


Sumber https://www.sahamok.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Analisa Klbf (Kalbe Farma) – Cup With Handle"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel