iklan

Yuk Tambah Pundi Rupiah Anda Dengan Limbah Tanaman Jagung

Limbah tanaman jagung – Siapa yang tidak mengenal tanaman jagung? Tanaman jagung ialah salah satu komunitas utama tanaman pangan di Indonesia. Tanaman pangan ini ialah salah satu komoditas yang mendapat perhatian utama dari pemerintah serta memiliki prospek yang cukup cerah ke depannya. Selama ini bab tanaman jagung yang memiliki banyak manfaat ialah bijinya. Biji jagung banyak dipakai sebagai materi pangan pengganti nasi. Selain bijinya, daun tanaman jagung juga banyak dipakai sebagai sumber pakan ternak ruminansia. Untuk bab tanaman jagung lainnya ketika ini masih jarang dipakai sehingga kadang menjadi limbah. Budidaya jagung bagus organik sanggup Anda baca di sini. Klik di sini


 Siapa yang tidak mengenal tanaman jagung Yuk Tambah Pundi Rupiah Anda Dengan Limbah Tanaman Jagung
Limbah jagung yang melimpah-kebunbudidaya

Limbah tanaman jagung yang biasanya jarang dipakai ialah berupa klobot, tongkol, jerami dan kulit jagung. Limbah – limbah tersebut sanggup terbilang jumlahnya sangatlah banyak. Sebanyak kurang lebih 30% dari setiap 100 kg jagung yang dipanen ialah limbah jagung. Saat ini limbah jagung masih belum atau kurang dimanfaatkan oleh para petani secara optimal. Padahal berdasarkan hasil penelitian bahwa setiap satu hektar lahan tanaman jagung dapat  menghasilkan kurang lebih 9 ton jagung dan diperkirakan lebih dari 2 – 3 tonnya ialah limbah tanaman jagung. Untuk itu perlu adanya penemuan untuk memanfaatkan limbah jagung tersebut semoga menjadi sebuah produk yang memiliki nilai ekonomi lebih.


Berikut akan kami jabarkan sedikit beberapa contoh pemanfaatan limbah tanaman jagung. Sehingga nantinya akan menunjukkan wangsit kepada Anda untuk sanggup memanfaatkan limbah jagung dalam menambah pendapatan ekonomi Anda. Berikut ialah contohnya:


Memanfaatkan Tongkol Jagung Sebagai Bioetanol


Ternyata limbah tanaman jagung yang berupa tongkol jagung sanggup Anda manfaatkan sebagai sumber energi. Sumber energi alternatif ini berupa bioetanol yang didapatkan melalui proses fermentasi. Sebagaimana diketahui bahwa bioetanol ialah materi bakar alkohol yang berasal dari adanya proses fermentasi dengan memakai materi baku hayati. Menurut beberapa penelitian yang dilakukan, dikatakan bahwa satu ton limbah tanaman jagung yang berupa tongkol sanggup menghasilkan kurang lebih 145 liter etanol.


Limbah tongkol jagung yang dipakai sebagai materi baku dalam pembuatan bioetanol sanggup Anda gunakan sebagai contoh dalam melaksanakan sebuah perencanaan untuk penggunaan teknologi sempurna guna pembuatan bioetanol limbah jagung dengan skala yang memadai.


Limbah Kulit Jagung Sebagai Bahan Baku Kerajinan


Limbah tanaman jagung lainnya yang sanggup ada manfaatkan ialah kulit jagung. Kulit jagung ialah bab dari tanaman jagung yang sering kali jarang dimanfaatkan dan lebih banyak dibuang oleh para petani jagung. Padahal dengan sedikit sentuhan kreatif maka kulit jagung sanggup menjadi sebuah hasil karya yang bernilai ekonomi tinggi.


 Siapa yang tidak mengenal tanaman jagung Yuk Tambah Pundi Rupiah Anda Dengan Limbah Tanaman Jagung
Kerajinan dari kulit jagung-youtube

Untuk memperoleh kulit jagung yang layak untuk materi baku kerajinan, maka pengupasan jagung hendaknya dilakukan secara manual semoga diperoleh kulit jagung yang utuh. Langkah selanjutnya ialah menunjukkan sentuhan warna yang bernilai seni. Caranya ialah dengan merebus terlebih dahulu kulit jagung dan tambahkan pewarna tekstil. Setelah itu limbah tanaman jagung ini Anda dinginkan dan keringkan sehingga kadar airnya berkurang sampai 75%.


Ketika kulit jagung telah dirasa cukup kering maka proses selanjutnya ialah mensetrika kulit jagung. Tujuannya ialah semoga Anda sanggup mendapat bentuk permukaan yang lurus. Dengan kondisi menyerupai ini maka limbah kulit jagung ini sanggup dibuat sesuai dengan kreativitas yang Anda inginkan. Misal kreasi kulit jagung ialah mahkota bunga atau membentuk aneka daun dan lain – lain.


Limbah Tongkol Jagung Dapat Dibuat Briket


Membuat briket dari limbah tanaman jagung juga sanggup Anda lakukan. Bagian tanaman jagung yang sanggup dibuat briket ialah tongkol jagung. Pembuatan briket dari tongkol jagung sanggup dilakukan dengan memakai metode karbonasi atau pengarangan. Karbonasi ialah proses pemanasan materi di dalam ruangan tanpa memakai dukungan oksigen.


Umumnya suhu yang dipakai untuk proses karbonasi ialah sekitar 500 – 800 derajat celcius. Pengarangan yang dilakukan sanggup memakai tungku pembakaran. Tongkol yang dipakai untuk pembuatan briket ialah tongkol yang sudah dikeringkan atau memiliki kadar air kurang dari 15%.


Langkah selanjutnya ialah melaksanakan proses penggilingan. Penggilingan dilakukan untuk menghancurkan materi yang masih berukuran besar. Setelah proses penggilingan selesai, lakukan penyaringan untuk penyeragaman dan hasil saringan sanggup dicampurkan dengan materi perekat yang berupa tepung tapioka yang sudah dicairkan. Setelah itu maka materi sudah siap untuk dicetak, dikeringkan dan siap untuk digunakan.


Jerami Jagung Dapat Digunakan Sebagai Pakan Ternak


Limbah tanaman jagung lainnya yang sanggup Anda manfaatkan ialah jerami jagung. Limbah tanaman jagung ini sanggup dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Jerami jagung jikalau Anda campur dengan materi – materi pakan lainnya maka akan memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan tentunya dengan harga yang murah.


 Siapa yang tidak mengenal tanaman jagung Yuk Tambah Pundi Rupiah Anda Dengan Limbah Tanaman Jagung
Pakan dari adonan jerami jagung-fapetipb

Jerami jagung ini sanggup Anda berikan kepada binatang ternak dalamkeadaan segar ataupun dalam keadaan kering. Limbah tanaman jagung ini sanggup Anda berikan pada ternak kambing, domba maupun ternak sapi. Salah satu teknik pengolahan limbah tanaman jagung sebagai materi pakan ternak ialah dengan memanfaatkan limbah  tersebut menjadi complete feed block. Dengan complete feed block ini selain Anda sanggup mencukupi kebutuhan nutrisi dar ternak Anda, dari segi biaya pun sanggup bersaing dengan ransum pakan komersil yang ada di pasaran. Selain limbah, berikut aneka produk olahan jagung yang sanggup Anda buat dengan memakai materi dasar jagung. Baca di sini.


sumber gambar: tokonasa





Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Yuk Tambah Pundi Rupiah Anda Dengan Limbah Tanaman Jagung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel