iklan

3 Jenis Media Penyimpanan Data Dan Kegunaan Yang Wajib Kau Ketahui

 Jenis Media Penyimpanan Data Yang Wajib Kamu Ketahui 3 Jenis Media Penyimpanan Data dan Kegunaan Yang Wajib Kamu Ketahui
Photo: Kangmuizz.com

Salah satu perangkat keras komputer yang berkembang begitu pesat yaitu media penyimpanan data. Fungsi dari perangkat penyimpanan data ini sangat berperan penting dalam sebuah komputer.

Selain sebagai media penyimpanan data perangkat ini juga berfungsi sebagai pengatur berjalannya sebuah proses pada komputer. Salah satu media penyimpanan data yang sering kita kenal yaitu harddisk, sedangkan untuk media penyimpanan pada smartphone yang sering digunakan yaitu memori card.

Saat ini media penyimpanan pada komputer dibagi menjadi 3 jenis yakni penyimpanan magnetic ( magnetic disk ), penyimpanan optical ( optical disk ) serta penyimpanan yang berbasis online ( cloud storage ). Kali ini kami akan membahas perihal 3 jenis penyimpanan tersebut sehingga kau akan lebih mengetahuinya. Yuk, simak baik-baik di sini!


1. Penyimpanan Magnetik ( Magnetic Disk )


 Jenis Media Penyimpanan Data Yang Wajib Kamu Ketahui 3 Jenis Media Penyimpanan Data dan Kegunaan Yang Wajib Kamu Ketahui
Photo: tvtropis.org

Magnetic disk merupakan salah satu media penyimpanan data pada komputer modern dan termasuk penyimpanan kedua atau secondary storage.

Kelebihan memakai media penyimpanan jenis ini yaitu mempunyai kapasitas yang besar mencapai petabita serta kecepatan mengakses data yang dimilikinya begitu tinggi, kalau dibandingkan dengan media penyimpanan lainnya. Sedangkan kekurangan memakai media penyimpanan ini dari segi harga yang ditawarkan lebih mahal ketimbang media penyimpanan lain.

Contoh dari media penyimpanan magnetik ini diantaranya ibarat flashdisk, disket, harddisk, memory card, ZIP drive, dan keluaran terbaru yang populer dikala ini yaitu SSD.

Cara kerja dari media penyimpanan data ini yaitu ketika disk digunakan, motor drive yang terdapat di dalamnya akan berputar dan menjalankan semua komponen yang terhubung sehingga media penyimpanan ini sanggup bekerja dengan baik.

Back to Content

Baca juga: Cara Praktis Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Komputer Atau Laptop

2. Penyimpanan Optical ( Optical Disk )


 Jenis Media Penyimpanan Data Yang Wajib Kamu Ketahui 3 Jenis Media Penyimpanan Data dan Kegunaan Yang Wajib Kamu Ketahui
Photo: pixcove.com

Optical disk merupakan salah satu media penyimpanan data yang sanggup dibaca maupun ditulis dengan tenaga laser. Kelebihan memakai optical disk sendiri mempunyai bentuk yang simple serta ringan.

Sedangkan kekurangan memakai media penyimpanan berbasis optical disk ini yaitu kapasitas memori tidak sebesar yang dimiliki magnetic disk dan ketika tergores sedikit saja maka optical disk ini tidak sanggup digunakan serta data didalamnya tidak sanggup dibaca oleh komputer.

Cara kerja dari optical disk ini berupa media penyimpanan yang sanggup berputar. Cepat lambatnya putaran sebuah optical disk sendiri sanggup menghipnotis kecepatan transfer data yang dibaca oleh komputer. Contoh dari optical disk ini diantaranya ibarat : DVD, CD-ROM, CD-RW, WORM dan CD.

Back to Content

Baca juga: 5 Rekomendasi Flashdisk Kapasitas 16GB yang Bagus dan Murah

3. Penyimpanan Awan ( Cloud Storage )


 Jenis Media Penyimpanan Data Yang Wajib Kamu Ketahui 3 Jenis Media Penyimpanan Data dan Kegunaan Yang Wajib Kamu Ketahui
Photo: it.icts.res.in

Penyimpanan Awan atau Cloud storage ini merupakan sebuah media penyimpanan data keluaran terbaru. Cloud storage berwujud online dan tidak memakai kapasitas data memori pada perangkat keras tetapi memakai penyimpanan yang terdapat di internet.

Kelebihan memakai media penyimpanan berbasis online ini yaitu kau tidak perlu lagi memakai hardware atau perangkat keras untuk menyimpan data pada komputer, laptop, maupun smartphone. Sedangkan kekurangan dari media penyimpanan online ini sanggup beresiko data hilang kalau terjadi kesalahan pada server.

Cara kerja dari media penyimpanan berbasis online ini kita diwajibkan untuk mengupload file yang ingin kita simpan serta mend0wnl0ad file kalau ingin mengambilnya.

Contoh dari penyimpanan data berbasis online ini diantaranya ada Dropbox, Google drive, One drive, Box, Mega, Ad drive, Bitcasa, Spideroak , Tencent weiyun, Qihoo dan masih banyak lainnya.

Back to Content

Itulah 3 jenis media penyimpanan data komputer yang tersedia dikala ini. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat untukmu, ya!
Sumber http://www.alltekno.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Jenis Media Penyimpanan Data Dan Kegunaan Yang Wajib Kau Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel