iklan

2 Cara Cegah Penyakit Bintik Putih Pada Bibit Ikan Gabus

Sejak masa pembibitan ikan gabus penyakit bintik putih sudah harus di waspadai. Sebab ribuan bibit ikan gabus mati secara masal akhir serangan bintik putih atau sering disebut white spot. Bintik putih cukup berbahaya alasannya yaitu penyakit ini gampang sekali menular pada ikan yang masih sehat. Jika dalam satu bak terdapat setengah populasi yang terkena serangan penyakit bintik putih maka dalam waktu tiga hari semua akan terkena penyakit bintik putih.


Sejak masa pembibitan ikan gabus penyakit bintik putih sudah harus di waspadai 2 Cara Cegah Penyakit Bintik Putih Pada Bibit Ikan Gabus
Pembesaran bibit ikan gabus

Eko Rudi Feriawan yaitu seorang peternak ikan gabus dari Lumajang, Jawa Timur pernah mencoba menanggulangi penyakit bintik putih dengan cara mengganti air bak secara rutin. Namun cara itu sia-sia alasannya yaitu penyakit bintik putih akan semakin menjadi-jadi apabila terjadi perubahan suhu antara siang dan malam yang ekstrim ujar Wawan nama sapaan dari Eko Rudi Feriawan.


Bibit ikan gabus (channa striata) akan terlihat sehat dan lincah serta nafsu makan normal apabila bintik putihnya masih sedikit. Namun, bila bintik putih sudah mulai banyak maka nafsu makan akan berkurang sehingga menjadi lesu dan lama-lama akan mati. Kanibalisme dan bintik putih merupakan sebuah kendala dalam budidaya ikan gabus. Serangan bintik putih umumnya mulai terjadi pada ikan yang berukuran 2-3 cm sehingga bisa memicu terjadinya maut masal pada bak pembibitan ikan gabus.


Gejala bintik putih


Datangnya penyakit bintik putih pada bibit ikan gabus sanggup ditandai dengan munculnya titik-titik putih pada potongan sirip, badan dan mulut. Awalnya Wawan tidak mengetahui bila bintik putih sanggup menular dengan cepat bahkan bisa memicu terjadinya maut masal pada bibit ikan gabus. Wawan mengaku bila ia tidak memahami seluk-beluk ikan yang masih masuk dalam keluarga Channidae tersebut, namun sekarang Wawan sudah menemukan cara untuk mencegah datangnya serangan bintik putih.


Penanganan penyakit


Perendaman


Untuk mengantisipasi datangnya serangan bintik putih pada ternak gabus, Wawan memakai obat dengan kandungan metil biru. Untuk bak berukuran 1m x 3 m dengan kapasitas 2.000 bibit, takaran yang dipakai Wawan yaitu sebanyak 1 tutup botol. Pemberian metil biru dilakukan secara bersiklus yaitu setiap 10 hari sekali.


Jika bibit ikan gabus sebagian besar terjangkit penyakit bintik putih maka laki-laki berumur 30 tahun menunjukkan perlakuan khusus. Adapun perlakuan khusus yang dilakukan wawan yaitu sebagai berikut:



  • Siapkan bak lain dengan air yang bersih

  • Siapkan bejana berisi air yang telah di campur dengan metil biru

  • Dosis 1 tutup botol metil biru/ 5 liter air

  • Angkat bibit ikan gabus dari kolam

  • Masukkan kedalam bejana yang berisi larutan metil biru selama 10 detik

  • Kemudian dipindahkan ke dalam bak yang baru

  • Kuras bak yang telah tercemar penyakit bintik putih


Dengan memakai perlakuan khusus ini maka penyakit bintik putih akan rontok sesudah 2-3 hari.


Menurut Haridian Wijaya (staf Pengolahan Hasil Perikanan, Dinas Perikanan dan kelautan kabupaten Lumajang) penyakit bintik putih berasal dari benalu Ichthyopthirius multifiliis. Parasit jenis ini tergolong benalu yang sangat ganas lantaran makhluk ini memakan inangnya sebagai sumber energi. Penyakit bintik putih ini juga disebut penyakit ich yang berasal dari nama benalu Ichthyopthirius multifiliis. Penyakit ini juga menyerang semua jenis ikan.


Penggunaan Garam


Bibit ikan gabus yang berukuran 3-5 cm dalam bak pembibitan apabila terjangkit penyakit bintik putih maka sanggup mengalami maut seluruhnya (100%), ujar Haridian. Bibit ukuran 3-5cm bila terjangkit penyakit bintik putih maka sudah tidak tertolong lagi, namun bibit ukuran 5-7 cm masih mempunyai kemungkinan sembuh. Anda sanggup memakai obat-obatan dari pabrik yang mempunyai kandungan metil biru.


Albertus Budi Setiawan seorang peternak budidaya ikan gabus di Sleman, Yogyakarta memakai garam untuk mengobati bibitikan gabus yang mulai terjangkit penyakit bintik putih. Begitu terlihat ada bintik putih yang menyerang bibit ikan gabus di bak maka Budi pribadi menunjukkan garam sebanyak 200 g/m2. Apabila benalu tetap membandel dan terus menyerang bibit ikan gabus, sebaiknya segera berikan obat Antiparasit.


Menurut Andhi Raharjo seorang pelaku ternak ikan gabus dari kabupaten Bantul Provinsi Yogyakarta serangan penyakit bintik putih sanggup sangat cepat bahkan laju serangan sanggup di menyebar dalam hitungan jam. Untuk mengantisipasinya Andhi juga memakai garam dengan cara menaburkan sebanyak 4 kg. Penaburan garam dilakukan setiap 3 ahad sekali pada bak yang berukuran 3m x 10m x 1,12m. Dosis bisa bertambah sampai 2x lipat apabila ditemukan ikan yang terjangkit penyakit bintik putih.


Sejak masa pembibitan ikan gabus penyakit bintik putih sudah harus di waspadai 2 Cara Cegah Penyakit Bintik Putih Pada Bibit Ikan Gabus
Kolam bibit ikan gabus

Demikian tips penanganan penyakit bintik putih pada budidaya ikan gabus. Sebaiknya penanganan segera Anda lakukan sebelum penyakit ini menyebar dan sanggup mengakibatkan maut masal pada bibit ikan gabus Anda. Semoga Artikel ini bisa membantu Anda untuk mengatasi penyakit bintik putih pada ikan gabus. Untuk cara lengkap wacana ternak ikan gabus, mulai dari pembibitan dan pemeliharaan bisa Anda baca di sini


disadur ulang dari:trubus

sumber gambar: dariberbagaisumber




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "2 Cara Cegah Penyakit Bintik Putih Pada Bibit Ikan Gabus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel