iklan

✔ Akibat/Resiko Salah Instal Ulang Hp Android

Akibat atau resiko yang dapat terjadi jikalau anda salah instal ulang hp android terbagi menjadi 2 kemungkinan yaitu kerusakan yang ringan dan yang parah.Kerusakan ringan ialah yang masih dapat diatasi dengan langkah yang relatif gampang sedangkan kerusakan parah biasanya harus dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman.

Resiko atau akhir salah dalam menginstal ulang hp smartphone android dapat berdampak pada kerusakan software bahkan hardware ponsel anda.Silahkan fahami artikel ini biar anda mengerti dengan lebih baik.


Salah Instal Ulang Hp Android



Akibat atau resiko yang dapat terjadi jikalau anda salah instal ulang hp android terbagi menja ✔ Akibat/Resiko Salah Instal Ulang Hp Android



Instal ulang ialah sebuah tindakan untuk mengembalikan sistem atau software telepon yang sudah rusak dan menggantinya dengan sistim yang gres dan masih bagus.

Sebenarnya,istilah instal ulang TIDAK ADA dalam dunia gadget,yang ada itu soft reset,hard reset dan flash/flhasing.Sedangkan istilah menginstal ulang ini ialah sebutan yang sering dipakai oleh para pengguna ponsel saat memperbaiki ponsel yang rusak.

Dalam melaksanakan flashing ini,biasanya para teknisi memakai pemberian komputer untuk mengganti sistem software didalam ponsel.

Karena komputer juga hanya sebuah mesin,kesalahan sekecil apapun dapat saja terjadi dan sayangnya,didalam melaksanakan flashing ini,TIDAK BOLEH ada kesalahan sedikitpun.


Kenapa dihentikan salah dalam menginstal ulang android?


Sebelum menjawabnya,saya ingin menjelaskan sedikit,bahwa dalam sebuah ponsel itu terdiri dari 2 komponen dasar,yaitu :
  • Mesin ( hardware ) dan
  • Software ( aplikasi/sistem )
Flashing dilakukan JIKA kerusakan yang terjadi terletak pada serpihan softwarenya,karena jikalau hardware/mesin yang rusak,maka jalan satu-satunya ialah mengganti komponen dengan yang gres ( DENGAN MEMBONGKARNYA ).

Sedangkan flashing ini,walaupun " kalimatnya " mengganti softwarenya,kegiatan ini TIDAK PERLU untuk membongkar dan mengganti serpihan atau komponen didalam mesin.


Lalu,jika salah kenapa?

Jika dalam melakukanya,anda melaksanakan kesalahan maka,software atau sistem usang yang rusak yang akan anda ganti dengan yang baru,bukanya menjadi normal malah dapat bertambah rusak.Dan kerusakan yang ditimbulkan tidak main-main.


Kerusakan yang terjadi jikalau salah instal ulang smartphone/HP android


Adapun beberapa kerusakan yang dapat timbul dan terjadi jikalau anda salah dalam melaksanakan flashing antara lain :


1. Ponsel gampang heng/ngebleng


Hal yang paling ringan saat anda melaksanakan kesalahan ialah : Ponsel anda menjadi gampang sekali blank.Baru dipasang/digunakan sebentar sudah blank dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Kesalahan ini memang sering terjadi,dimana paling banyak masalah ialah : Teknisi keliru dalam menentukan firmware yang dipasang untuk mengganti sistem yang lama.

Selain alasannya ialah kesalahan pemilihan firmware,keliru dalam menentukan sistem OS juga dapat menjadikan ponsel anda menjadi sering " gagu " alias mendadak stuck tidak dapat dipakai padahal layarnya menyala.


2. Bootloop


Bootloop ialah sebuah kondisi atau kerusakan pada perangkat ponsel yang ditandai dengan HANYA menyala lampu led saja saat dinyalakan atau hanya bergetar saja saat dinyalakan tetapi tidak dapat masuk kedalam hidangan utama alias layar masih blank hitam.

Botlop terjadi dikarenakan banyak hal salah satunya kesalahan saat memperbaiki firmware atau kesalahan menginstal ponsel.

Seperti yang saya katakan diawal bahwa acara menginstal ponsel harus dilakukan tanpa adanya kesalahan.Jika anda melakukanya dengan TIDAK BENAR,maka bootlop ialah salah satu duduk masalah yang dapat terjadi.


3. Mati total/MATOT


Yang paling parah jikalau anda salah instal ulang hp android ialah matinya sistem ponsel anda.Matot ialah sebuah istilah dimana ponsel benar-benar tidak dapat dinyalakan,bahkan di cas pun tidak ber reaksi apapun.

Inilah kondisi atau kerusakan yang paling parah yang dapat menimpa gadget kesayangan anda jikalau anda hingga salah saat melaksanakan flasing.

Jika sudah ibarat ini,ponsel anda MASIH BISA diperbaiki tetapi kemungkinan kembali normalnya kecil dan biasanya akan membutuhkan biaya perbaikan yang cukup mahal.


4. EMMC ponsel rusak


EMMC ialah sebuah perangkat keras yang ada didalam komponen mesin ponsel yang bertugas untuk mengatur sistem firmware dan sejenisnya.

Walapun ini ialah komponen hardware/perangkat keras,tetapi dapat rusak alasannya ialah terlalu sering melaksanakan kesalahan dalam mengelola software.

Sebenarnya,menurut saya pribadi,kerusakan komponen ini lebih dikarenakan usia pemakaian yang sudah usang atau alasannya ialah penyebab lain ( bukan software ).Tetapi,banyak anggota group media umum ( yang saya ikuti ) yang menyampaikan bahwa kesalahan menginstal juga dapat berperan terhadap kerusakan komponen ini.

Jika hal ini terjadi,maka tidak ada langkah perbaikan lain selain menganti komponen EMMC yang rusak dengan yang gres dan tentunya hal ini membutuhkan biaya yang relatif mahal.


Jika salah satu hal diatas terjadi,apa yang harus dilakukan?

Jika anda mengalami hal diatas entah alasannya ialah alasan apapun,anda hening saja alasannya ialah ada beberapa langkah untuk mengatasinya,antara lain :

  • Cobalah menginstal softwarenya kembali ( harus dilakukan oleh orang yang benar-benar mengerti dan andal )
  • Jika kerusakanya pada komponen hardware,maka gantilah dengan yang gres ( lakukan service atau perbaikan di outlet yang kondusif dan terpercaya )

BACA :

- Mengatasi sinyal ponsel lemah ( kadang ada kadang hilang) 

- Mengatasi ponsel smartphone bootloop


Demikian klarifikasi dari akhir atau resiko salah instal ulang hp smartphone android.Semoga dapat membantu anda,see uu.

Sumber http://www.pujihartono.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Akibat/Resiko Salah Instal Ulang Hp Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel